Kenapa drama korea diminati? - Fujiharu.com
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenapa drama korea diminati?

Fujiharu.com - Apakah hal menarik dan bagus dari film atau drama Korea terbaik yang selalu hits di negaranya sendiri, bahkan mendunia? Ini adalah observasi aku selama aku menonton film atau drama Korea hits terbaru seperti Descendent of the sun, Crash landing on you, The world of married couple, Itaewon class dan lainnya. Bukan hanya film atau drama yang telah mereka sebarkan kedunia, tapi juga musik KPOP nya. Seperti yang saat ini menjadi global sensation adalah BTS.

Film dan drama Korea dari negeri ginseng semakin mengukuhkan kukunya di Indonesia. Sebelumnya telah dikukuhkan dengan musiknya yang telah menggempur habis habisan industri musik Indonesia dengan KPOP. Saat ini, hampir semua orang tahu siapa itu BTS.

Baca Juga: Akhir Crash Landing On You

Kini, global sensation bukan hanya ditorehkan oleh dunia musik Korea Selatan yang mendunia, tapi juga dari dunia perfilmannya. 

Kita mungkin telah mengenal dunia film Korea Selatan dengan piala Oscar pertama melalui Parasite. Hampir semua orang melirik Korea. Kini, satu drama yang telah mencuri khalayak ramai adalah The world of married couple yang digadang gadang akan mencetak sejarah rating tertinggi drama Korea Selatan. Saat ini mungkin baru masuk rating 3 besar, tapi sepertinya akan mencetak rekor tersebut di beberapa minggu kedepan.

Dari berbagai film dan juga drama Korea, aku melihat hal unik dari perindustrian mereka. Apakah itu?

1. Fashion

Fashion adalah salah satu magnet yang nggak bisa lepas dari film korea. Visual dari aktor dan aktrisnya sangat pas ketika memadukan berbagai macam fashion yang mereka kenakan saat berada di film.

Karena fashion banyak jenisnya, aku akan lebih menyorot pada gaya berpakaian mereka yang selalu elegance, pas dan tepat sesuai dengan kondisinya. 

Aku membayangkan sinetron kita yang terkesan asal asalan ketika membuat drama. Ada seorang pemulung yang berbaju compang camping, tapi terlihat bersih dari baju dan bentuk compang campinya terlihat sekali masih baru dipotong. Nggak terlihat profesional.

Baca Juga: Nonton the world of married couple korean drama sampai 8 episode

2. Visual yang menarik

Terlepas dari bagus tidaknya operasi plastik setiap orang, aku mengakui bahwa visual yang ada sungguh menarik. Meskipun terkadang hampir bingung membedakan wajah sang artis karena hampir mirip (jangan jangan dokternya sama?).

Melihat aktor dan aktrisnya, sangat menyenangkan bukan? Meskipun ada juga kok aktris senior yang memang pas ketika mereka menua juga. 

3. Tempat wisata

Mereka juga mempromosikan suatu daerah sehingga bisa dijadikan pemasukan bagi kota atau daerah tersebut. Mereka mempromosikan indahnya pulau Jeju, tempat belanja yang ok, pemandangan saat sakura atau daun daun kuning berguguran. Sungguh scene yang sangat indah dan membuat orang orang tertarik untuk mendatanginya. Hal ini tentu saja akan memberikan dampak positif pada sektor industri pariwisata Korea.

Baca Juga: Itaewon Class opening song apa?

4. Handphone Samsung

Coba deh, kamu cek film yang akhir akhir ini sedang hits di tahun 2020: Crash landing on you, The world of married, Itaewon Class, dll menggunakan produk Samsung. Hampir sebagian besar menggunakan Samsung terbaru yaitu Galaxy s10. Sepertinya mereka kompak mempromosikan produk buatan negara mereka. Terasa sekali kebanggaan mereka pada produk dalam negeri. 

