Syarat perpanjang STNK motor Bekasi - Fujiharu.com

Syarat perpanjang STNK motor Bekasi

Fujiharu.com - Bagaimanakah cara dan syarat perpanjang STNK motor di Bekasi? Ternyata bukan hanya bisa dilakukan di samsat kota Bekasi atau di jalan Ahmad Yani Bekasi. Bukan juga di daerah Pondok Gede yang berdekatan dengan Bekasi, tapi di Babelan, Bekasi. Babelan adalah salah satu wilayah di Bekasi yang cukup jauh dari perkotaan.

Syarat perpanjang STNK motor Bekasi

Ini adalah cerita atau pengalaman lain saat aku memperpanjang STNK motor di Babelan, Bekasi. Biasanya aku melakukannya di samsat Bekasi, Bulak Kapal. Tapi kali ini, aku melakukannya di daerah yang cukup jauh dari wilayah kota Bekasi. Nama daerah tersebut adalah Babelan.

Babelan bisa ditempuh dari kota sekitar 45 menit sampai 1 jam. Jika dari wilayah Kaliabang, maka bisa ditempuh dengan motor sekitar 20-30 menit. Sebenarnya yang buat cukup lama adalah wilayah kemacetannya. Meskipun cukup jauh dari kota, wilayah Babelan dan sekitarnya lagi banyak dibangun perumahan, dll. Makanya banyak sekali mobil besar seperti truck dan container besar. 

Disamping banyak sekali mobil besar yang lalu lalang, jalanan menuju Samsat KCP Babelan nggak begitu bagus. Tapi, beberapa bagian juga sedang diperbaiki, jadi dipastikan beberapa bagian akan macet parah.

Syarat perpanjang STNK motor Bekasi
STNK Terbaru

Perpanjang STNK tahunan

Kebetulan aku telah melakukan perpanjangan STNK Motor 5 Tahun, maka kali ini cuma pembayaran pajak tahunan. 

Syarat perpanjang STNK motor Bekasi
BPKB

Biaya perpanjang STNK

Uang yang aku keluarkan untuk memperpanjang STNK adalah Rp. 241. 500 dengan rincian pembayaran sebagai berikut:

1. PKB 206.500

2. SWDKLLJ 35.000

Bank yang digunakan untuk pembayaran perpanjangan STNK Motor 

Saat aku membayar STNK, aku menggunakan bank BJB (kebetulan berdampingan dengan Bank tersebut). 

Aku pikir jika kamu mau mengetahui secara langsung pembayaran e samsat. kayaknya patut dicoba. Saat ini aku masih belum mempunyai pengalaman itu.

Waktu antrian

Antrian yang aku alami cukup panjang, tapi nggak terlalu lama. Waktu yang dibutuhkan sejak aku mengisi formulir sampai dipanggil untuk bayar sekitar 2 jam. Hampir sama dengan di samsat. Bedanya jika di samsat ruangannya lebih adem dan bersih, meskipun banyak orang.

Bukan berarti di KCP babelan nggak adem ya. Kita masuk ruangan, tapi nggak seadem saat di Samsat Bulak Kapal.

Bagaimana cerita saat aku perpanjang STNK?

Aku baru sadar jika kendaraan motor harus bayar pajak pertahun. Dilakukan setiap tahun sih, tapi nggak kebayang aja kalo ini adalah kegiatan rutin setiap tahun yang aku lakukan di bulan Desember untuk bayar pajak di samsat.

Semoga pajaknya digunakan dengan baik, karena untuk bayar pajak, aku agak nggak rela. Kenapa? Bukankah pajak itu bagus karena akan digunakan untuk kegiatan kita atau public space? Iya, tapi kamu sering juga mendengar kalo pajak kita ditilep oleh pejabat busuk, bukan? Makanya aku sering berdoa bahwa pejabatnya pada baik semua agar rakyat juga makmur.

Biasanya aku melakukan pembayaran STNK pertahun di samsat Bulak Kapal, tapi kali ini karena kakak aku juga ikutan bayar dan mengajak di Babelan. 

Syarat perpanjang STNK motor Bekasi

Ini adalah pengalaman pertama aku ketika memperpanjang STNK motor tahunan di Babelan, Bekasi. 

