Pengalaman Wawancara Kerja di PT OS Selnajaya - Fujiharu.com

Pengalaman Wawancara Kerja di PT OS Selnajaya

Fujiharu.com - Hai, aku mau cerita pengalaman aku saat wawancara kerja atau interview dengan headhunter perusahaan Jepang terkenal PT. OS Selnajaya. Pengalaman ini cukup lama, tapi siapa tahu berguna bagi kamu. Saat itu aku interview di Jakarta, OS Selnajaya pusat. Di Cikarang juga pernah, tapi sebentar.


Pengalaman Wawancara Kerja di PT OS Selnajaya

Pengalaman ini aku dapatkan saat aku baru lulus kuliah dari Universitas Negeri di Bandung. Saat itu aku masih cupu dan naif karena nggak mau bekerja di perusahaan. Sekarang juga masih kali ya.

Meskipun cerita ini cukup lama, setidaknya review OS Selnajaya Indonesia ini bisa menggambarkan seperti apa wawancara yang akan kamu lakukan jika apply di Selnajaya atau melalui Selnajaya.

Apakah yang dimaksud Selnajaya?

PT OS Selnajaya adalah perusahaan headhunter perusahaan Jepang yang cukup besar di Indonesia. Selnajya tersebar dibeberapa kota seperti Jakarta, Bekasi, Cikarang dan Karawang.

Perusahaan Selnajaya mirip dengan lembaga pencari kerja lain seperti JAC, Pasona, Reeracoen, Fuji Bijak, dll.

Perusahaan tersebut akan membantu kita ke perusahaan besar Jepang yang ada di Indonesia. Untuk wilayah kerja, kamu bisa menghubungi agen tersebut. 

Cara kerja Selnajaya

Jika kamu akan bekerja di perusahaan Selnajaya, pastinya kamu mengirimkan lamaran untuk posisi yang tersedia. Lalu akan ada tahap perekrutan. Biasanya mungkin kamu akan diminta mengisi data yang akan mereka kirimkan melalui email.

Agar dicarikan kerja oleh Selnajaya

Karena Selnajaya telah bekerjasama dengan beberapa perusahaan besar di Indonesia, pastinya mereka telah dipercaya untuk merekrut tenaga profesional dibidangnya.

Jika kamu tertarik, maka kamu hanya perlu menghubungi agen mereka di email Selnajaya, atau kamu bisa mencari informasi di linkedIn atau facebook. Biasanya para agen  tersebut akan menacri kandidat untuk posisi tertentu.

Kamu cukup kirimkan fb atau pesan ke agen tersebut, nanti akan dikirimkan email yang berisi tentang data dirimu dan ekspektasi kerja atau gaji. Isi sesuai dengan data yang paling update ya.

Nanti kamu akan dipanggil oleh agen tersebut. Bisa jadi langsung dipertemukan ke perusahaannya atau diinterview pihak Selnajaya terlebih dahulu.

Jika ingin mengetahui cerita awal aku kenal Selnajaya, maka aku interview terlebih dahulu di Selnajaya pusat sebelum ke perusahaan.

Saat itu Selnajaya datang ke kampus aku di Bandung dan melakukan presentasi. Mereka menawarkan beberapa posisi tertentu jika kita apply di mereka. Untuk apply juga gratis, tanpa ada bayaran sedikitpun. Bahkan gaji kita juga nggak berkurang.

Cara kerjanya sih sepertinya pihak pencari kerja akan membayar Selnajaya untuk mencari kandidat bagus. Nah, Selnajaya yang akan memilih atau menyaring kandidat bagus untuk perusahaan tersebut dan akan mempertemukannya untuk interview langsung. Jika cocok, maka orang tersebut bisa kerja sesuai waktu yang ditentukan. Jika gagal, maka harus menungu kesempatan wawancara lain.

Saat aku baru lulus kuliah, aku apply ke Selnajaya. Mereka mengirimkan email yang isinya tentang data diri yang harus diisi. Setelah diisi, aku dapat panggilan dari Selanjaya untuk wawancara terlebih dahulu di Jakarta.

Selnajaya ada di gedung yang ada di daerah jalan Sudirman Jakarta. Di tempat tersebut, kamu bisa melihat orang asing yang berseliweran. Kebanyakan sih orang Jepang.

