Kegiatan kreatif saat di rumah karena corona - Fujiharu.com

Widget HTML Atas

Kegiatan kreatif saat di rumah karena corona

Fujiharu.com - Pandemi corona sedang maraknya di Indonesia. Kita dipaksa agar tetap di rumah, stay at home, work from home, PSBB, dilarang mudik, tapi boleh pulang kampung, ups. Hahaha pasti bikin diri sendiri, orang tua, anak, suami, istri, kakak, adik, kakek, nenek, saudara mengalami kebosanan yang luar biasa di rumah. Lalu, agar tidak bosan di rumah, kegiatan apakah yang bisa dilakukan agar bermanfaat dan bikin kita kreatif?

Kegiatan kreatif saat di rumah karena corona
Pixabay

Inilah beberapa kegiatan yang bisa dilakukan saat pandemi corona berlangsung yang membuat kita tetap di rumah dengan waras dan kreatif. Jika keluarpun hanya untuk hal yang sangat penting dan mendesak saja, ya.

Baca Juga: Corona virus vocabulary dalam bahasa Jepang 

Terkaiit PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), pastinya kita dituntut agar tetap sehat dirumah, tanpa perlu keluar rumah. Tapi, hal itu hanya untuk orang orang berduit alias orang orang yang mempunyai tabungan selama mereka berdiam diri di dalam rumah. Bagaimana dengan orang orang yang terbiasa dapat duit hari itu dan baru bisa makan?

Bagi mereka yang terdesak ekonominya, corona serasa bukanlah hal yang menakutkan. Ada hal yang lebih menakutkan bagi mereka jika anak dan istri atau orang yang disayangi nggak bisa makan. Tapi kan dengan dia keluar membahayakan keluarganya? Akan lebih membahayakan lagi jika dia tetap di rumah! Mati kelaparan. pemerintah membantu, tapi apakah mencukupi kebutuhannya? 

Masih inget dong berita di Tangerang yang meninggal karena kelaparan saat pandemi corona berlangsung? Miris sekali.

Olehkarena itu, bagi siapapun yang tetap bekerja dan keluar rumah, hati hati, jaga kesehatan, selalu rajin cuci tangan dan selalu berdoa agar terhindar dari hal buruk corona.

Bagi yang berdiam diri juga punya tantangan sendiri. Mereka harus bisa tetap waras di dalam rumah dengan segala kegiatan barunya. Anak anak sekolah yang biasa berada bersama guru dan teman sekolahnya selama hampir 8 jam, kini harus benar benar 24 jam bersama keluarga di rumah. 

Berada dengan seseorang secara terus tersuan 24 jam akan membuatmu rewel, gampang misuh, mood ambyar, dll. Kan adengan orang tercinta, masa sih nggak suka? 

Bukan nggak suka, tapi ketika seseorang secara konstan bersama sama, maka kepribadian yang biasanya ditahan akan keluar dan bisa jadi membuat seseorang stres. 

Anak anak stress karena nggak bisa main bersama teman dan gurunya. Dia banyak mendapat tugas saat dirumah. Orang tua yang biasa mengurus anak mulai dari makan saja, kini harus bekerja extra karena mendidik mereka dengan membantu tugas tugas anaknya. Tugasnya nggak susah, tapi ketika diajar oleh orang tua, anak cenderung menganggap remeh karena mungkin dikiranya dengan orangtua, maka persoalan akan lebih mudah. Bagi orang tua, hal ini menambah list kemungikinan stress mereka karena tambahan tugas. Mereka bisa gampang marah jika sang anak nggak bisa atau menolak.

Baca Juga: Mengajar bahasa Indonesia untuk orang asing

Dari kejadian ini, kita harus banyak bersyukur dan berterimakasih pada guru.

Apakah persoalan stress cuma itu saja? Nggak, masih banyak. Keluarga di rumah merasakan sibuk yang luarbiasa karena adanya tugas tambahan baru ini. Rasa bosan yang biasa diluapkan dengan jalan jalan ke mall, nonton bioskop kini nggak bisa terselesaikan. Mereka stuck dalam rumah.

Bagaimanakah cara agar pikiran tetap waras dengan tugas baru, kesibukan baru dan membuat kita semakin kreatif?

1. Membaca

Kegiatan kreatif saat di rumah karena corona
Pixabay

Dengan membaca, kita bisa lebih tenang ketika menghadapi berbagai hal. Membaca juga bisa menenangkan pikiran dan menambah wawasan. Baca buku yang kamu sukai. Bisa buku fiksi seperti drama percintaan, sihir seperti Harry Potter, atau buku buku kepribadian yang membuatmu memaklumi hal hal buruk yang sedang terjadi dan merubah energi negatif tersebut menuju hal positif.


Baca Juga: Daniel Radcliffe bacakan buku Harry Potter and The Sorceres's Stone

2. Selalu ingat! Di dalam rumah bukan terkekang, tapi berusaha menjadi sehat

Jika mindset kamu adalah berada di rumah menjadi terkekang, maka emosi negatif akan mengalir dalam dirimu. Jangan biarkan hal itu terjadi! Kamu berdiam diri karena ingin sehat. Jika keluar, maka kemungkinan akan terkena corona akan lebih besar.

3. Nonton film

Drama Korea, film film Hollywood atau sitcom seperti Blackish, Sheldon, Friends bisa menjadi hiburan saat pandemi corona berlangsung. Kamu bisa terhibur dengan cerita cerita yang ada dalam film tersebut.

Jika ingin menonton bersama sama, maka carilah film keluarga yang bisa ditonton semua umur agar bonding di keluargamu semakin kuat.

Jika kamu telah lelah dengan semua kerjaan dan anak juga telah tidur, kamu bisa menonton film drama korea yang bisa menguras hati dan air matamu. Saat ini film yang bagus adalah Itaewon Class, Crash Landing on You atau The World of Married Couple. Drakor tersebut sukses bikin emosimu teraduk aduk. 

Baca Juga: Sinopsis dan review drama Korea Itaewon class sampai episode 12

4. Memasak

Kegiatan kreatif saat di rumah karena corona
Pixabay

Saking seringnya keluarga berdiam diri, maka harus pintar pintar membuat masakan agar hemat dan juga kondisi keluarga tetap sehat dengan camilannya. Berdiam diri menjadi privilege karena kamu bisa belajar memasak apapun. Disamping kamu bisa menemukan resep baru, kamu juga bisa langsung dapat tester yang siap sedia melahap hasil makananmu.

5. Belajar bahasa

Saat corona berlangsung dan memaksa seseorang berdiam di rumah, banyak sekali lembaga kursus seperti Sakura JLC dan OHM Bandung yang menyelenggarakan kelas online bahasa Jepang.

Disamping kelas online bahasa Jepang lebih hemat, kita juga bisa tetap aman di rumah. Jika corona selesai, maka kamu bisa mendapatkan skill baru untuk senjatamu dalam menghadapi masa depan.

6. Berbenah

Berbenah atau membereskan barang narang di rumah bisa menjadi satu kegiatan yang membuat kamu tetap waras. Kamu juga bisa mendapatkan manfaat secara langsung karena ruangan menjadi bersih dan pastinya barang barang bisa gampang diketahui posisinya.

Kegiatan berbenah juga bisa membuatmu banyak waktu untuk memikirkan berbagai macam hal (renungan).

7. Me time

Waktu diri sendiri bisa kamu gunakan dengan melakukan apapun. Bagi yang ingin balas dendam karena kerja terus menerus seperti romusha, maka kamu bisa tidur sepuasnya disaat pandemi berlangsung. Ya, hibernasi gitu. Tapi jangan keterusan juga karena jika kamu melakukan hal postif lainnya, maka akan lebih bermanfaat lagi.

8. Kursus online

Bukan hanya belajar bahasa secara online yang bisa kamu lakukan saat pandemi corona memaksa kita tetap di rumah, tapi juga kursus kursus lainnya. Ada yang mengikuti kelas online untuk kuliah, kursus web, kursus photoshop, dll.

