Cara mencairkan reksadana di Tokopedia - Fujiharu.com
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara mencairkan reksadana di Tokopedia

Fujiharu.com -Bagaimanakah panduan cara mencairkan reksadana pasar uang yang ada di Tokopedia? Ini adalah sedikit review dan juga pengalaman yang aku lakukan selama bertransaksi dengan reksadana Tokopedia beberapa tahun ini. Aku juga akan memberikan sedikit informasi terkait keuntungan yang didapat jika menggunakan reksadana Tokopedia. Bagi yang ingin tahu juga dengan Bareksa, silahkan baca artikel dibawah ini ya.

Reksadana pasar uang di tokopedia

Produk keuangan yang aku tahu sebelumnya hanyalah menabung di bank konvensional. Gunanya adalah untuk mengumpulkan uang agar nanti aku bisa ambil. Makanya ada semacam semboyan:
"Rajin menabung agar kaya"
Ada benar dan salahnya sih ucapan itu, tapi ketika aku mengetahui tentang dunia ekonomi dan keuangan, tidak semudah itu marisol. Kamu menabung dan kaya? No no no.

Bagi anak kecil, mungkin hal itu kata kata yang bagus agar mereka hemat dan rajin menabung supaya uang yang mereka simpan bisa diambil dengan jumlah yang lebih besar nantinya.

When grown up knocked you down, everything is getting worse. Iya, ketika dewasa, menabung justru hanya cocok untuk jangka waktu sementara dan pendek. Jika dilakukan cukup lama, maka hal itu kurang bagus karena setelah aku baca baca buku ekonomi dan keuangan, uang itu akan mengalami penurunan nilai kedepannya.

Baca Juga: Bayar zakat fitrah online di Tokopedia

Contoh tentang penurunan nilai mata uang ini adalah ketika hari ini harga handphone 2 juta, maka kedepannya jika beli handphone maka harganya akan naik. Ini artinya, uang 2 juta yang sekarang bisa digunakan untuk handphone, maka 5 tahun kedepan harganya akan lebih mahal karena jenis handphone juga akan naik harganya

Aku akan memberikan contoh lain. Bayar SPP sekolah sebulannya Rp. 50.000, tapi 2 tahun kemudian, pasti bayar SPP bukan Rp. 50.000 lagi, tapi bisa jadi Rp. 100.000. Ini yang dinamakana penurunan nilai mata uang.

Mulailah berinvestasi

Jika kita telah mengetahui bahwa menabung saja tidak cukup, maka kita harus melakukan investasi. Investasi banyak jenisnya, ada yang membeli saham, properti, dll. 

Karena aku masih hijau dalam dunia ekonomi dan keuangan ini, aku mengambil investasi berupa reksadana yang mudah pengelolaannya. Reksadana hampir mirip dengan menabung, lalu dananya akan dikumpulkan oleh manajer profesional untuk dilakukan invest ke beberapa produk, misal saham, pasar uang atau campuran.

Baca Juga: Review Case Nillkin Frosted Shield Black untuk Samsung S9 Plus

Berinvestasi di reksadana Tokopedia

Reksadana sebenarnya bisa dilakukan di bank bank yang ada saat ini. Kita bisa langsung ke bank tertentu untuk membuka rekening reksadana, tapi saat ini aku belum melakukannya karena cara yang digunakan terkadang kurang praktis.

Aku harus ke bank tersebut untuk membuka rekening. Dan juga, belum tentu aku mendapatkan informasi tepat keuntungan yang didapat secara realtime. Jika menggunakan Tokopedia, maka aku bisa mengecek langsung secara realtime berapa keuntungannya yang didapat saat itu.

Aku juga melakukan investasi di Bareksa. Bareksa juga hampir sama dengan Tokopedia, tapi produk yang mereka tawarkan sangat banyak. Fitur reksadana yang ada di mulai dari resadana pasar uang, reksadana campuran, reksadana saham, dll. Jadi jika ingin berinvestasi di reksadana, kamu bisa mengeceknya dengan lebih lengkap.

Baca Juga: Waktu yang tepat beli reksadana

Alasan memilih Tokopedia untuk berinvestasi

1. Sering belanja di Tokopedia

Simple banget sih alasan aku melakukan investasi di tokopedia adalah karena aku cukup sering melakukan pembelian online di tokopedia, jadi sekalian saja berinvestasi.

