Poin penting agar bisa masuk universitas terkenal ala film Dragon Zakura - Fujiharu.com

Widget HTML Atas

Poin penting agar bisa masuk universitas terkenal ala film Dragon Zakura

Fujiharu.com - Ada berbagai macam cara agar bisa masuk kuliah di universitas no 1 atau terkenal, baik di Indonesia atau di dunia. Tapi, bagaimanakah cara masuk PTN atau perguruan tinggi terkenal yang tepat untuk masuk ke universitas tersebut hanya dengan kemampuan diri?

Poin penting agar bisa masuk universitas terkenal ala film Dragon Zakura
Asianwiki

Dengan memasuki universitas tinggi yang berkelas dan terkenal atau no 1 di dunia, maka sudah pasti akan membuat rasa percaya diri semakin tinggi, kesempatan bersaing dalam dunia industri juga akan lebih besar dan pastinya bisa menerima pendidikan kelas wahid dari orang orang yang mumpuni dibidangnya merupakan berkah.

Pst, bagi siapapun yang mengatakan bahwa sekolah yang tinggi tidak menentukkan masa depan, silahkan minggir terlebih dahulu. Memang ada benarnya quotes tersebut, tapi ketika seseorang ada kesempatan dan kemauan untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi favorit, kenapa tidak? Banyak juga kok yang menempuh pendidikan tinggi dan sukses. Setidaknya, satu hal positif telah diambil oleh orang orang yang telah kuliah tersebut: memperoleh pendidikan! Ingat, belajar itu tetap dilakukan sampai kapanpun, bahkan sampai matipun. Ada juga pepatah yang mengatakan bahwa tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina. Jadi, jika ada kesempatan untuk memperoleh ilmu pengetahuan, silahkan kejar.

Si bodoh dan si pintar mempunyai kesempatan sama untuk masuk universitas terkenal

Kemampuan diri yang aku maksud adalah dengan potensi intelektual dirimu sendiri.

“Waduh, aku kan bodoh. Matematika merupakan pelajaran yang paling aku takutkan. Kayaknya nggak mungkin bisa masuk Universitas Indonesia, deh.”
“Aku kan dari sekolah biasa, kayaknya kesemptan tersebut sesuatu yang impossible.”
“Dana yang dibutuhkan mahal, tidak ada biaya.”

Dari beberapa pikiran tersebut, ada benarnya kok. Aku juga tidak mempunyai mimpi akan masuk universitas Negeri terkenal di Bandung saat kuliah dulu. Tapi, dengan modal semangat dan cara belajar untuk lulus tes, akhirnya aku bisa menjadi mahasiswa negeri di Universitas terkenal di Bandung. Sesuatu yang saat itu tidak mungkin terjadi.

Si bodoh dan si pintar merupakan label yang sering diberikan pada siswa yang kurang pintar. Biasanya sih standar kepintaran yang ada di masyarakat adalah berupa angka. Seringnya berupa tolak ukur nilai matematika. Jika matematikamu kecil, maka labelmu adalah si bodoh. Jika nilai matematikamu besar, maka kamu merupakan sang juara, si pintar.

Jenis kecerdasan manusia ada banyak

Poin penting agar bisa masuk universitas terkenal ala film Dragon Zakura
Bobo

Bagi yang merasa bahwa dirinya tidak pintar dalam matematika, bukan berarti hidupmu hancur. Jangan khawatir. Nilai pintar seseorang bukan hanya dilihat dari nilai matematika kok. Ada yang cerdas dari segi berkomunikasi, cerdas dengan aneka karya yang dibuat, atau bahkan cerdas secara spiritual.

Contoh gampangnya adalah begini:
Seorang siswa sangat pandai dalam menggambar, artinya dia cerdas dalam hal gambar tersebut. Orang besar yang bisa jadi panutan seperti Picasso, dll.

