Review buku Obat Malas Dosis Tinggi (1) - Fujiharu.com

Widget HTML Atas

Review buku Obat Malas Dosis Tinggi (1)

Fujiharu.com – Apa sih obat malas? Bagaimana cara menghilangkan sifat pemalas dalam diri? Kamu akan mengetahui jawabannya jika baca buku karya Khalifa Bisma Sanjaya yang karyanya sering berderet di toko buku Gramedia. Buku ini juga sangat pas sesuai dengan tuntunan Islam dan juga berdasarkan isi dari penulisnya, jadi sudah terbukti ampuh.

Review buku Obat Malas Dosis Tinggi (1)
Gramedia


Warning

Ada beberapa tambahan dari fujiharu.com sendiri terkait artikel ini.

Rasa malas bisa menyerang kapanpun, dimanapun dan kepada siapapun. Jika sekali dua kali sih nggak masalah, tapi jika sudah terbentuk polanya, gawat. Bisa bisa hidupmu akan stagnan, atau bahkan menurun. Nggak mau kan?

Baca Juga: Review Sementara: Nikmatnya Bangun Pagi

Agar hidupmu tertata, baca buku karya Khalifa Bisma Sanjaya yang berjudul Obat Malas Dosis Tinggi for worker & employee edition. Kenapa aku memilih yang worker dan employee edition? Karena isi bukunya tepat sesuai genre aku. Bagi yang masih SMA, ada buku sejenis juga kok, tapi dari keseluruhan hampir sama isinya.

Rasa malas memang pangkal dari kemiskinan. Bukan hanya miskin harta, tapi juga miskin pemikiran. Jadi stay away dari yang namanya malas ya.

Menurut beberapa sumber yang aku baca, cara menghilangkan malas itu banyak sekali caranya. Tapi jangan lupa, kamu juga harus mencari tahu penyebab malas tersebut agar bisa menghindarinya.

Berikut adalah beberapa cara agar malas hilang:

Olahraga

Dengan olahraga, maka tubuhmu akan bugar. Jika bugar, maka kamu nggak akan malas atau tetap berbaring di kasur berlama lama. Bawaannya pasti ingin gerak. So, kamu jadi produktif.

Jangan tunda

"Bentar deh, 5 menit aja. Masih ada waktu, tunggu aja lah."
Ingat, kata kata tersebut sama saja menunda pekerjaan. Jangan ya! Nanti keterusan dan bikin hidupmu berantakan. Perbaiki! Hindari dalam menunda pekerjaan. Apalagi sholat, jangan! Kamu mau Allah nggak mengacuhkanmu?

Buat target

Jika kamu buat target harian, mingguan atau bulanan sampai tahunan, maka hidupmu akan terarah. Kamu akan tahu apa yang akan kamu lakukan hari ini, besok dan minggu depan karena sudah jelas apa yang mau kamu capai. Jika terlalu berat untuk membuat target harian, kamu bisa buat target jangka panjang dan kamu urai sampai sekecil kecilnya agar kamu tahu apa yang harus kamu lakukan. Dijamin, rasa malas akan hilang. Rasa malas datang karena kamu nggak punya target atau rencana.

Baca Juga: Manfaat Sholat Dhuha, Review Lanjutan Part 2

Hindari tempat tidur atau sofa nyamanmu

Bukan berarti kamu nggak pantas istirahat atau nyaman ongkang ongkang di sofa. Tapi jika saatnya melakukan sesuatu atau bekerja, usahakan menghindari tempat nyaman tersebut karena badanmu akan menyesuaikan dan pasti ingin tidur atau meringkuk terus. Jika kamar kamu kostan, maka bereskan selimut, kasur, dll. agar mindsetmu bukan untuk tidur.

Setiap ada kesuksesan, kamu hadiahi diri sendiri

Misal kamu telah menyelesaikan target harian secara sempurna, maka kamu bisa menghadiahi diri sendiri berupa makan eskrim, atau bisa makan makanan enak lainnya.

Motivasi diri sendiri

Motivasi diri sendiri juga perlu, lho. Pernah dengar ada orang yang mengulangi kata kata positif di cermin berkali-kali? Dia ingin memotivasi dirinya sendiri agar sukses atau lebih baik lagi dari sebelumnya.

Teratur

Jika kamu teratur melakukan segala halnya, maka Insya Allah hal itu akan menjadi karakter positif yang bagus. Rasa malas juga jadi menghilang.

Berdoa

Senjata paling ampuh orang muslim adalah doa. Maka mintalah pada Tuhanmu agar rasa malas hilang dan sukses dunia akhirat.

Itu tadi adalah cara menghilangkan rasa malas. Tapi, bagaimanakah isi buku Obat Malas Dosis Tinggi karya Khalifa Bisma Sanjaya?

Ada beberapa bab di buku obat malas dosis tinggi, maka aku akan menulis beberapa bagian yang mungkin perlu dilakukan terlebih dahulu.

Baca Juga: Resensi buku 'Meraih 1001 Kebahagiaan dengan Shalat'

Salah satu hal yang disorot oleh buku obat malas dosis tinggi adalah Latihan merancang plan kehidupan:

1. Siapa saya

Jangan anggap enteng dirimu. Ingat, semenjak kamu lahir, kamu adalah juara sperma diantara jutaan sperma yang lain. Ketika kamu lahir, begitu banyak potensi yang kamu bisa gali dari sendiri. Bisa kemampuan akademikmu, kemampuan sosialmu, karaktermu yang kuat, rupa yang indah, dll. Ini juga akan membuatmu sadar “siapa saya” sebenarnya.

2. Apa saja peluang yang ada?

Ketika kamu telah tahu “siapa saya” sebenarnya, maka kamu akan tahu peluang apa yang bisa digunakan dari kelebihan “saya”? Karena badanmu tinggi besar, siapa tahu kamu bisa jadi model. Jika kamu jago berkomunikasi, maka kamu bisa menjadi marketing handal.

3. Saya ingin menjadi seperti siapa?

Kamu pasti punya idola yang ingin kamu ikuti kedepannya. Misal kamu ingin menjadi seorang penyiar handal seperti Indy Barends, youtuber terkenal dan santun seperti Ricis, atau penulis terkenal JK. Rowlings.

Ketika kamu mengetahui kamu akan menjadi apa kedepannya, kamu akan bersiap siap untuk mencari senjata apa yang bisa digunakan untuk mencapai impian tersebut.

Kamu ingin menjadi penulis handal seperti JK. Rowlings, maka kamu harus banyak latihan menulis agar mendapatkan tulisan yang hidup bagi pembaca. Jika ingin jadi penyiar handal seperti Indy Barends, maka kamu harus sering latihan cuap cuap dan latihan lainnya. Baca juga buku buku penunjang agar kamu semakin professional.

Baca Juga: Daniel Radcliffe bacakan buku Harry Potter and The Sorceres's Stone

4. Bagaimana supaya tujuan saya tercapai

Jika telah mengetahui, pasti kamu akan sekuat tenaga untuk mendapatkan impian tersebut. Banyak latihan dan latihan agar kamu semakin bagus nantinya. Nggak apa apa kamu ditolak atau ditertawakan, tapi selalu positif dan berusaha mewujudkannya.

Jika kamu gagalpun, pasti akan mendapatkan rejeki yang nggak disangka sangka. Siapa tahu misalnya kamu nggak jadi seorang presenter handal seperti Indy Barends, tapi justru rejekinya kamu menjadi pembicara handal dengan membuat buku tentang seorang penyiar atau broadcasting.

Jadi selalu berusaha ya.

Baca Juga: Review buku Obat Malas Dosis Tinggi (2)
Fuji Haru
Fuji Haru Hi, semoga tulisan sederhana ini bisa membantu.

Berlangganan via Email