Cara agar muridku lulus JLPT N5 - Fujiharu.com

Widget HTML Atas

Cara agar muridku lulus JLPT N5

Fujiharu.com - Aku akan cerita bagaimana muridku bisa lolos tes JLPT N5 sekelas. Alhamdlulillah, seneng banget melihat hasil JLPT N5 dari mereka. Aku akan infromasikan bagaimana metode yang aku gunakan saat mengajar bahasa Jepang kepada mereka, buku yang digunakan agar lolos JLPT, latihan latihan JLPT yang digunakan, dll.

Cara agar muridku lulus JLPT N5
Muridku juara 2 pidato bahasa Jepang seangkatan Kosen 13


Mengajar adalah salah satu passion yang aku kerjakan agar bisa hidup. Sebelumnya aku telah bekerja sebagai seorang anggota Staff GA, interpreter di perusahaan Jepang, guru bahasa Jepang, dll. Namun kini aku memutuskan untuk freelance menjadi seorang pengajar bahasa Jepang.

Mengajar di perusahaan Jepang

Kali ini aku mendapatkan pekerjaan sebagai pengajar bahasa Jepang di salah satu perusahaan besar pembuat alat alat motor dan mobil Jepang. Perusahaannya berada di MM2100 Bekasi.

Siapa yang belajar bahasa Jepang?

Siswa yang aku ajari bahasa Jepang adalah siswa siswa terpilih dari perusahaan tersebut untuk ditraining dengan berbagai keahlian selama setahun. Mereka belajar teknik, bahasa Inggris dan bahasa Jepang.

Keseluruhan jumlah siswa yang belajar adalah kurang lebih 50 orang yang dibagi kedalam 4 klas. Aku kebagian mendapatkan kelas A. Satu kelasnya 12 orang dengan satu trainer yang akan aku ajarkan bahasa Jepang.

Baca Juga: List download bahasa Jepang

Target belajar bahasa Jepang

Cara agar muridku lulus JLPT N5

Target yang diberikan dari perusahaan pada aku sebagai pendidik adalah agar mereka bisa bahasa Jepang dan lulus JLPT N5 satu kelas.

Jujur, itu mereka satu hal yang cukup berat, tapi juga membanggakan. Berat karena aku harus memaksimalkan potensi yang aku punya agar pembelajaran yang diberikan bisa menarik dan siswa tetap connect sampai mereka bisa. 

Membanggakan karena aku bisa melihat hasilnya sendiri apakah gagal atau tidak ketika aku mengajar bahasa Jepang. Jika lulus semua, maka aku sangat bangga karena cara cara yang aku gunakan bisa diterima sehingga mereka bisa bahasa Jepang. Bikin drop jikalau mereka tetap tidak bisa bahasa Jepang.

Meskipun ada banyak hal yang menjadi poin apakah seseorang bisa bahasa Jepang atau tidak. Beberapa poin yang aku maksudkan adalah tekad dari siswa sendiri. Bagi yang mempunyai tekad besar, maka belajar hal baru akan memotivasinya, tapi bagi seseorang yang kurang termotivasi, maka dirasa sebagai sebuah beban.

Poin lainnya adalah terkait dengan kecerdasan. Setiap orang mempunyai kecerdasannya masing masing. Ada yang bisa menerima pelajaran dengan sangat cepat, ada juga yang lambat. Bahkan yang sangat lambatpun ada. 

Jika seperti itu, maka akan menyangkut poin lain, yaitu waktu. Jika waktu yang diberikan lebih lama, bisa jadi orang tersebut bisa, bisa jadi juga memang tidak bisa. Bukankah kecerdasan ada banyak jenisnya?

Tapi, meskipun banyak poin yang bisa menunjang sukses seseorang dalam belajar bahasa Jepang, tetap saja karena saat ini judulnya adalah belajar bahasa Jepang, maka mereka harus berusaha bisa bahasa Jepang.

Baca Juga: Download ebook belajar bahasa Jepang pdf

Waktu belajar

Durasi yang ada saat mengajar mereka adalah sekitar 6 bulan, dari Januari hingga Juni. Itupun sudah termasuk dengan liburan panjang beberapa lama akibat COVID dan juga libur lebaran. 

Jam mengajar bahasa Jepang dilakukan seminggu dua kali, biasanya pada hari kerja senin-kamis atau selasa-jumat, terkadang pernah juga hari sabtu.

Metode pembelajaran

Metode yang aku gunakan bermacam macam, ada metode game, baca cerita, tes oral langsung, percakapan, dll. Aku mengunakan berbagai metode agar mereka tidak bosan karena setiap pertemuan adalah 3 jam secara berturut turut.

Buku yang digunakan saat belajar bahasa Jepang

Buku yang aku gunakan adalah buku terbaru Minna no Nihongo Shokyu 1 edisi 2. Buku Minna sangat cocok dan banyak digunakan ditempat tempat kursus juga.

Selain buku Minna no nihonggo sebagai bahan ajar agar bisa mengajar JLPT, aku juga memberikan beberapa kanji yang ada di Kanji Nihongo challenge N5 berupa file yang bisa didownload di mediafire.

Agar belajar kanji lebih menyenangkan dan gampang, mereka diberikan kumpulan kanji N5 berupa kertas kecil tebal yang bia dibawa kemana mana. hanya sayang, tulisannya tidak bagus, tidak jelas.