Seorang yang pintar matematika bisa dikaitkan seperti Sheldon dalam film Young Sheldon atau Einsten. Dia sangat berbakat jika menyangkut angka.

Ada juga seseorang yang tidak pandai matematika dan menggambar, tapi dia begitu damai dengan segi spiritualnya. Begitu dewasa. Bahkan beberapa hal negative bisa diubahnya menjadi positif karena pemikirannya yang percaya bahwa tuhan memberikan berbagai kelebihan pada setiap orang. Pemikiran ini tentu saja tidak dimiliki oleh setiap orang.

Jadi, stop memberikan label seseorang pintar atau bodoh hanya karena nilai matematikanya jelek. Seorang yang pintar matematika belum tentu sukses dimasa depannya. Malah banyak seorang yang cerdas secara angka jadi karyawan di perusahaan seseorang yang cerdas secara emosional. So, stop labelling someone!

Tes ke universitas dengan menguji pengetahuan

Poin penting agar bisa masuk universitas terkenal ala film Dragon Zakura
Saat jalan jalan di Tokyo Daigaku

Meskipun telah diberikan info agar tidak memberikan label, tetap saja kita juga harus bisa mengerjakan tes masuk untuk ke perguruan tinggi terkenal dunia. Tes yang diberikan juga biasanya Matematika, Kimia, Fisika, Bahasa Inggris, Sejarah, dll. Tergantung bidang yang akan diambil sih, tapi tetap saja berupa tes.

Karena berupa tes, semua orang mempunyai kesempatan yang sama untuk masuk perguruan tinggi terbaik dunia. Aku tidak akan menginformasikan cara masuk universitas terkenal dunia dengan menggunakan jalur mandiri yang membayar mahal saat masuk kuliah, dengan bidang olahraga, beasiswa atau bahkan bisa masuk karena kenalan? Untuk poin terakhir, aku agak ragu, tapi jika di Indonesia, apakah kamu pernah mendengar seseorang masuk sekolah atau perguruan tinggi terbaik karena ayah, ibu, paman, bibi, kakek, nenek atau keluarganya dari orang terpandang, jadi ada privilege? Entahlah.

Aku akan berbicara bagi siapapun yang akan masuk ke universitas terkenal dan tebaik hanya dengan usaha diri sendiri, menggunakan otak yang diberikan Allah dan hati yang bersungguh sungguh untuk memperbaiki dirinya sendiri.

Label si bodoh dan si pintar bisa jadi karena siswa tersebut belum tahu cara belajar yang efektif. Jika dia telah menemukan cara belajar terbaik dan efektif bagi dirinya, maka topik yang dipelajari mungkin akan bisa dipahami dengan baik dan cepat.

Banyak sekali cara agar belajar menjadi lebih efektif. Ingat, cara belajar seseorang belum tentu sama dengan lainnya. Setiap individu sangat unik.

Baca Juga: Kabar gembira guru bahasa Jepang

Cara belajar efektif menurut film Jepang Dragon Zakura

Poin penting agar bisa masuk universitas terkenal ala film Dragon Zakura
Foto depan Akamon Universitas Tokyo

Aku tidak mengklaim bahwa cara cara yang ditunjukan adalam film Dragon zakura sangat bagus dan pas, tapi sepengetahuan aku, caranya sangat unik dan bagus untuk dipraktekkan. Hasil pembelajaran bagi setiap orang akan berbeda, tapi patut dicoba karena sangat bagus.

Dragon zakura merupakan salah satu film favorit Jepang aku. Bercerita tentang seorang pengacara yang akan membuat 5 murid dari sekolah paling bodoh untuk bisa masuk perguruan tinggi terbaik dunia: Universitas Tokyo, atau biasa disebut Todai (Tokyo Daigaku).

Ada kabar terbaru, bahwa akan ada Dragon Zakura 2 yang akan rilis tahun 2020 pada musim panas nanti.

