7 Kogustaki Mucize, versi Turki film Miracle in cell no 7 - Fujiharu.com
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Kogustaki Mucize, versi Turki film Miracle in cell no 7

Fujiharu.com - Miracle in cell no7 versi Turki benar benar membuatku sedih sekaligus menikmati plot twist yang ditawarkan. Sangat berbeda dengan versi Korea, meskipun sebagian ceritanya hampir sama. Apakah cerita film ini berdasarkan true story? Lalu bagaimanakah ending film 7 Kogustaki Mucize? Apakah tokoh utama mati juga?


View this post on Instagram

A post shared by 7. Koğuştaki Mucize (@7.kogustakimucizefilm) on

Seperti biasa, selama pandemi korona sebelumnya, aku sering melakukan hal hal tiada guna degan menbuka berkali kali timeline sosial media. Apalagi facebook. Di bebrapa timeline facebook, aku menemukan film yang diklaim bagus dan trending di Netflix. 

Hal menarik dari film yang membuat trending tersebut bukan buatan Holywood yang biasanya bagus dari cerita atau teknologinya, tapi justru dari negara yang sama sekali aku belum pernah melihat satu filmnya: Turki.

Turki membuat sebuah film yang mengharukan, bahkan menyedihkan tentang seorang ayah yang mempunyai keterbelakangan intelektual harus berpisah dengan anak semata wayangnya.

Wait, mirip dnegan cerita Miracle in cell no 7 Korea Selatan. Memang iya, ini adalah adaptasi atau Turki version untuk film Miracle in cell no 7 yang sangat fenomenal di Korea Selatan tahun 2013 silam.

Film Miracle in cell no 7 versi Turki berjudul 7 Kogustaki Mucize. Isinya hampir sama dengan versi Korea, tapi ada juga yang berbeda.

Karena ini adalah film adaptasi dari Korea Selatan ke Turki, ada beberapa penyeuaian yang membuat film versi Turki berbeda dengan versi aslinya.

Baca Juga: Sinopsis film Cinta laki laki biasa

Perbedaan 7 Kogustaki Mucize dan Miracle in cell no 7

Pekerjaan tokoh utama

Tokoh utama dalam versi Turki seorang pengembala kambing dan juga penjual permen apel. Menurutku mungkin karena ini mencerminkan budaya atau sebagian besar orang pinggiran Turki saat ini. Jika di Korea, tokoh utama bekerja sebagai pengatur lalu lintas parkir.


Berbau agamis

Dalam film Korea, salah satu tokoh dalam penjara memajang foto foto gadis yang menunjukkan body nya hanya dengan bikini, sedangkan dalam Turki, karena terkenal dengan negara yang cukup taat pada agama, maka hal hal seperti itu tidak ada. Bahkan beberapa cuplikan sering menyebut nama tuhan.

Pengenalan tokoh di dalam penjara 

Pengenalan tokoh di dalam penjara cukup jelas dan lucu, sehingga penonton mudah mengetahui narapidana dengan kesalahan yang dia perbuat sehingga masuk penjara. Sangat berbeda dengan versi Turki. Kesalahan beberapa orang tidak begitu diekspos secara jelas.

Humor

Dalam versi Turki, segi humor yang ditawarkan tidak sebanyak film Korea. Hampir semua filmnya dari awal sampai akhir cukup serius, meskipun tidak membosankan. Ada beberapa bagian lucu yang diceritakan, tapi hanya lebih dari melihat tingkah lucu sang tokoh utama. Berbeda halnya dengan cerita versi Korea. Dalam cerita versi Korea, humor yang disajikan cukup banyak, meskipun tidak mengurangi isi cerita.

Is it true story?

Meskipun film Miracle in cell no 7 bukahlan cerita nyata, tapi cukup menghibur dan sangat mengharukan. Jarang sekali ada film yang mengekspos kasih sayang seorang ayah terhadap anaknya. Dalam film Turki, kasih sayang seorang ibu (nenek) masih ditunjukkan pada anaknya yang mempunyai keterbelakangan mental, tapi kasih sayang ayah dan anak sungguh disuguhkan dengan versi yang luar biasa sehingga dengan menonton ini, anak semakin tahu bagaimana seorang menyayangi anaknya tanpa "tapi".

Baca Juga: Review film Black Mirror

Cast 7 Kogustaki Mucize

Untuk cast film versi turki 7 Kogustaki Mucize, aku sebenarnya kurang begitu tahu banyak. Jujur ini adalah kali pertama aku menonton film produksi Turki. Tapi, dari beberapa acting yang aku lihat, aku sangat menikmati acting tokoh utama yang diperankan oleh Aras Bulut Iynemli. Dia beracting secara total dan benar benar sangat mirip sekali dengan seseorang yang mempunyai keterbelakangan mental.