Buku suplemen kanji lainnya adalah buku kanji Masuta N5 (kanji master). Bukunya sangat bagus karena berisi soal soal latihan seperti JLPT, tapi lebih menekankan pada kanji.

Aku juga menggunakan kartu Hiragana dan Katakana buatan sendiri dengan asosiasi yang sering aku lakukan pada siswa agar bahasa Jepang bisa lebih gampang dimengerti.

Untuk belajar kanji, aku membeli kartu kanji dari produk Sakura JLC. Meskipun membantu dikelas karena bentuk kartu sangat besar dan mudah terlihat bagi siswa, beberapa arti dan tulisan yang muncul di kartu kanji ada beberapa yang salah, tapi tidak ada kertas koreksian, sehingga aku harus mengecek terlebih dahulu agar tidak salah.

Baca Juga: Download Minna no Nihongo 2nd edition pdf

Motivasi ke siswa

Karena mengajar bahasa Jepang bukan hanya bertugas mengajar bahasa, aku juga harus sering sering memberikan motivasi agar mereka semakin bersemangat untuk belajar, misalnya kenapa belajar bahasa Jepang, kenapa harus bisa, apa gunanya jika dapat lulus JLPT dan mendapatkan sertifikat, dll.

Motivasi sangat penting agar mereka tetap berada di jalur yang benar sesuai dengan keinginan sendiri dan juga perusahaan.

Belajar di luar ruangan

Sesekali kita juga belajar diluar ruangan. Kita saat itu pernah makan di Madoka, salah satu restoran Jepang di daerah MM2100. Kita belajar berbagai makanan, bagaimana rasanya, dan juga merasakan sensasi saat makan di restoran Jepang.

Tapi bukan hanya sensasi yang didapatkan, kita juga belajar apa arti enak dalam bahasa Jepang, lawan kata enak dalam bahasa Jepang seperti apa? 

Misalnya oishii (enak) lawan katanya oishikunai atau mazui; takai yang artinya mahal mempunyai antonim yasui, dll. Pelajaran itu juga dipraktikkan saat di restoran tersebut.

Pembelajaran di kelas

Cara agar muridku lulus JLPT N5

Karena di kelas belajar bahasa Jepang dalam waktu 3 jam, aku bisa mengajarkan setengah bab setiap harinya untuk bab bab awal karena harus mengajarkan hiragana dan katakana. Juga, mereka belum terbiasa dengan ritmenya. Tapi, ketika ritme telah terbangun dan mereka bisa hiragana dan katakana, satu pertemuan bisa digunakan untuk satu bab di minna no nihongo. 

Bahkan, setelah hiragana katakana selesai, aku mengajarkan kanji setiap pertemuan 10 buah dan selalu diulang ulang setiap pertemuannya, sehingga saat selesai pembelajaran, aku telah mengajarkan mereka hampir 100 lebih kanji.

Dalam kelas juga aku memberikan penjelasan kosakata, bukan hanya dari artinya, tapi juag sedikit cerita dan juga pengalamanku saat di Jepang. Berharapnya sih semoga mereka bisa terhibur dan semakin tertarik ke dalam bahasa Jepang.

Disisa sisa pertemuan juga, aku memperlihatkan video atau film Akuma sensei di 30 menit terakhir agar pembelajaran bia lebih fresh dan bisa mendengarkan langsung kosakata atau percakapan bahasa Jepang dari sebuah film.

Tes JLPT

Saat pembelajaran hampir berakhir, aku melakukan beberapa tes bahasa Jepang dari buku latihan JLPT. Aku juga mengambil beberapa soal JLPt N5 dari tahun tahun sebelumnya secara online di internet.

Bahkan, beberapa tugas bagi mereka adalah mencoba aplikasi Mazii di playstore yang berisi simulasi JLPT. Mereka harus bisa lolos JLPT meskipun nilainya kecil. Alhamdulillah bisa lolos N5 JLPT secara online di simulasi tesnya.

JLPT ditunda karena korona

Karena korona menyerang Indonesia dan berdampak ke banyak hal, akhirnya kita mengetahui bahwa JLPT ditunda dan kemungkinan akan dilakukan pada Desember nanti.

Berhubung anak anak harus lulus JLPT, leader pengajar bahasa Jepang memutuskan membuat soal JLPT dari buku simulasi bahasa Jepang dari terbitan Jepang. Dia mengambil beberapa soal dari simulasi soal JLPT tersebut dan dites kan pada siswa.

Baca Juga: Ujian bahasa Jepang JLPT Juli 2020 dibatalkan

Alhamdulillah, dari 13 orang yang ada di kelas A, kelas yang aku ajar, semuanya lulus 100% dari tes simulasi soal JLPT N5. Padahal aku sangat takut pada satu anak yang kemungkinan besar akan tidak lolos karena memang agak kurang dari siswa lain. Hanya, semangat untuk belajarnya sangat bagus.

Meskipun aku snagat bangga dan senang karena siswa lulus JLPT N5, mereka bukan lulus dari JLPT asli yang dilaksanakan serentak di Indonesia setiap Juli dan Desember tiap tahunnya.

Semoga Desember 2020 nanti siswaku ikut tes JLPT N5 dan bisa lulus dengan baik, amin.

Minasan, ganbatte kudasai.
Fuji Haru
Fuji Haru Hi, semoga tulisan sederhana ini bisa membantu.

No comments for "Cara agar muridku lulus JLPT N5"

Berlangganan via Email