10 Kesalahan fatal youtuber pemula menurut mastimon - Fujiharu.com
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Kesalahan fatal youtuber pemula menurut mastimon

Fujiharu.com - Berikut ini adalah beberapa kesalahan kecil sampai fatal yang dilakukan oleh youtube pemula sehingga channel youtubenya kurang berkembang, alias mandek. Informasi kesalahan youtuber ini aku dapatkan dari seorang blogger dan juga youtuber baru mastimon yang cukup sukses.




Mastimon merupakan nama baru seorang youtuber. Tapi jika dilihat sebagai seorang blogger, dia adalah salah satu blogger sukses yang selalu memberikan informasi menarik di bloggernya, sehingga dia mendapat pundi pundi uang dari adsense miliknya.

Blog yang telah dikuasainya kini telah melebar kebeberapa bisnis lain seperti sebagai pembuat blog baru untuk pemula, privat blogger, dll.

Salah satu bisnis baru yang dibuat olehnya adalah membuat video youtube. Meskipun baru, Mastimon sangat optimis, sehingga youtubenya kini berkembang dengan niche dunia blogger.

Sebagai tambahan informasi, mastimon merupakan mantan seorang karyawan yang meninggalkan gaji jutaan rupiahnya demi menekuni dunia blog yang kini menekuni juga dunia youtube. 

Jika berbicara dengan jumlah uang yang dihasilkan, pastinya cukup besar bagi seorang youtuber awal atau blogger. Gaji perbulannya dia posting di blogger atau youtube miliknya. Meskipun tidak disebutkan secara terang terangan, jumlah pundi pundi uang yang dihasilkan minimal lebih dari 10 juta, bahkan aku pernah baca targetnya tahun 2020 mendapatkan gaji diatas 50 - 100 juta.

Karena kesuksesan tersebut, aku cukup sering mengunjungi youtubenya demi perkembangan blogger fujiharu.com dan juga youtube ojichan story.

Baca Juga: Cara mengatasi text too small to read di blogger

Berikut ini adalah wejangan dari mastimon terkait 10 kesalahan fatal youtuber pemula:

1. Tidak tahu tujuan channel

Ketika akan buat channel youtube, tentukan kedepannya untuk apakah channel ini dibuat. Apakah untuk menghasilkan adsense atau sekedar melakukannya demi hobi. Jika kita punya tujuan jelas, maka youtube kita akan mudah berkembang karena kita telah membuat rencana apa saja agar kedepannya semakin bagus.

2. Asal upload tanpa editing ringkas padat 

Ketika membuat video, selalu edit video agar bagus. Jika ada bagian yang tidak jelas, maka lebih baik di cut atau buat blooper. Video yang asal posting akan membuat orang lain malas untuk menonton video kita.

3. Asal membuat judul video

Selalu membuat judul yang menarik agar orang lain gampang menemukan video kita. Ingat, jangan lakukan click bait ya demi klik. Judul yang sesuai dengan isi video akan memudahkan orang lain untuk mencari informasi. Biasakan menggunakan seo agar judul blog sesuai dengan isi pencarian.

Baca Juga: Cara Mengatasi Error Breadcrumb di Blogger, pengunjung jeblok

4. Tidak membuat deskripsi dan tag 

Isi deskripsi dan juga tag pada saat upload video. Hal ini berguna bagi penikmat video kita. Mereka akan lebih gampang dan terbantu jika ada deskripsi dan juga tag nya. Deskripsi merupakan sinopsis dari isi video mu, Tag merupakan kata kuncinya.


5. Thumbnail kurang menarik

Meskipun videomu muncul di urutan pertama, tapi ketika melihat thumbnail nya kurang menarik, maka pasti tidak diklik. Ingat, seperti makanan. Jika tampilannya bagus, maka orang lain akan tertarik, meskipun tidak tahu isinya bagus atau tidak.

6. Kualitas pencahayaan video 

Apakah videomu gelap? Buram? Jika iya, kita harus belajar cara pencahayaan agar video terang dan enak dilihat. Jika videomu berisi kamu yang sedang berbicara, akan lebih baik jika ada sinar yang meneranginya agar terlihat jelas.

Baca Juga: Cara mendapatkan backlink berkualitas Mas Sugeng

7. Suara video nggak jernih

Gunakan mik jika memang diperlukan. Misal kita membuat video didalam rumah, maka tidak menggunakan mic juga mungkin tidak masalah, tapi jika melakukannya diluar ruangan, maka mungkin diperlukan mik agar suara kita terdengar jelas saat berbicara. Dengan suara jelas, maka penonton akan lebih gampang menerima informasi.

8. Jam tayang dan subscriber dengan app atau jasa lain

Mungkin kita pernah mendengar ada orang yang menawarkan jasa tambah subscriber dan jam tayang. Bagi yang mengincar adsense di youtube, maka jam tayang dan subscriber dibutuhkan sebagai syarat diterima adsense. Saran mastimon, jangan menggunakan aplikasi atau jasa website tersebut karena bisa jadi akun bodong. Pasti tidak mau kan jika suatu saat nanti subscriber kita hilang sendirinya atau di tolak youtube. Lebih baik alami.

9. Spam komentar di video orang lain

Spam komentar di youtube lain katanya bisa menjadi cara agar youtube kita dipandang. Jika sesuai, mungkin masuk akal, tapi jika isinya spam, maka bisa jadi akun kamu direport oleh si empunya video. Selalu santun berkomentar ya.

Baca Juga: Download aplikasi yang wajib ada di laptop baru windows 10

10. Durasi video disesuaikan

Jika membuat video youtube, sesuaikan dengan kebutuhan. Jika berupa podcast seperti Dedi Corbuzier, mungkin minimal 30 menit sampai 1 jam bukan masalah, tapi jika isi videomu cuma sebentar, maka tidak perlu memanjangkan sampai 30 menit. Cukup buat video 5-10 menit untuk videomu.

Itulah beberapa kesalahan yang dirangkum dari video youtube mastimon. Beberapa informasi juga aku tambahkan.

Semoga bermanfaat.

Post a comment for "10 Kesalahan fatal youtuber pemula menurut mastimon"