Meskipun begitu, aku sedikit melihat berbeda pada film Itaewon class. Kebanyakn pada menggunakan iphone. Apakah karena target awal Itaewon class untuk kalangan international atau Amerika?

5. Kualitas film

Jika ngomongin kualitas film, maka pasti secara keseluruhan. Aktor dan aktris, juga produksinya dihandle secara profesional. Mereka terlihat benar benar menghayati agar sesuai dengan isi cerita. 

Gampangnya begini. Jika ada yang sakit atau masuk rumah sakit karena tabrakan, mereka begitu total mempersiapkan peralatan dll. Kita lihat sinetron Indonesia. Masa iya ketika melihat ada yang kepalanya terbentur, diperban hanya dengan beberapa lebar saja (terlihat tipisnya), atau bahkan perbannya mengikuti gulungan rambut sang aktris Indonesia. Please, do it properly!

Makanya drama atau film Korea sukses dan selalu menjadi tontonan bagi warganet dunia. Khusus untuk film Indonesia, aku sih cukup positif melihat berbagai perubahan baiknya. Sekarang semakin banyak film film bagus yang digarap secara profesional.

6. Soundtrack

Setiap film atau drama baru, biasanya mereka menggunakan lagu baru sebagai theme song film tersebut. Jadi, lagu tersebut memang khusus untuk film tersebut. Apa kelebihannya? Ketika mendengar lagu tersebut, maka pasti akan langsung terpatri film atau drama korea yang ada. Memorable, bukan?

Jika film Indonesia, aku pikir cukup sukses. Ingat lagunya BCL untuk film Habibi? Selalu terkenang, bukan? Atau lagunya Rosa, Ayat Ayat Cinta yang booming di Indonesia? Tapi sayang, khusus drama atau sinetron Indonesia, masih belum sebagus itu.

Lagu ost yang ada di drama Korea sangat bagus bagus. Aku paling suka jika ada adegan sedih dalam film dan lagu Koreanya menyayat hati. Nggak mengerti isinya, tapi dengan adegan yang ada dan melody yang sayup sayup membuat hati ikut merasakan sedihnya.

Baca Juga: Review film Pocong The Origin

7. Cerita berkualitas

Karena episode Korea kebanyakan hanya 16 episode, maka cerita yang ada nggak bertele tele dan pas. Ada konflik utama secara keseluruhan yang dibahas sedikit sedikit dari awal episode pertama sampai akhir, sampai persoalan remeh temeh yang menarik untuk diikuti. 

Terkadang butuh 2 sampai 3 bulan untuk menyelesaikannya. Hal inipun tentu membuat rasa penasaran pemirsa dan menambah keseruan drama yang ditayangkan.

Jangan harap seperti sinetron Indonesia yang memiiki ribuan episode untuk setiap sinetronnya. Bahkan jika ribuan, maka akan disyukuri. Iya sih perlu disyukuri, tapi kualitasnya juga dinaikkan dong biar rasa syukurnya lebih bagus.

8. Acting jempolan

Kualitas akting yang ditunjukan oleh aktris dan aktornya sangat bagus sekali, sehingga patut ditonton. Mereka begitu menghayati sehingga penonton dibuat gemas dengan setiap adegan yang ada.

Aku pernah merasakan geregetannya sinetron Indonesia ketika masih kecil. Saking bagus cerita dan actingnya kali ya. Jika sekarang melihat sinetron Indonesia, aku lebih baik mematikannya dan menonton berita. Saat ini kurang worth it.

9. Banyak hal positif

Memang sih setiap hal pasti seperti mata pedang. Ada positif dan negatifnya. Tapi, menurut aku banyak sekali hal hal positif yang diangkat dari film atau drama Korea. Salah satunya jika bekerja keras maka akan mendapatkan hal positif. Bahkan ceritanya lebih real sih, meskipun awalnya pasti ada si kaya ganteng, sombong atau perebutan kekuasan, tapi masih real kok.

Fuji Haru
Fuji Haru Hi, semoga tulisan sederhana ini bisa membantu.