Setelah masuk gedung Selnajya, aku bertemu kandidat lain yang akan interview. Kita dikumpulkan disatu ruangan dan diperkenalkan dengan salah satu recruiter. Kalo nggak salah namanya pak Budi. Dia mengenalkan diri dan meminta kita mengisi tes yang telah disiapkan.

Karena aku jurusan bahasa Jepang, soal tes tentu saja menggunakan bahasa Jepang. Mirip soal JLPT kali ya. Aku lupa apakah ada sesi membaca artikel atau nggaknya. Oh iya, jika kamu telah mempunyai sertifikat JLPT N1, JLPT N2, JLPT N3, JLPT N4, atau JLPT N5. Tunjukkan juga ya. Siapa tahu gajimu bisa lebih tinggi.

Setelahnya aku interview langsung dengan mereka tentang pekerjaan yang aku mau. Saat itu aku hanya mau kerja sebagai guru bahasa Jepang, sedangkan Selnajaya lebih banyak menawarkan pekerjaan lain. Mereka cukup baik sih dengan menawarkan aku sebagai penerjemah di perusaahn YK*. Itu baru kandidat ya, karena nanti aku akan dipertemukan dengan perusahaan tersebut. Tapi karena aku nggak tertarik, aku menolaknya. Dia bilang bahwa jika ada pekerjaan mengajar, maka akan menghubungi aku.

Tapi, sampai sekarang nggak ada kabar. Hahaha.

Tapi, mereka Selnajaya nggak menipu, lho. Jujur sih kalo menurut aku. Kini, Selnajaya bergerak dibidang pendidikan juga. Beberapa tempat seperti Selnajaya Cikarang menyediakan tempat belajar bahasa Jepang untuk siswa atau orang yang sedang bekerja. Bagi yang mau sekolah, kuliah atau magang di Jepang, mereka juga bisa membantu lho. Salah satu tempat Senajaya yang pernah aku datangi adalah di Selnajaya Cikarang.

Sekedar informasi, karena perusahaan yang bekerjasama dengan Selnajaya adalah perusahaan besar, maka gaji kamu juga kemungkinan besar juga lho, apalagi perusahaan Jepang yang telah terkenal seantero jagat karena gaji yang menarik. 

Bukan untuk sombong ya, aku pernah mendapatkan gaji dua digit dalam satu bulan. Saat itu dibantu oleh headhunter JAC. Itu dengan lembur, dll. Pokoknya itu saat paling capek dalam hidupku. Hahahah tapi worth it. Apakah ada perusahaan Jepang juga yang menggaji dengan lebih kecil? Ada banget. Hehehe 

Tapi aku menyarankan, bekerjalah dengan sepenuh hati dan ikhlas. Karena dengan begitu, gaji besar atau kecil tetap disyukuri dan hidupmu nyaman. Amin.

Pengalaman Wawancara Kerja di PT OS Selnajaya

Untuk mengakhiri artikel ini, aku akan sedikit memberikan info dari Selnajaya tentang bagaimana cara agar sukses dalam interview:

1. Ceritakan diri anda

Ceritakanlah tentang kamu secara jujur, tapi tetap terkesan positif. Tunjukkan kamu berjiwa positif dan optimis.

2. Hati hati dengan pertanyaan jebakan

Akan ada pertanyaan jebakan yang mungkin terlontar dari interviewer. Hati hati menjawabnya. Aku sih biasanya menjawab jujur, meskipun negatif, lalu aku berikan jawaban positifnya agar berimbang. Nggak mungkin sempurna kan?

Baca Juga: Alasan tidak diterima di perusahaan manufaktur Jepang

3. Semangat dan bahasa Tubuh

Jika ditanya selama interview, kamu harus tunjukkan semangat yang baik dan juga bahasa tubuh yang menarik. Jangan bungkuk atau males malesan karena akan terlihat lembek dan kita terkesan nggak ingin bekerja.

Fuji Haru Hi, semoga tulisan sederhana ini bisa membantu.

0 Response to "Pengalaman Wawancara Kerja di PT OS Selnajaya"

Post a Comment

Ayo berkomentar santun

Recent Post

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel