Arti Azasu dalam bahasa Jepang - Fujiharu.com
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Arti Azasu dalam bahasa Jepang

Fujiharu.com - Temanku yang dari Jepang mengirimkan kata "AZASU" ”あざす” dalam isi LINE nya. Aku berfikir keras, arti dari Azasu apa ya? Kok ketika aku mencari di kamus online Takoboto atau kamus bahasa Jepang lainnya, nggak keluar definisi dari Azasu. Ketika bertanya langsung apa maknanya, aku baru paham bahwa Azasu merupakan kata lain dari terimakasih atau arigato.

Tomita, teman sekaligus guru

Inilah cerita aku dan teman Jepangku yang bernama Tomita san. Kita merupakan teman satu baito ketika bekerja di tempat restoran sushi. Dia juga seorang senior dan mentor ketika aku masih baru di restoran tersebut.

Perkenalan dengannya membuka pintu tentang Jepang dan kebudayaannya yang lebih luas lagi. Bersama dengan Tomita, aku sedikit lebih tahu tentang masyarakat Jepang. 

Baca Juga: List sinonim dan antonim dalam bahasa Jepang

Tomita san merupakan temanku selama aku di Jepang. Bahkan, ketika dia keluar dari pekerjaannya dan fokus dengan sekolahnya, kita tetap masih berteman. Hampir setiap minggu, jika tidak ada baito, maka kita akan jalan jalan ke tempat baru seperti restoran, tempat wisata, onsen, dan lainnya.

Arti Azasu dalam bahasa Jepang
Kusatsu onsen

Untuk onsen sendiri, aku paling sering bepergian dengan Tomita san. Dia orangnya asyik dan nggak neko neko. seperti orang Jepang lainnya, dia sangat ramah, bahkan dia juga mengajak teman temanku yang lain jika akan jalan jalan.

Dari keakraban ini, aku mendapatkan sensei baru ketika ada pembelajaran bahasa Jepang yang aku nggak mengerti. Meskipun agak malu jika bertanya ke dia, dia dengan senang hati menjawabnya (sepertinya).

Pertanyaan seputar bunpo, dokkai atau kata barupun biasa aku tanyakan jika kita ada waktu luang. 

Ketika aku pulang ke Indonesia, otomatis Tomita sensei seolah menghilang. Aku masih bisa menghubungi dia di LINE, tapi nggak seperti dulu lagi. Aku terkadang malu bertanya karena takut mengganggu kegiatan dia.

Japanese Slang

Belajar bahasa Jepang bukan hanya dari teks atau buku yang cenderung menggunakan bahasa formal. Kita juga butuh belajar bahasa jepang slang agar semakin lancar dan terlihat nggak kaku saat menggunakannya.

Kata baru yang aku temukan adalah ketika aku bertanya penggunaan imasu (ada) dan arimasu (ada), Tomita mengakhiri obrolan dengan kata AZASU.

Arti Azasu dalam bahasa Jepang
Onsen buat kaki di Kusatsu

Karena selama di Indonesia aku jarang buka Line, maka aku nggak begitu memperhatikan jika Tomita san telah mengirimkan balasan tentang pertanyaan penggunaan arimasu dan imasu untuk setan.

Biasanya, arimasu digunakan untuk benda mati, tapi bagaimana dengan setan? Dia kan nggak hidup, juga dia mati kan? Makanya bingung, apakah harus menggunakan imasu atau arimasu.

Karena penasaran, aku langsung menanyakan hal tersebut pada Tomita san. Dia telah menjelaskan bahwa setan masuk kategori makhluk hidup karena sebelunya dia hidup, maka imasu lah yang digunakan.

Apakah makna AZASU?

Lalu AZASU muncul.

Aku mencari makna azasu di Japanese English dictionary, tapi maknanya nggak keluar. Aku cari di kamus yang biasa aku gunakan, Takoboto, tapi nggak muncul juga. Apa artinya ya? Kok nggak muncul sih.

Beberapa kosakata slang biasanya susah dipahami bagi orang asing yang nggak biasa menggunakan, apalagi aku yang jarang baca baca buku atau media sosial Jepang.

Aku beranikan diri untuk bertanya.

Ternyata arti dari AZASU adalah sama dengan arigatou, terimakasih, sankyuu, doumo, dll.

Tapi, dari mana azasu berasal?

Arti Azasu dalam bahasa Jepang
Setelah jalan jalan dari Kusatsu Onsen

Kita mengenal 39 dari kata thank u, tapi azasu? Setelah aku bertanya pada Tomita san, aku juga nggak lupa browsing agar lebih kuat lagi makna kata baru yang telah aku temukan. Salah satunya adalah di Nihongo Master. Ternyata azasu merupakan singkatan dari Arigatou goZaimaSU.

Oalah. Tomita sensei, Azasu atas informasinya. Hahahaha

Note: Gunakan "azasu" untuk situasi informal saja.

Fuji Haru
Fuji Haru Hi, semoga tulisan sederhana ini bisa membantu.