Suasana tes CPNS Jatim - Fujiharu.com
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Suasana tes CPNS Jatim

Fujiharu.com - Mau tahu bagaimana suasana sebelum, saat dan setelah tes CPNS Berlangsung di Jatim? Tes CPNS diadakan di Graha Unesa Surabaya. Ini adalah cerita pengalamanku saat ikut tes Seleksi Kompetensi dasar (SKD) CPNS 2020 di Jatim.

Setelah aku lulus tahap administrasi yang cukup melelahkan, akhirnya aku bisa ikutan tes SKD CPNS di Surabaya. Kira kira CPNS di Jatim masuk kategori peminat CPNS tertinggi CPNS nggak ya? Kalo dilihat dari yang ikutan tes sih, bejubel.

Suasana tes CPNS Jatim

Tahap Administrasi

Hal yang melelahkan dari tahap administrasi adalah ketika aku harus mengumpulkan beberapa data sebagai syarat ikut CPNS 2020. Salah satu yang cukup membuatku khawatir adalah sertifikat dari akreditasi jurusan di Universitas. Katanya sih terselip entah kemana setelah ruangan yang biasa di tempati oleh dosen dosenku harus pindah gedung.

Namun alhamdlulillah, aku bisa mengatasi dengan cara lain. Aku langsung menuju website lembaga pembuat akreditasi dan mengecek langsung. Alhamdulillah ada.

Tahap melelahkan selanjutnya adalah ketika aku harus menunggu informasi apakah data data yang telah aku berikan sesuai atau tidak. Banyak juga yang gugur ditahap ini. Jika mereka bisa banding, maka bisa mengajukannya. Jika lolos banding, maka dinyatakan lulus tahap administrasi CPNS.

Tahap tes SKD CPNS

Tahap selanjutnya adalah tes SKD CPNS yang akan diadakan di Graha Unesa pada 13 Februari. Setiap orang yang ikut tes SKD berbeda beda waktunya. satu hari bisa lebih dari 2 kali tes. Penjadwalan sendiri telah diatur oleh pihak penyelenggara.

Untuk menunggu hasil apakah aku lolos administrasi atau nggaknya cukup lama. Hal ini mungkin dikarenakan banyak peminat CPNS di Jatim. 

Persiapan akomodasi untuk tes SKD

Setelah aku dinyatakan lolos administrasi dan membaca kapan ujian CPNS, aku segera memesan tiket kereta api di Tokopedia. Awalnya aku cari tiket kereta api Jakarta Surabaya yang ekonomi di Traveloka atau tiket.com, tapi karena harganya nggak beda jauh, aku memutuskan menggunakan Tokopedia karena kemudahan membayar (sering transaksi di Tokopedia).

Aku memesan tiket ekonomi Pasar Senen ke Pasar Turi, begitupun sebaliknya. Totalnya kurang dari Rp. 250.000. 

Untuk tempat tinggal, aku memilih hotel kapsul yang harganya kurang dari Rp. 90.000 di My Studio Hotel jalan Sumatra Surabaya. Alhamdulillah tempatnya ditengah kota, jadi nyaman. Aku menggunakan Agoda untuk harga miringnya.

Persiapan Rute

Sebelum aku berangkat ke Surabaya, aku mencari tahu terlebih dahulu di mana Graha Unesa, apakah jauh dari stasiun Pasar Turi? Apakah jauh dari hotel tempat tinggal? Karena akan menentukan biaya dan juga kemudahan saat di Surabaya nanti. 

Alhamdulilah jarak dari Stasiun Turi menuju hotel cukup dekat, tapi untuk hotel kapsul ke Graha Unesa agak jauh. Dengan bantuan Grabbike selama di Surabaya, hal itu sangat mudah dilakukan. 

Grabbike yang ada di Surabaya juga sangat informatif dan ramah, sehingg aku sangat nyaman berada di Surabaya, meskipun cuma 24 jam.

Jangan lupa, jika ada banyak waktu, cari juga tempat wisata yang bagus untuk refreshing. Menyelam sampil minum air. 

Suasana tes CPNS Jatim

Persiapan Ujian SKD CPNS 2020

Aku sebenarnya telah beli buku khusus untuk tes CPNS, tapi sama sekali belum membuka soal soal yang ada di buku tersebut. Alasannya karena aku cukup sibuk dengan kerjaan baru, kebetulan aku baru pindah ke kota baru dan kerjaan baru juga lagi padat padatnya. 