Film tidak hanya berfokus tentang bagaimana cara mereka masuk Universitas Tokyo, tapi juga bagaimana konflik yang dihadapi oleh siswa siswi bodoh tersebut karena lingkungan yang telah terbentuk dan juga motivasi diri yang kurang.

Dengan datangnya Sakuragi sensei, mereka menjadi banyak tahu bagaimana cara belajar yang baik. Cara yang diberikan bukanlah hal mudah bagi mereka, tapi dengan tekad dan kesungguhan dari setiap individunya, mereka menjadi lebih dewasa dalam berfikir.

Bagaimanakah cara belajar efektif menurut film Dragon Zakura?

Berikut ini adalah beberapa poin penting yang aku dapatkan selama menonton film Dragon Zakura. Silahkan praktekkan agar belajarmu semakin baik. Aku juga beberapa kali mempraktekkan cara belajar yang ada di Dragon Zakura dan hasilnya kelas menjadi hidup.

1. Label si bodoh dan si pintar terbentuk dari lingkungan

Poin penting agar bisa masuk universitas terkenal ala film Dragon Zakura
Pixabay

Ketika kita telah dilabeli seseorang dengan anggapan bodoh atau pintar dari lingkungan, maka tanpa sengaja mendarah daging pada seseorang. Ubah anggapan ini. Selalu yakinkan diri bahwa dirimu berharga dan pintar.

2. Sekolah bagus akan memberikan kelebihan untukmu

Jika kamu daftar di sekolah bagus dan biaya yang mahal, biasanya service yang diberikan juga sepadan baiknya. Jika ada biaya dan kesempatan lain lain, kenapa nggak bersekolah di tempat bagus tersebut? Bagi yang sekolah ditepat biasa, jangan minder. Dengan mengetahui cara belajar yang baik, hasilnya bisa sama, kok, malah mungkin lebih baik.

3. Tentukan apa keinginanmu di masa depan

Jika kamu mempunyai mimpi mimpi yang ingin dicapai, maka ini bisa jadi motivasi tinggi agar belajar menjadi lebih bergairah.

4. Pekerjaan yang bersifat fisik tidak selamanya abadi

Poin penting agar bisa masuk universitas terkenal ala film Dragon Zakura
Pixabay

Ingat, tubuh akan menua, tapi otakmu akan bisa digunakan lebih lama dibandingkan dengan tubuhmu. Jadi, mungkin saat ini kamu beranggapan bahwa pekerjaan kasar yang dilakukan baik dan lebih menghasilkan uang. Tapi, jika pekerjaanmu dibarengi dengan kecerdasan otakmu, maka hasilnya akan lebih cepat dan lebih besar hasilnya.

Contoh gampangnya adalah tukang becak. Dia begitu tekun bekerja, tapi ketika tua nanti, maka dia akan capai dalam mengayuh. Berbeda dengan tukang ojek. Dia awalnya tukang becak juga, tapi dia menabung dan bisa membeli motor agar bia digunakan lebih baik dengan hasil yang lebih besar, lalu berinvestasi. Pemikiran yang seperti itu bisa dijadikan motivasi bekerja dengan cerdas.

Baca Juga: 10 Situs untuk membangun karir

5. Si bodoh dan miskin bisa dibeli harga dirinya

Bagi si bodoh dan miskin, kesempatan untuk ditipu masyarakat yang pintar akan lebih besar. Makanya, kita harus pintar agar tidak ditipu orang orang culas tersebut.

6. Ketika akan keluar dari lubang kelam akan susah

Terkadang lingkungan akan menciobir jika seseorang berusaha sekuat tenaga untuk keluar dari lubang kemiskinan dan kekelaman.
Jika lingkunganmu terbiasa dengan pola pikir yang mengatakan bahwa sekolah hanya buang buang uang, maka ketika ada seseorang yang berusaha keras untuk bersekolah, dia anggap aneh, berbeda. Aku juga dulu pernah disarankan agar tidak perlu sekolah. Lebih baik mengayuh becak agar bisa mendapatkan uang. 