Baca Juga: Belajar American Sign Language secara online

9. Menemukan hobi baru

Kamu bisa menemukan hobi baru ketika kamu lebih banyak waktu di rumah. Bagi yang suka cuap cuap, maka bisa jadi kamu suka vlogging yang membuatmu bisa menjadi vlogger terkenal seperti Baim Wong, Atta atau Ricis.

10. Main musik

Kamu teretarik memainkan alat musik dengan baik? Berada di rumah menjadi saat yang tetap karena kamu bisa langsung berlatih dengan lebih baik dan bisa melihat langsung hasilnya dengan review dari keluargamu.

11. Menulis

Bagi kamu yang suka menulis, kamu bisa menuliskan apapun yang kamu sukai di blog atau di platform lainnya. Dengan melakukan kegiatan menulis, kamu telah telah melakukan terapi baik untukmu.

Siapa tahu tulisanmu bisa menjadi uang saat bencana corona berlangsung dengan menjadi seorang pewarta.

12. Olahraga

Kegiatan kreatif saat di rumah karena corona
Pixabay

Berdiam diri rumah dalam waktu cukup lama membuat berat badanmu akan naik. Maka dari itu, kamu harus berolahraga agar tetap sehat. Lakukan olahraga minimal 10-15 menit setiap harinya.

13. Bermain game

Bermain game juga membuat kamu bisa tetap waras lho. Kenapa? Karena bermain game juga tanpa sengaja bisa membuat kita lupa waktu. Awas, jangan lupa makan, nanti sakit malahan.

14. Video call bersama teman

Jika sebelumnya kamu susah sekali bertemu teman, kini ada waktu dengan cara kamu videocall bersama teman dan sahabat. Asyik bukan? Pertemananmu akan semakin solid.

15. Dance

Kegiatan kreatif saat di rumah karena corona
Pixabay

Kamu suka dance? Bisa belajar dari tutorial di youtube, atau juga biar lebih terlihat hits, maka kamu bisa mengikuti gaya gaya di tiktok dan posting di media sosialmu.

16. Bermain dengan hewan kesayangan

Punya hewan kesayangan sepeti doggy atau kucing? Saat ini waktu yang tepat untuk memuaskannya karena kamu bisa lebih privat selama berdiam di rumah.

17. Berkebun

Hobi berkebun dengan menanam cabe, bawang atau tanaman lainya? Kamu bisa melakukan penanaman makanan secara hidroponik atau cara cara terkini agar bisa menghidupakn kebun mandiri.

Kegiatan kreatif saat di rumah karena corona
Pixabay

18. Mendekatkan diri dengan Allah

Ini juga hal bagus. Kamu bisa menggunakan kegiatan ini sebagai terapi diri dengan mendekatkan pada yang maha kuasa. Ingat, dia maha pencipta, jadi selalu bersandarlah pada Nya.

19. Berlatih memotret

Kamu punya kamera bagus atau handphone keren? Ayo belajar fotografi secara online agar kamu nantainya bisa membuat gambar lebih bagus dengan hasil jepretanmu.

20. Buat rencana kedepan

Selama di rumah, kamu punya banyak waktu untuk memikirkan diri sendiri. Buat planning kedepan agar hidupmu semakin terarah.

21. Update resume CV

Perbaiki resume CV mu, siapa tahu datanya sudah nggak sesuai. Jadi ketika kamu berencana memulai karir baru, kamu telah membuat CV yang bagus.

Baca Juga: 10 Situs untuk membangun karir

Bagaimana? Cukup banyak ide ide yang bisa kamu lakukan secara mandiri, bukan? Jika ingin bersamapun, usahakan jaga jarak aman ya.

Semoga pandemi corona ini terlewati dan semua orang bisa kembali ke kehidupan normal. Amin.

Fuji Haru
Fuji Haru Hi, semoga tulisan sederhana ini bisa membantu.

Berlangganan via Email