Cara mengatasi text too small to read di blogger - Fujiharu.com
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara mengatasi text too small to read di blogger

Fujiharu.com - Bagaimanakah cara mengatasi permasalahan yang muncul di Google Search Console dengan tulisan text too small to read, content wider that screen, clickable elements too close together di blog atau blogger? Saat ini belum nyoba mengatasi di wordpress ya. Tapi dengan cara di bawah ini, aku telah berhasil menyelesaikannya.

Blogger adalah salah satu platform membuat web yang banyak dimintai selain wordpress. Beberapa alasan yang membuat banyak orang suka blogger adalah karena lebih cepat dan praktis jika dibandingkan platform lain. 

Blog fujiharu.com dan interpretergadungan juga menggunakan platform blogger karena lebih gampang dibandingkan wordpress.

Beberapa hari yang lalu, aku menemukan tanda lonceng merah sebelah kanan atas di google search console. Setelah aku klik, ternyata ada beberapa permasalah seperti text too small to read, content wider that screen, dan clickable elements too close together.

Cara mengatasi text too small to read di blogger

Sebenarnya, apa sih yang salah dari isi blog aku?

Setelah aku googling dan mencari tahu permasalah tersebut, aku baru mengerti kesalahan yang membuat aku mendapat peringatan. Peringatan ini aku anggap sebagai guru pembelajaran. Tanpa google search control, maka aku masih akan stagnan kemampuannya. Seseorang menjadi dewasa dan pintar setelah mengalami tempaan masalah. Hehehe.

Berikut ini akan aku paparkan beberapa penemuan yang aku dapatkan dan bagaimana aku mengatasinya sampai bisa selesai dan beres.

Baca Juga: Cara menjadi penulis tamu blog

1. Text too small to read

Menurut beberapa data yang aku baca, website font size atau huruf font di website terlalu kecil, sehingga akan membuat pembaca akan merasa kesusahan, sehingga menggunakan zoomer untuk pinch atau melebarkannya. Pastinya hal ini masalah bagi pembaca karena akan membuatnya nggak nyaman. 

Cara mengatasi text too small to read di blogger

Setelah aku baca kesalahannya, aku cek kembali editan blog. Semua nya seperti biasanya kok, tapi kenapa terlalu kecil? Cuma memang, ketika aku buka blog di hape, layar menjadi terlalu lebar, sehingga ketika aku baca, harus menarik layar ke kanan atau ke kiri.

Kayaknya design font di handphone harus diperbaiki.

2. Content wider than screen

Untuk masalah ini, sepertinya aku langsung tahu karena ketika membaca blog di salah satu artikel, aku menemukan bahwa design blog nggak rapi. Aku harus menarik layar ke arah kanan atau ke arah kiri. 

Permasalahan ini langsung aku kenali karena merasakan langsung. So, aku harus segera perbaiki semuanya agar kembali ke posisi semula yang benar.

3. Clickable elements too close together

Aku masih bingung untuk masalah clickable element ini. Karena aku sama sekali nggak mengutak atik iklan adsense juga. Tapi aku menduganya karena kesalahan dari screen wider dan text too small, sehingga clickable element juga muncul sebagai permasalahan di blog fujiharu.

Cara mengatasi text too small to read di blogger

Cara mengatasi ketiga masalah di atas:

Untuk mengatasi semua hal tersebut, aku melakukan beberapa perbaikan sebagai berikut:

Baca Juga: Cara Mengatasi Error Breadcrumb di Blogger

1. Copy semua tulisan di blog, lalu paste ke word2clean

Kegunaanya tentu saja agar aku lebih pasti lagi dalam memastikan rumus rumus web yang berupa code. Ketika kamu menggunakan aplikasi online ini, kamu akan lebih mudah dalam menjalankannya. Cukup copy paste datanya dan kembali ke blogger. Maka bisa kembali rapi.

2. Data excel diperbaiki

Saat itu aku memastikan data berupa excel yang berisi tabel dan juga angka angka. Awalnya sih nggak masalah, artinya bagus, tapi ketika dibaca tampilannya menjadi jelek.

Ketika data excel diperbaiki, aku juga kembali melakukan kegiatan yang pertama di atas.

Dengan melakukan perbaikan di atas, alhamdulillah aku telah memperbaiki semua data yang menjadi masalah di google search control.

Baca Juga: Berapa Gaji Kerja di Jepang?

3. Validate data di google search control

Jika kamu telah memperbaiki data, maka selanjutnya validate data tersebut agar tidak menjadi masalah lagi. 

Pemvalidasian data ini mungkin butuh beberapa waktu. Dalam kasus aku, cuma membutuhkan kurang dari 2 hari dan alhamdulillah permasalahan telah terselasaikan dengan baik.

Cara mengatasi text too small to read di blogger

Jika ada permasalahan serupa, silahkan lakukan cara cara di atas.

Note: Aku biasanya menggunakan huruf verdana untuk blog, ukuran normal dan menggunakan heading dan subheading sebagai hurufnya. Untuk judul besar biasanya aku juga memberi tanda bold.

Baca Juga: Interpreter yang ngeblog

Fuji Haru
Fuji Haru Hi, semoga tulisan sederhana ini bisa membantu.