KCP Babelan berdampingan dengan bank BJB yang ada di wilayah Babelan. Tempatnya menurutku kurang strategis karena akses yang digunakan cukup ribet. Mungkin karena jalannya sempit dan juga rusak, makanya aku bilang ribet. Jika luas dan bagus, maka pasti akan sangat menyenangkan jika bayar di KCP Babelan.

Pas aku datang untuk mengisi formulir, ternyata tinggal 2. Untung kita masih dapat, tapi ketika datang orang setelah aku, mereka kebingungan karena formulirnya telah habis. Jika ada yang datang, aku sarankan mereka untuk mengambilnya di dalam kantor.

Suasana kantor saat itu cukup ramai. Seperti biasa, orang orang kita kurang rapi. Meskipun ada kursi yang disediakan di dalam ruangan, ada beberapa orang yang nggak duduk, malahan berdiri di pintu ruangan yang mengakibatkan jalanan terganggu.

Ruangan agak panas, karena meskipun ber ac, pintunya terbuka. Jadinya udara dingin keluar dengan cepat dan berganti udara panas.

Petugas yang ada di KCP babelan sekitar 3 orang, plus satu orang yang membantu merapikan data data orang yang akan mengumpulkan syarat perpanjangan stnk.

Alhamdulillah dalam waktu 2 jam, semua terbayar dan cukup lancar. Lalu perbaikan atau saran apa yang mesti diperbaiki dari KCP babelan?

Inilah saran yang ingin aku utarakan agar pelayanan KCP Babelan semakin bagus:

1. Sediakan TOA

Speaker atau TOA dibutuhkan karena ketika ketika ruangan penuh, orang akan berkumpul di luar. Jika petugas memanggil, maka nggak terdengar. Seringnya sih orang sekitar akan memanggil ulang. Jadi mirip kayak gaung gitu.

Dengan TOA, maka orang akan teringat untuk segera ke dalam ruangan, entah memastikan data atau membayar perpanjangan stnk.

2. Running Teks

Ini mungkin terlihat sedikit mewah sih, tapi penting juga lho. kenapa? karena mungkin ada teman atau saydara kita yang tuli. dengan melihat running teks, maka mereka akan lebih mengerti lagi. Pelayanan akan lebih baik.

3. Sediakan satpam/ operator

Tugasnya membantu orang yang akan membayar pajak stnk. Misal dia akan menjadi sumber informasi jika ada seseorang yang belum mengerti. 

Aku juga ketika nggak mengerti agak bingung, tapi alhamdulilah ada yang membantu. Nggak tahu itu siapa, sepertinya penjual air minum yang berbaik hati membantu orang sekitar.

Sepertinya sarannya cukup segitu saja.

Baca Juga: Ketika Kehilangan Barang Berharga: Tas dicuri saat sholat!

Syarat perpanjang STNK motor Bekasi

Lalu syarat apa saja yang harus dipersiapkan untuk perpanjang STNK motor di Babelan, Bekasi?

1. BPKB Asli dan Photocopy

2. STNK Asli dan photocopy

3. KTP asli dan photocopy (Gunakan plastik kecil untuk menyimpan KTP. Jika nggak, KTP mu akan di hekter)

4. Isi Formulir warna biru (disediakan ditempat perpanjangan STNK)

Jika telah dikumpulkan, maka gabungkan dengan formulir berwarna biru yang telah kamu isi dengan data data sesuai STNK. Awas jangan sampai salah ya.

Jika masih belum mengerti, kamu tanyakan langsung ke operator atau petugas yang ada disekitar KCP Babelan. Kebetulan aku dibantu oleh mas mas yang baik hati. Kayaknya dia juga menjual air putih, soalnya aku beli Aqua ke dia.

1. Jika telah selesai mengisi dan menjepret semua data, serahkan ke petugas yang ada didalam ruangan

2. Tunggu sampai namamu dipanggil

Jika kamu menunggak 2 tahun, maka petugasnya akan emmasyikan kita apakah akan menbayar 2 tahun atau tidaknya.

3. Dipanggil ulang ketika diminta bayaran

4. Selesai

Gampang sekali cara perpanjang STNK motor tahunan di Babelan Bekasi, bukan? 

Ingat, bayar pajak sesuai waktunya ya.

Fuji Haru Hi, semoga tulisan sederhana ini bisa membantu.

0 Response to "Syarat perpanjang STNK motor Bekasi"

Post a Comment

Ayo berkomentar santun

Recent Post

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel