Pengalaman seleksi jadi penulis artikel MyBest - Fujiharu.com

Widget HTML Atas

Pengalaman seleksi jadi penulis artikel MyBest

Fujiharu.com - Salah satu hal yang aku suka sejak kecil adalah membaca koran atau majalah, makanya dulu kepikiran untuk menjadi seorang jurnalis atau wartawan. Dan kini, aku diberi kesempatan untuk menjadi seorang penulis artikel (penulis lepas) saat aku ikut seleksi penulis artikel di Mybest. Ini adalah pengalamanku saat mengikuti seleksi penulis lepas Mybest sampai tahap penulisan artikelnya.

Pengalaman seleksi jadi penulis artikel MyBest


Sebelum aku melanjutkan cerita ini, mungkin ada dari kalian yang kesal atau merasa bahwa karena aku memiliki orang dalam di Mybest, makanya ada kemudahan saat melakukan seleksi penulis artikel. Aku jawab, bisa jadi bisa nggak. 

Pertama, aku sama sekali nggak berharap jika orang tersebut akan memudahkanku dalam seleksi tersebut.

Kedua, aku kenal orang tersebut, tapi nggak bisa dibilang dekat.

Ketiga, aku mengikuti tes dengan mengikuti semua tes atau seleksi yang diberikan sesuai tenggat waktu, jadi i was doing for what i had to do.

Keempat, mengikuti seleksi dari iklan yang di posting di FB, jadi siapapun bisa daftar.

Kelima, aku bisa sedikit bahasa Jepang (sesuai kriteria), which is Mybest pusatnya di Jepang, jadi beberapa informasi yang ada di websitenya aku bisa mengerti.

Dengan asumsi tersebut, semoga pengalamanku ini bisa bermanfaat buat kamu yang akan menjadi penulis di Mybest ID atau tempat lain seperti kompas, saungwriter, dll.

Suka dunia tulis menulis

Aku suka dunia tulis menulis sejak masih SD. Nggak tahu kenapa aku suka baca dan menulis dengan berimajinasi. Bahkan beberapa karya aku yang berupa puisi atau gambar pernah masuk majalah nasional.

Ketika karya aku terpampang di majalah nasional, aku senang bukan main. Bukan hanya senang karena mendapatkan hadiah berupa buku atau pernak pernik sponsor berupa tas kecil dan pulpen, tapi juga rasa bangga karena ada karya yang bisa ditunjukkan. Aku mampu.

Bahkan keluarga aku nggak nyangka akan melihat karya anaknya terpampang di majalah yang dibaca hampir seluruh Indonesia. Maklum, keluargaku nggak ada yang suka baca atau menulis seperti aku. Nerd alert.

Lowongan penulis lepas MybestId

Pengalaman seleksi jadi penulis artikel MyBest

Mybest adalah website yang berisi rekomendasi rekomendasi untuk orang orang yang mencari produk terbaik sesuai dengan penilaian atau pertimbangan yang diberikan. 

Pertimbangan atau penilaian ini bisa dilihat dari kualitas produk, harga, cara memilih, cara menggunakan, dll.

Setahu aku, Mybest pusat berada di Jepang, yang kini telah merambah ke beberapa negara sesuai lokasinya. Misal di Indonesia, maka Mybest id jadinya.

Baca Juga: Berapa Gaji Kerja di Jepang?

Karena pusatnya ada di Jepang, kebanyakan artikel juga awalnya berupa artikel bahasa Jepang yang disadur kedalam bahasa Indonesia dengan terjemahan yang sesuai dengan nilai kearifan lokalnya. Misal, jika artikel bahasa Jepang menggunakan data harga dari Amazon jp, maka di Indonesia menggunakan e commerce Indonesia seperti Lazada, Shopee, Tokopedia atau Bukalapak. 

Lowongan kerja freelance dari facebook

Aku mendapatkan informasi lowongan kerja sebagai penulis lepas di Mybest adalah saat teman aku yang ada di Jepang posting informasi terkait lowongan kerja di Mybest. 

Saat ini, aku mendapatkan lowongan kerja bukan hanya dari Jobdb, Jobstreet, agen pencari kerja seperti Selnajaya, JAC, dll, tapi bisa juga dari FB. Bisanya sih ada komunitas tertentu yang menginformasikannya.

Baca Juga: Keuntungan Dicarikan Kerja JAC

Kebetulan teman aku bekerja di Mybest yang domisilinya di Jepang dan membutuhkan penulis lepas dari Indonesia untuk menerjemahkan artikel.

Kualifikasi menjadi penulis Mybest

Bagi yang ingin mengetahui bagaimana cara menjadi penulis lepas di Mybest, silahkan buka link ini. Saat ini isi artikel berupa bahasa Jepang, jadi jika kamu ingin tahu artinya, bisa google translate dulu ya.

Aku akan sedikit menginformasikan kualifikasi atau syarat menjadi penulis lepas Mybest:

1. Bisa bahasa Indonesia selevel native
2. Paham tentang kebiasaan dan budaya Indonesia selevel native
3. Suka menulis

Dari syarat itu, ada hal penting lainnya yang seharusnya dimiliki oleh seorang calon penulis mybest: Bisa bahasa Inggris dan Bahasa Jepang.

Bahasa Jepang dan bahasa Inggris sangat dibutuhkan jika ingin menjadi seorang penulis artikel lepas Mybest. Kenapa? Karena dalam prosesnya, kita akan membaca artikel asli dalam bahasa Jepang. Jika kita belum mengerti, maka bisa menggunakan google translate. Tapi, tahu sendiri bagaimana hasil terjemahan google translate. Makanya aku biasanya menerjemahkan secara langsung bahasa Jepang ke bahasa Indonesia, atau jika belum mengreti, maka aku akan menerjemahkan bahasa Jepang langsung ke bahasa Inggris dan menggantinya dengan bahasa Indonesia yang enak.

Bagaimana jika nggak bisa bahasa Jepang? Setidaknya bisa bahasa Inggris deh, soalnya pasti ada bahasa Inggris yang lebih pas digunakan daripada bahasa Indonesia. Contohnya adalah sofware, cool, sophisticated, dll. Bisa sih diganti dengan bahasa Indonesia, tapi kesannya terasa beda.

Mengirimkan data berupa CV

Data data yang perlu dikirimkan ke perwakilan atau orang yang posting iklan berupa CV, foto terbaru, JLPT (TOEFL nya bahasa Jepang), dll. Hampir sama dengan ketika akan mengirimkan lamaran kerja.

Baca Juga: Jadwal Tes JLPT Juli dan Desember di Indonesia

Dihubungi pihak Mybest

Jika lamaran kerja telah terkirim, maka akan ada balasan. Kalo nggak salah aku diminta menerjemahkan sesuatu dari bahasa Jepang ke dalam bahasa Indonesia dengan tenggat waktu yang diberikan.

Alhamdulillah aku telah mengerjakannya dengan tepat waktu, meskipun ada beberapa koreksian dari perwakilan Mybest tersebut.

Proses seleksi selanjutnya: Menulis artikel di Mybest

Pengalaman seleksi jadi penulis artikel MyBest
Saat proses menulis artikel

Ketika selesai proses penerjemahan diawal, maka aku lolos ke proses selanjutnya dan mulai diberikan tugas menulis artikel dari bahasa Jepang ke bahasa Indonesia.

Meskipun aku terbiasa menulis artikel atau tulisan diri di blog, aku melakukannya karena itu personal blog, jadi nggak begitu banyak aturan. Ketika aku menulis untuk Mybest, aku mengalami kesusahan, apalagi banyak sekali aturan yang harus aku lakukan.

Meskipun kesusahan, perwakilan Mybest yang membantu aku sangat baik sekali. Dia menyarankan banyak hal agar tulisan yang aku buat nanti bagus. Oh iya, aku menggunakan chatwork, semacam media sosial Whatsapp yang baru pertama kali aku gunakan.

Prose pembuatan artikel Mybest

Aku disarankan untuk membaca artikel artikel yang telah diterbitkan dalam bahasa Indonesia di Mybest. Bagus sekali tulisan dan bacaan yang ada di dalamnya. Aku jadi tertarik untuk membeli barang yang direkomendasikan.

1. Pelajari aturan menulis dari Mybest

Karena menulis artikel untuk rekomendasi nggak seenak udel, aku harus mengikuti semua aturan yang Mybest atur dalam beberapa data yang berupa PPT atau word. Saking banyaknya, aku bingung harus mulai darimana.

Salah satu aturannya adalah menuliskan link asli di foto/ gambar agar mengetahui dari mana sumbernya.

2. Memilih artikel di list artikel bahasa Jepang

Karena penulis lain juga akan menerjemahkan artikel dan membuatnya dalam bahasa Indonesia, maka kita harus memilih artikel yang tersedia dan belum dipesan oleh orang lain. Hal ini agar tidak terjadi tumpang tindih pengerjaan artikel.

3. Terjemahkan data

Jika telah mendapatkannya, maka akan diterima link yang merujuk pada artikel asli dalam bahasa Jepang. Kita bisa menerjemahkan langsung dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris secara pribadi atau via google translate.

4. Buat artikel

Pengalaman seleksi jadi penulis artikel MyBest

Jika telah menerjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, maka kita bisa langsung membuat artikel. Btw, platformnya bukan seperti blogger. Aku menduga sih wordpress (aku belum tahu format wordpres).

Jika telah membuat artikel, maka kita bisa langsung menghubungi perwakilan atau mentor kita agar diberikan pengecekan apakah bagus atau tidak.

Hasil dari artikel aku juga dicek oleh mereka saat itu. Banyak sekali masukan berharga yang aku dapat dari mentor tersebut. Thanks, i really apreciated about what you did to me. It means a lot.

Ada bonus jika menulis artikel lebih sesuai tenggat waktu

Jika kita menulis artikel lebih sesuai yang diberikan tenggat waktunya, maka kita akan mendapatkan bonus uang. Btw, info yang aku dapatkan sih fee atau honornya berupa yen. Asyik banget. Aku pernah menghitungnya, honor kurang lebih sekitar 200 ribu sampai 400 ribu untuk satu artikel. 

Jika kita rajin menulis artikel dan melebihi batas minimal penulisan setiap bulannya, maka bonus dalam jumlah banyak akan menanti lho.

Baca Juga: Interpreter yang ngeblog

Masalah datang saat proses seleksi

Laptop ngadat

Aku sangat bersemangat sekali untuk menjadi penulis lepas di Mybest. Namun hal yang nggak terduga terjadi. Ram laptop ngadat. Setiap beberapa menit menyalakan laptop, tiba tiba restart sendiri. Bukan hanya sekali dua kali, tapi setiap beberapa jam. Hal ini tentu saja merusak mood aku saat merevisi artikel. Selain mood, tulisan yang telah direvisi hilang tiba tiba karena belum disimpan.

Kejadian ini aku laporkan ke mentor karena nggak enak belum membuat revisi artikel. Nanti dikiranya aku nggak melaksanakannya, padahal laptop aku sedang ada masalah.

Pengen sih aku mengerjakannya di warnet atau warung game, tapi aku terlalu malu. Pernah masuk ke warnet game dan aku mengerjakan tugas, lalu setiap mata seolah mentapku karena disaat yang lain ribut main game, aku diam saja. Beberapa melirik aku dengan tatapan nggak percaya. Aku jadi nggak pede soalnya serasa merusak mood main game mereka. Haha.

Kendala lainnya adalah jarang sekali ada warnet yang masih beroperasi saat ini. Semua menggunakan handphone atau smartphone saat menggunakan internet. Aku juga pernah mencoba melakukannya di smartphone, tapi nggak bisa. Nggak nyaman.

Bahkan akhirnya laptop mati tanpa bisa dihidupkan kembali dan aku harus membeli ram baru. Namun membeli ram tidak semudah yang dibayangkan. Aku harus mengumpulkan uang dan juga waktu pembelian yang nggak singkat. Ketika membeli ram, ternyata nggak cocok. Aku harus menunggu agar ditukar dengan ram baru dan hal itu membutuhkan waktu sampai sekitar 2 mingguan.

Akibatnya tahu sendiri, aku menunda terus pekerjaan yang harusnya dikerjakan lebih cepat, kini jadi lebih lama. Aku terlalu malu untuk bilang ke mentor kalo ada kendala ini. Sudah menginformasikannya dan mereka juga mengerti dengan hal itu. Cuma, aku merasa kok jadinya aku seolah memberikan alasan yang nggak penting. Kesannya menghindari tugas.

Baca Juga: Cara menjadi penulis tamu blog

Perbaikan platform Mybest

Saat itu ada migrasi dari platform yang lama ke yang baru, maka aku harus menyesuaikan lagi. Sebelumnya aja aku masih kurang mengerti saking banyaknya informasi yang harus aku telan bersamaan, kini aku harus memutar otak lagi dengan lebih cepat ke platform yang asing dan baru.

Karena beberapa kendala itulah, aku memutuskan untuk mundur dari proses seleksi menjadi penulis artikel Mybest. Aku nggak ingin alasan apapun yang terkait laptop dan juga perpindahan platform mengganggu kinerja teman teman yang lain. 

Meskipun sebentar, banyak sekali ilmu yang bisa aku dapatkan dari proses seleksi untuk menjadi freelance Mybest. Ini adalah cerita pribadi aku saat ikut seleksi penulis artikel di Mybest.

Terimakasih Mybest atas ilmu yang telah diberikan.
Fuji Haru
Fuji Haru Hi, semoga tulisan sederhana ini bisa membantu.

No comments for "Pengalaman seleksi jadi penulis artikel MyBest"

Berlangganan via Email