Solusi yang aku bisa lakukan adalah mendownload beberapa soal dan pembahasan soal CPNS di Youtube yang aku cari sendiri maupun saran dari beberapa teman.

Soal SKD CPNS terdiri dari beberapa jenis soal: 

1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

2. Tes Intelegensia Umum (TIU)

3. Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

1. Tes Wawasan Kebangsaan

Tes ini mengetes seberapa jauh kamu mengenal hukum hukum di Indonesia atau permasalahan yang Indonesia hadapi. Biasanya berhubungan dengan pasal pasal tertentu, pancasila dan UUD.

Beberapa soal terkait bahasa Indonesia juga ada. Entah cara penulisan karya tulis atau PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia).

Cara yang aku lakukan adalah sering menonton berita politik dan juga melihat pembahasan soal di youtube.

2. Tes Intelegensia Umum

Tes ini berisi soal matematika. Bagi kamu yang suka matematika, pasti akan menyenagkan mengerjakan soal soal matematika. Aku sangat suka mengerjakan soal matematika, meskipun nggak jago. Jika bisa menyelesaikan soal matematika, aku serasa bahagia luarbiasa. 

Pelajari cara menjawab matematika. Jangan buang waktu karena kamu suka matematika jika kamu nggak bisa menyelesaikan dengan cepat.

3. Tes Karakteristik Pribadi

Tes ini akan menentukan bagaimana karaktermu. Setiap soal nggak ada salah dan benarnya, hanya mengetahui mana yang paling bagus tindakan kita sebagai seseorang. 

Soalnya agak panjang, jadi kamu harus baca dengan seksama dan harus mempunyai kecepatan baca yang cepat. Jika bacamu lambat, wassalam.

Selama aku menuju Surabaya juga, aku melihat pembahsan soal di youtube untuk ketiga tes tersebut. Alhamdlulilah membantu, meskipun nggak banyak karena aku melihatnya hanya beberapa jam. Sebelumnya nggak belajar.


Sebelum tes SKD

Sebelum tes, aku datang ke gedung Graha Unesa yang cukup banyak dipadati oleh orang orang. Bukan hanya orang orang yang akan ikutan tes SKD, tapi pengiringnya juga ikutan. Parkiran cukup penuh.

Jika ingin mengetahui mana yang ikutan CPNS, cari aja orang yang mengenakan baju putih, bersepatu dan celana hitam. Soalnya itu salah satu syarat untuk baju standar yang harus dikenakan.

Gedung graha Unesa sepertinya masih baru karena beberapa tempat masih beralaskan tanah. Ya, maksudnya masih belum di keramik.

Aku masuk ke beberapa kerumunan orang dan menayakan apa yang mereka lakukan. 

Mereka sedang memotong kertas ujian menjadi dua dan menuliskan nomor peserta dan meja di atas kanan foto. Selanjutnya menuju lantai atas.

Sebelum ke atas, yang dibawa cuma kartu ujian dan KTP. Tas, jam tangan dan barang berharga lainnya dititipkan disalah satu pojok yang dijaga oleh security setempat dengan diberikan dua nomor. Satu nomor di tas dan satu nomor dibawa.

Untuk hal ini, aku ingin memberikan saran bahwa hal itu bisa menimbulkan kekeliruan. Alangkah baiknya nomor diberi karet gelang dan ditempelkan di tas, lalu satu kartu dibawa oleh pemilik. Jika akan mengambilnya, maka petugas bisa mengecek dengan lebih teliti, karena siapa tahu ada beberapa tangan usil.

Dilantas selanjutnya, aku dicek badan oleh security karena jam tanganpun harus ditinggalkan, padahal di akun twitter ASN jatim, diminta bawa jam tangan. Nggak sesuai ya informasinya.

Di lantai atas ini juga, kita duduk sesuai dengan meja yang telah didapatkan. Karena aku di meja satu, maka aku berbaris duduk antri di meja satu. Satu baris berisi 5-7 kursi. Satu baris dipanggil dan melakukan pengecekan nomor ujian dengan pasword yang akan diberi oleh panitia.