2. Mudah mengecek keuntungan

Dimanapun dan kapanpun aku bisa mengecek keuntungan dengan lebih mudah. Cukup buka Tokopedia dan ketik reksadana, maka aku akan mengetahui berapa keuntungan yang didapat perharinya.

3. Bisa diambil kapan saja

Karena menggunakan reksadana pasar uang, maka aku juga lebih gampang untuk mengambil uang yang ada di investasi tersebut.
Tentunya jika ada kendala seperti hari libur atau hari besar tiba, maka otomatis transaksi agak tersendat ya. Tapi selebihnya sangat gampang.

4. Nyaman dan halal

Karena reksadana ini menggunakan bank syariah, maka aku lebih nyaman ketika bertransaksi. Kita bisa memilih antara syariah atau konvensional ya.

Reksadana pasar Uang Tokopedia

Saat ini Tokopedia hanya melalukan fitur reksadana pasar uang yang disarankan bagi orang orang yang akan menyimpan uangnya untuk jangka waktu pendek. Jika untuk jangka panjang, aku sarankan menggunakan Bareksa saja dan memilih reksadana campuran atau saham.

Apakah tidak bagus jika bertransaksi pasar uang di Tokopedia? 

Bagus banget, tapi keuntungan yang diberikan reksadana pasar uang Tokopedia tidak sebesar reksadana campuran dan saham di Bareksa. 

Memang sih setiap jenis reksadana ada untung ruginya. Tapi bagi aku, pasar uang tokopedia 100% aman dan memberikan keuntungan, meskipun nggak banyak. Lumayanlah daripada kita menabung dibank konvensional. 

Menabung dikonvensional itu rugi. Bagimana tidak rugi, setiap bulan uang kita diambil beberapa puluh ribu, sedangkan bunga yang kita dapatkan nggak sepadan. Makanya aku menyarankan investasi reksadana pasar uang tokopedia. Uang tidak berkurang, malah bertambah. Juga tidak ada biaya bulanan, dll.

Btw, aku sih tidak menyarankan untuk mencari bunga bank karena itu riba. Sesuai ajaran agama aku, Islam: riba itu haram. Kenapa? Karena akan "membakar" uangmu. Bukan hanya di dunia, tapi akhirat.

Saran aku, buang uang bungamu di bank konvensional. Jika mau, gunakan bank syariah agar lebih aman dan nyaman.

Lalu bagaimana ketika kita telah berinvestasi di tokopedia, lalu akan mencairkannya?

Caranya sangat gampang sekali, Bahkan kita bisa mencairkannya kurang dari 10 menit, Jika ada kendala, mungkin sekitar  24 jam.

Baca Juga: Cara hemat beli pulsa listrik dan pulsa provider di Tokopedia

Berikut ini adalah cara mencairkan reksadana pasar uang tokopedia:

1. Buka aplikasi tokopedia dan ketik "reksa dana"
2. Klik "Jual reksa dana"
3. Klik jumlah reksadana yang ada di portofoliomu
4. Isi jumlah yang akan diambil

Cara mencairkan reksadana di Tokopedia


5. Klik "Jual reksadana" yang ada di bawah kanan layar
6. Rangkuman penjualan
Nanti kamu akan mendapatkan kode verifikasi, lalu masukkan
7. "Tarik dana dari saldo ke akun bank"


Cara mencairkan reksadana di Tokopedia

8. Klik "tarik saldo"
9. Informasi lain biasanya terkait proses layanan kerja atau ada kendala terkait pengambilan. Kendala yang sering ada sih karena jam kerja (kamu mengambilnya nggak sesuai jam kerja) atau di saat hari libur nasional.
10. Tunggu beberapa saat. Lalu check apakah dana di akun tokopedia telah ditransfer atau belum

Cara mencairkan reksadana di Tokopedia


Cara ini aku lakukan kurang dari 2 menit. Bahkan uang yang diambil telah masuk saat itu juga. Praktis.
Fuji Haru
Fuji Haru Hi, semoga tulisan sederhana ini bisa membantu.

Post a comment for "Cara mencairkan reksadana di Tokopedia"