Baca Juga: Pengalaman sekolah bahasa di Gunma Jepang

7. Jika kamu bodoh, maka gajimu kecil

Seseorang yang tidak berpendidikan dan tidak cerdas, maka besar kemungkinan akan mendapatkan gaji yang kecil. Makanya aku sangat setuju dengan beberapa selentingan yang mengatakan bahwa jika seorang anak bodoh, cukup ditraining berwirusaha agar sukses, jika mempunyai kemampuan lebih, maka usahakan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi.

8. Camping di sekolah untuk mengatur ritme belajar

Pernah mendengar istilah menginap di sekolah untuk belajar agar hasil yang didapatkan semakin bagus? Itulah salah satu cara agar merubah kebiasan buruk atau tidak efektif selama ini. Dengan melakukan camp tersebut, cara belajar kita diatur sedemikian rupa agar bisa berasimilasi dengan baik.

9. Jika ada niat baik, maka dukunglah

Dukunglah bagi siapapun yang berniat baik. Karena niat baik merupakah benih yang patut dijaga yang nantinya akan menjadi pohon besar dan rindang yang akan meneduhkan orang yang disekitarnya.

10. Lakukan tes setiap hari

Jika melakukan tes setiap hari, maka kamu akan terbiasa dengan ujian masuk kuliah tersebut. Ritme kita juga akan semakin bagus dalam mengerjakan tes.

Baca Juga: Hal yang harus dibawa saat ujian JLPT

11. Berapa detik untuk satu soal?

Karena setiap soal diberikan waktu, maka kamu akan belajar berapa detik untuk menyelesaikan satu soal. Jika kita telah mengetahui hal ini, maka kita akan lebih efektif dalam mengerjakan soal masuk kuliah atau semacam SNPTN. Misal jika tidak bisa, maka kita harus pindah soal. Jika tetap mengerjakan soal tersebut dan kita susah mengerjakannya, maka akan membuang waktu.

12. Image training

Poin penting agar bisa masuk universitas terkenal ala film Dragon Zakura
Pixabay

Belajar matematika itu seperti image training, yaitu mengimajinasikan sesuatu di dalam otak. Contoh image training di film Dragon Zakura adalah menggunakan teknik pingpong. Pemberi bola akan memberikan soal, dan penerima akan menjawab, lalu memberikan soal kembali ke lawan.
Pemukul 1: 5x2 (lalu seolah melemparnya dengan tangan)
Penerima : 10……….8x2 (melemparkan kembali ke lawan)
Dengan melakukan teknik ini, maka belajar matematika seolah diluar kepala. Jika ada soal, maka mereka akan berfikir secara ortomatis tanpa perlu memikirkannya.
Instantly, Automatically, mechanically.

13. Selalu berikan jeda ketika belajar

Belajar terus menerus dalam jangka waktu lama tidak baik lho. Usahakan selalu istirahat untuk per 30 menit atau 1 jam agar otak bisa refresh. Istirahatnya juga cukup 5 sampai 10 menit saja.

14. Penghinaan dari orang lain bisa menjadi bensin motivasi

Jika kamu pernah dihina seseorang, jangan berkecil hati. Buktikan bahwa omongan dia salah dan kamu lebih baik. Selalu ingatkan diri bahwa kamu hebat, cerdas, baik dan sukses.

15. Hasil belajar butuh waktu

Dengan belajar efektif, kamu bukan tiba tiba menjadi seseorang yang pintar dalam sekejap. Butuh waktu untuk menjadi seseorang yang pintar. Menjadi seorang yang pintar mirip dengan membangun karakter, membutuhkan waktu cukup lama, tapi worth it.

