Belajar bahasa Jepang bagi (bukan) pemula - Fujiharu.com

Widget HTML Atas

Belajar bahasa Jepang bagi (bukan) pemula

Fujiharu.com - Bagaimana cara belajar Bahasa Jepang bagi (bukan) pemula? Hehe bagi aku yang belajar bahasa Jepang sudah selesai beberapa tahun lalu, pasti ingin mengupdate kemampuannya. Bagimana cara yang bisa dilakukan agar bahasa Jepangmu tetap bagus, atau semakin bagus? 

Belajar bahasa Jepang bagi (bukan) pemula
Pexels

Di Internet, banyak sekali cara cara agar kemampuan bahasa Jepangmu semakin bagus. Salah satunya adalah dengan menonton film. Kegiatan ini merupakan salah satu cara agar bahasa Jepangku tetap baik, ya setidaknya jauh dari jeblok. Hehe.

Berikut ini adalah beberapa cara yang aku lakukan agar bahasa Jepang tetap teringat baik:

1. Menyanyi

Menyanyi adalah salah satu kekurangan yang aku miliki. Hahaha. Aku biasa bergumam, menyanyipun dengan suara lirih atau hanya sekedar lip sync. Tapi percayalah, dengan menyanyikan lagu Jepang, maka kamu telah belajar bahasa Jepang.

2. Karaoke

Hobi kamu menyanyi di karaoke? Kegiatan ini disamping sangat Japanish, kamu juga bisa lebih bagus dalam mengucapkan bahasa Jepang. Beberapa teman memiliki kemampuan bahasa Jepang sangat bagus karena sering ke tempat karaoke atau menyanyi.

Bagi yang suka menyanyi atau karaoke, mereka biasanya akan mengotak atik liriknya sehingga tahu arti atau makna nyanyian yang mereka lakukan.

3. Menonton Film

Kegiatan ini sering aku lakukan semenjak kuliah. Biasanya aku menonton dorama Jepang atau anime yang disukai. Ingat, pilih anime atau film yang kamu suka. Jadi belajar bahasa Jepang nggak begitu terlalu susah.

Belajar bahasa Jepang bagi (bukan) pemula
Pexels

4. Bermain Roleplay

Bermain roleplay atau yang suka teater, bisa mempraktekkannya lho. Kenapa hanya dengan bermain roleplay bisa bahasa Jepang? Karena disaat bersamaan kamu menghapal kalimat baru beserta terjemahannya. Bahkan kamu juga belajar mengekspresikannya dengan benar.

Aku paling suka bermain roleplay saat kuliah dulu. Beberapa ekspresi atau bahasa percakapan biasanya aku ketahui dari roleplay ini.

5. Ikut Club bahasa 

Jika kamu suka Jepang, maka nggak salahnya ikut club Jepang. Biasanya bisa nonton anime gratis, info terbaru Jepang dan hal bermanfaat terkait Jepang lainnya. 

6. Berteman dengan orang Jepang

Ini yang aku lakukan untuk melancarkan bahasa Jepangku. Aku berteman dengan orang Jepang. Jika sesuai umur maka akan lebih mudah berkomunikasi. Kenapa? Tahu sendiri netizen bagaimana. Jika yang kecil berteman dengan om om, ntar dikira anak atau peliharaan. Jika berteman dengan yang muda, maka dikira penyuka anak. Ya gitu deh.

Aku berteman dengan orang Jepang selama di Jepang dan banyak sekali manfaatnya. Ingat, aku berteman pure karena berteman. Jika aku bisa bahasa Jepang lebih baik, maka itu bonusnya.

Hampir setiap minggu, aku biasanya pergi ke onsen bersama teman Jepang. Kita menuju tempat wisata yang biasa orang Jepang lakukan. Worth it banget.

Belajar bahasa Jepang bagi (bukan) pemula
Pexels

7. Belajar di aplikasi

Jika kamu suka belajar di handphone, banyak sekali aplikasi bahasa yang bisa digunakan. Ada Memrise, ada Lingo, ada Babel, dll. Tinggal pilih yang cocok dengan kamu. 

Jika kamu tipe pemalu dan lebih suka yang biasa, bisa membaca atau mempelajari bahasa Jepang secara mandiri di rumah. Aku juga sering melakukannya.

9. Traveling ke Jepang

Kamu hobby jalan jalan keluar negeri, terutama Jepang, maka kamu bisa belajar bahasa Jepang langsung di Jepang atau belajar di Indonesia dan mempraktekkannya saat di Jepang. Makin keren tuh kemampuan.

Belajar bahasa Jepang bagi (bukan) pemula
Ikaho Onsen Gunma

10. Mendengarkan radio Jepang

Jika kamu tipe audio dalam belajar, kamu bisa mendengarkan pembelajaran bahasa Jepang di NHK. Judulnya kalo nggak salah Yasashii Nihongo bagi pemula yang berupa pdf. Kamu juga bisa mendowload audio NHK gratis dan juga ebooknya.

11. Menonton pembelajaran bahasa Jepang di youtube

Aku biasanya menonton Nihongo no Mori saat akan JLPT. Lumayan berpengaruh jika mendengarkan dan melihatnya setiap hari. Kemampuan akan semakin bagus.

12. Menonton youtuber bahasa Jepang

Semakin sering menonton kegiatan youtuber Jepang, maka otakmu akan semakin encer dan natural dalam berbicara bahasa Jepang karena kamu melihat langsung kegiatan sehari hari youtuber tersebut.

13. Following Japanese sosial media

Kamu kesusahan menulis kanji, hiragana atau katakana? Dengan mengikuti sosial media artis atau teman bahasa Jepang, maka kamu akan terbiasa dengan tulisan bahasa Jepang. Bahkan kamu bisa menulis tulisan Jepang versi lucu dengan lebih natural.

Baca Juga: Download ebook belajar bahasa Jepang pdf

14. Benkyoukai dengan teman guru lainnya

Yang terakhir adalah cara belajar bahasa Jepang yang saat ini masih aku lakukan. Mungkin bukan benkyoukai secara resmi, tapi sekedar kumpul biasa, tapi obrolannya bahasa Jepang. Asyik sekali lho, apalagi jika bertemu dengan orang orang pintar yang mau berbagi.

15. Kursus

Jika kamu malas belajar sendiri, kamu bisa ikut kursus bahasa Jepang di Lembaga kursus yang terpercaya di kotamu. Disamping menambah koneksi, kamu juga bisa melatih bahasa Jepangmu lebih baik lagi.

Bagi yang belajar bahasa Jepang secara otodidak, akan lebih baik jika kamu punya teman atau media untuk mengasah kemampuanmu. Setidaknya youtube, agar kamu tahu bagaimana cara mengucapkan bahasa Jepang secara baik. Untuk kamus bahasa Jepang, bisa menggunakan Kenji Matsura atau gakushudo. Bagi yang akan menggunakan appstore, silahkan download Takoboto.

Cara ini sebenarnya bukan hanya untuk yang pernah belajar bahasa Jepang, tapi bagi pemula juga sangat bagus jika mempraktekkannya.

Semoga beberapa informasi yang aku infokan bisa membantu kamu semua ya. jangan lupa untuk komen jika ada informasi lain.

Fuji Haru
Fuji Haru Hi, semoga tulisan sederhana ini bisa membantu.

No comments for "Belajar bahasa Jepang bagi (bukan) pemula"

Berlangganan via Email