Selesai pemberian nomor pasword ujian, aku kembali duduk. Beberapa menit kemudian, peserta yang telah mendapatkan pasword diminta ke lantai atas selanjutnya.

Baca Juga: Pengalaman pesan hotel di agoda menuju Surabaya

Ruang tes

Ketika akan ke ruangan tes, kita diminta mengambil kertas coretan untuk menghitung soal matematika. Ingat, ambil minimal 3 aja, buat persiapan. Siapa tahu kamu butuh kertas coretan lebih.

Cek pensil yang telah ada di meja. Apakah kondisinya bagus atau tidak. Jika rusak, segera acungkan tangan agar ada panitia yang segera menggantinya. 

Saat tes SKD

Sebelum tes dilakukan, ada beberapa sambutan dari panitia terkait ujian. Dengarkan baik baik karena akan ada pasword lain yang harus kamu isi selain pasword pertama yang diberikan.

Isi semua data yang ada sebelum tes, jika data nggak sesuai dengan datamu, maka kembali keluar untuk mengisi ulang. Atau, acungkan tangan kembali untuk menanyakan ke panitia.

Saat ujian, hampir tidak ada suara sedikitpun. Semuanya diam dan sibuk dengan ujian masing masing. Yang terdengar hanya suara batuk yang nggak tertahankan. Selebihnya sepi.

Suasana tes CPNS Jatim

Waktu yang diperlukan untuk tes SKD 2 jam dengan soal sekitar 100 an. Ketika ujian, ada tips dan triknya lho, selain kamu belajar tentunya.

Tips agar ujian tes SKD lancar dan memuaskan:

1. Kerjakan soal yang mudah terlebih dahulu

Jika kamu merasa susah, maka cukup lanjutkan dan ketika ada waktu, isi kembali soalnya.

2. Selalu klik "simpan dan lanjutkan"

Jika kamu nggak melakukannya, maka sia sia ujianmu karena nggak tersimpan.

3. Jangan terkecoh dengan soal matematika

Aku suka matematika, maka aku mengerjakannya meskipun gagal berkali kali. Jangan, ingat kerjakan yang mudah. Jika susah, tinggalkan dahulu.

4. Satu soal untuk satu menit, jadi jika melebihi satu menit, maka tinggalkan

Aku terlalu lama mengerjakan matematika, jadi soal lain belum sempat terbaca.

5. Isi semua soal karena jika salahpun berilai nol

Siapa tahu tebakanmu benar. Lumayan buat menambah nilai, bukan?

Setelah ujian selesai, layar akan menutup sendiri dan menunjukkan berapa nilai yang kamu dapatkan perbagiannya. Kelulusan ditentukan oleh tiga poin tersebut. Jika ambang batas nggak bisa kamu lampaui, maka kamu nggak lolos. Tapi jika banyak yang nggak lolos, maka bisa jadi ada kesempatan besar menantimu.

Nilai yang aku dapatkan cukup bagus untuk semua bagiannya. Semoga aku bisa terpilih dan bisa menjadi ASN di Jatim, amin.

Selesai Tes

Ketika selesai tes, kita diminta menyimpan kertas cotetan di meja asal dan mengembalikkan pensil pada tempatnya. Setelahnya kita bisa cek nilai kita berada diposisi berapa secara keseluruhan untuk tes hari itu.

Saat itu nilai keseluruhan aku berada di posisi 216 dari ratusan atau ribuan orang. Semoga saja masuk ya allah. Nilai keseluruhan bisa dicek dilayar yang telah disediakan oleh panitia. Bagi yang ingin mengecek secara keseluruhan dengan tes dihari lainnya bisa langsung cek di website BKD Jatim atau twitternya.

Ketika selesai ujian, aku merasa lega, tapi disisi lain khawatir juga,. Bisa lolos nggak ya? Beberapa muka terlihat sedih karena sepertinya berada di papan bawah. Beberapa kelompok terlihat tertawa dan penuh dengan muka cerah karena mungkin berada di papan atas nilainya.

Begitulah suasana tes CPNS di Graha Unesa Surabaya Jatim saat mengikuti tes SKD. Bagaimana dengan pengalamanmu saat ujian SKD CPNS?


Fuji Haru
Fuji Haru Hi, semoga tulisan sederhana ini bisa membantu.

Post a comment for "Suasana tes CPNS Jatim"