16. Mulailah dari soal yang paling dasar

Jika matematikamu jelek, bisa jadi ketika belajar matematika dasar, kamu banyak yang tidak mengerti. Dengan mempelajari hal yang dasar, kamu akan mempunyai fondasi yang baik untuk belajar hal yang lebih complicated.

17. Lakukan pekerjaan sedari pagi

Sesuai agama Islam, pagi hari itu baik, bahkan kita dilarang untuk tidur setelah sholat shubuh. Dengan melakukan banyak hal dipagi hari, maka rejeki dan kebaikan lainnya bisa didapatkan dengan mudah.

Pada pagi hari, kita bisa berolahraga sambil menghapalkan materi materi untuk tes agar ilmu yang masuk semakin mantap.

18. Buat seperti kompetisi

Ketika kita dilibatkan dalam kompetisi, maka semangat akan naik dan motivasi belajar juga akan semakin membahana. Lakukan dengan teman sebangkumu agar belajar semakin menyenangkan.

19. Kegagalan juga perlu

Kamu pernah gagal dan menyesal? Bagaimana rasanya? Sakit bukan? Gagal dan menyesal ini juga bisa jadi bahan bakar agar kamu lebih persisten lagi untuk berusaha lebih disetiap bidang.

20. Dukungan orang terdekat dibutuhkan

Dukungan seperti orang terdekat sangat dibutuhkan karena akan membentuk lingkungan yang cukup positif. Doa orang tua sangat diperlukan agar seorang anak bisa berhasil.

21. Cari guru terbaik

Ketika mempunyai guru yang mempunyai kompetensi yang baik, maka kemampuan kita juga baik. Ibaratnya, dia mempunyai ilmu seluas lautan, maka seluas itupula kesempatan kita untuk menerima ilmunya.

Baca Juga: Gaji freelance guru bahasa Jepang

22. Cara belajar orang dulu dan sekarang beda

Apakah kamu pernah merasakan dipukul dengan lidi ketika melakukan kesalahan atau tidak bisa dalam suatu hal? Aku pernah, cara tersebut bisa jadi bagus dan tidak. Bagi anak sekarang mungkin hal itu tidak layak karena menyakiti fisik seseorang, tapi pada jaman dulu, mungkin ini cara lumrah untuk mendidik seseorang.

23. Menghitung dengan kartu remi

Jika cara menghitungmu masih kurang bagus, maka gunakan remi untuk melatihnya. Kartu remi dibagi 2, lalu setiap orang akan menambahkan setiap kartunya sampai habis. Peserta yang menjumlahkan dengan benar dan cepat, dialah pemenangnya.

24. Belajar fisika dengan gambar lucu

Dengan media yang lucu dan menarik, belajar lebih mudah. Misalnya ketika belajar fisika tentang gesekan. Maka bukannya gambar segitiga atau kotak yang miring, tapi justru seorang anak kecil yang main seluncuran. Saat berseluncur, celananya melorot. Ini bisa jadi pembelajaran menarik untuk bab gesekan.

25. Belajar sejarah dengan komik

Belajar sejarah merupakah hal yang aku kurang sukai. Kenapa? Karena kita belajar hal yang telah lampau dan tidak berarti. Eits, jangan salah, belajar banyak gunanya. Kita berdiri dengan aman nyaman karena bantuan orang orang dahulu. Jika tidak ada uluran perjuangan orang dahulu, mungkin kita masih merasakan penjajahan dan penderitaan yang kelam.

Jadi, belajar sejarah berarti belajar menghargai diri sendiri dan orang terdahulu. Cara belajar yang menarik adalah dengan membaca komik yang isinya tentang sejarah suatu negara. Aku pernah belajar sejarah Jepang dari film Nobunaga Concerto. Pelajaran jadi menarik karena isinya memang mudah untuk dipelajari.

Bagi yang suka komik, maka bacalah komik sejarah.

Baca Juga: Berapa biaya hidup di Jepang? 6 Juta an?

26. Ada program untuk lulus tes

Jika ingin lulus tes, maka kita harus punya program atau schedule yang cocok agar tujuan kita lulus tes perguruan tinggi terkenal bisa tercapai.

Baca Juga: Mengajar bahasa Indonesia untuk orang asing

27. Pujilah agar harga dirinya naik

Jika seseorang mendapatkan hal bagus, selalu bersikap positif. Pujilah dia agar semakin baik kedepannya. Jangan sekali kali menjatuhkan.

28. Belajar bahasa Inggris dari lagu

Jika ingin belajar bahasa Inggris dengan lancar dan lebih alami, belajarlah dari lagu berbahasa Inggris. Banyak kosakata yang bisa dipelajari dan biasanya lebih gampang diucapkan. Jika hapal lagu tersebut, bukan hanya hiburan yang telah didapatkan, tapi juga bisa bahasa Inggris tanpa kita sadari.

Nyanyikan dengan gerakan juga ya, biar lebih afdol hasilnya.

29. Belajarlah darisiapapun

Jika orang tersebut memberikan kebaikan, maka orang tersebut bisa dijadikan guru untukmu. Tidak peduli darimana asalnya. Jika memberikan ilmu baik padamu, hormati dan belajarlah dari mereka.

30. Musuh dan teman menjadi penyemangat

Jika ada musuh atau lawan dalam suatu pertandingan, maka kita akan selalu aware, selalu terpacu untuk memotivasi diri agar lebih baik. Ada kawan juga sama. Mereka bisa mensupport ketika kita dalam kondisi yang kurang bagus. Jika hanya sendiri, maka tidak ada tantangan yang berujung pada kepuaan diri dan menjadi pribadi yang stagnan.

31. Pilih jurusan yang kesempatan masuknya lebih besar

Agak risih sih sebenarnya, tapi jika kita masuk ke jurusan yng kesempatannya diterimanya lebih besar, maka semakin baik kita akan diterima. Jika kita keukeuh masuk ke jurusan yang banyak peminatnya, maka hal ini akan menyulitkan kita juga.

32. Memory tree

Poin penting agar bisa masuk universitas terkenal ala film Dragon Zakura
Pexels

Ketika menghapal sesuatu, gunakan cara memory tree. Memory tree adalah mengingat sesuatu dengan sebuah cerita. Jadi kata yang dipelajari bukan kata tidak bermakna, tapi kata dari sebuah cerita yang bermakna.

Contohnya adalah kita diminta menghapalkan 10 kata dalam bahasa Inggris. Jika kita menghapalkannya tanpa cerita, maka akan membosankan dan juga tidak seru. Tapi jika dibuat cerita, maka akan selalu diingat.

Untuk contoh ini, aku mengaplikasikannya pada saat belajar bahasa Jepang dengan huruf hiragana agar muridku bisa menghapal urutannya dengan benar. Aku menamainya "a kesetanan ha maya rawan."

Itulah beberapa hal atau poin penting jika ingin belajar lebih efektif.

Baca Juga: Modul bahasa Jepang Lengkap Pemula

Note: Akhirnya bisa buat artikel dengan lebih dari 2500 kata.
Aku pikir aku nggak akan bisa buat artikel sebanyak 2500 kata lebih untuk fujiharu.com. Tapi, jika artikel atau isi bacaan yang kita buat digabung dengan cerita personal, maka kata kata yang keluar diotak mengalir begitu deras. Aku sampai tidak percaya bisa melakukan semua hal ini. Mungkin ini juga manfaat menulis efektif untuk artikel. Soalnya bisa menghamburkan kata kata lebih dari ribuan. Padahal sebelumnya tak pernah terpikirkan sama sekali. Yosh. Banzai!
Fuji Haru
Fuji Haru Hi, semoga tulisan sederhana ini bisa membantu.

No comments for "Poin penting agar bisa masuk universitas terkenal ala film Dragon Zakura"

Berlangganan via Email