Untuk acting anaknya sendiri, diperankan oleh Nisa Sofiya Aksongur, akupun patut mengacungi jempol karena ekpresi yang ditunjukan sangat alami.

Tokoh lain yang menurutku sangat kuat emosinya adalah sang leader penjara di cell no 7 yang diperankan oleh Ilker Aksum.

Rating 7 Kogustaki Mucize

IMDB memberikan ganjaran tinggi untuk film yang tayang di Netflix ini: 8,3. Angka yang sangat besar, tapi memang bagus dari segi cerita dan juga sinematografinya.

Baca Juga: Informasi populer sepekan 06 Juni 2020

Plot 7 Kogustaki Mucize

Memo, seorang laki laki yang mempunyai keterbelakangan mental mempunyai seorang anak perempuan bernama Ova (masih SD). 

Meskipun mempunyai keterbelakangan mental dalam dirinya, Memo sangat mencintai anaknya, Ova. Dia akan melakukan apapun untuk membuat anaknya bahagia. 

Ova pernah bertanya kenapa ayahnya bertingkah seperti itu pada neneknya. 
"Ayahmu berusia sama denganmu, jadi pikirannya juga sama."

Jawaban yang sangat bagus dan membuat seorang mengerti bahwa ayahnya memang spesial, tapi meskipun begitu, Ova yakin bahwa ayahnya 100% menyayanginya lebih dariapapun.

Ibu Ova meninggal sejak bayi, makanya tidak mengenal ibu kandungnya.

Suatu ketika, Ova dan ayahnya akan membeli tas "Heidi", semacam tas bergambar seperti Dora. Namun, saat akan membeli tas tersebut, ternyata seorang pembesar militer telah membelikannya untuk sang anak. Mereka telat. Memo sangat bingung dan berusaha untuk membayarnya agar bisa memberikannya untuk Ova. Kejadian ini membuat sang pemvbesar militer marah besar dan menyakiti Memo.

Baca Juga: Spoiler episode terakhir 16 The World Of Married

Ketika memo bekerja dengan mengembala kambing, Memo bertemu kembali dengan Seda, siswa yang telah dibelikan tas Heidi oleh ayahnya. Karena digoda oleh Seda agar mengejarnya, dia ikut bermain sampai ke daerah tebing bibir pantai.

Memo sangat takut karena nanti akan dimarahi oleh nenek dan juga membahayakan bagi Seda. Seda tetap bermain seenaknya, sampai dia terpeleset jatuh dan mengenai bebatuan tebing, tewas saat itu juga.

Memo berusaha menolongnya, tapi justru dia yang dijadikan tersangka pembunuhan. Bagaimana mungkin seseorang yang berpikiran anak anak bisa membunuh?

Dia dijerat pasal pembunuhan dengan hukuman gantung. Lalu, dimulailah kehidupan dipenjara no 7.

Bersama teman selnya, dia menjalani hukuman. Hal yang paling membuatnya rindu adalah bertemu dengan Ova, anak semata wayangnya. 

Keinginan ini terpenuhi dengan bantuan teman teman sel yang membantu dengan menyusupkan Ova ke dalam penjara. Bagaimanakah akhir cerita memo?

Pada akhir cerita, seseorang digantung tewas. 

Sementara itu, Ova tetap menunggu ayahnya.

Film Rekomendasi

7 Kogustaki Mucize, versi Turki film Miracle in cell no 7
IMDB

Menonton film 7 Kogustaki Mucize membuatku sangat sedih, sehingga memikirkan keluargaku sendiri. Apakah mereka menyayangiku seperti memo? Aku tahu kadar mencintai dan menyayangi seseorang nggak bisa diukur setiap orangnya, tapi melihat kasih sayang yang diperlihatkan Memo pada Ova sungguh membuat siapapun akan tersentuh.

Ending cerita versi Turki benar benar menyuguhkan plot twist. Maklum, sebelum aku menonton maraton film 7 Kogustaki Mucize, aku sebelumnya menonton film versi aslinya terlebih dahulu, jadi di kepala ada beberapa bagian yang selalu membandingkan dan tebakan tebakan yang membuatku seolah sutradara film. Namun, ending 7 Kogustaki Mucize diluar dugaan.

Well, selamat menonton streaming film 7 Kogustaki Mucize.

Post a comment for "7 Kogustaki Mucize, versi Turki film Miracle in cell no 7"