Benarkah service di AHASS mahal? - Fujiharu.com
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Benarkah service di AHASS mahal?

Fujiharu.com - Benarkah service di AHASS Honda mahal? Iya, memang mahal, tapi tergantung kebutuhan service dan juga pergantian apa yang dimaksud juga, lho. Malah jika kamu ambil paket servis AHASS bisa lebih murah.

Benarkah service di AHASS mahal?
Biaya servis AHASS

Ini adalah pengalaman yang aku lakukan ketika servis motor Honda Vario 2013 di bengkel motor Honda langganan. Nama AHASS yang sering aku gunakan dan keluarga gunakan adalah Intan Motor CV di Jalan Karang Satria, Tambun, Bekasi Utara. Tempatnya dekat kuburan dan berada di pinggir jalan raya.

Sebelum lanjut bercerita kenapa servis di AHASS mahal, aku ingin cerita dulu tentang AHASS langganan aku ini.

Agar terjamin keaslian dan awet kualitasnya

Aku menggunakan bengkel AHASS karena kebetulan motorku adalah merk Honda jenis Vario 2013. Jika motorku Yamaha, maka aku juga mungkin akan ke bengkel resmi Yamaha.

Lalu, aku dikenalkan oleh kakak yang menyarankan agar jika service di tempat tersebut. Disamping karena bengkel resmi Honda, juga tempatnya dekat dan nyaman. Sebenarnya ada yang lebih dekat dari rumah, tapi karena aku sudah langganan dari pertama aku beli motor sampai sekarang, maka aku lebih suka Intan Motor.

Intan motor berada dipinggir jalan dan dekat dengan kuburan. Tempatnya hampir sama dengan bengkel lainnya, tapi lebih luas dan pelayanannya yang ramah.

Ketika datang ke bengkel resmi AHASS, usahakan datang 2 jam sebelumnya agar bisa dilayani dengan cepat. Antri bingo! Misal antripun tidak terlalu lama. Aku biasanya datang pas jam setengah 3, soalnya bengkel tutup jam setengah 5 biasanya. Alhamdulillah setelah ashar sudah selesai.

Jika banyak pelanggan, aku juga pernah tidak kebagian dan pernah jengkel juga sih. Soalnya pas bagian aku, justru bengkel tutup. Mereka menyarankan aku datang pagi pagi, tapi karena bete duluan, pundung, tidak servis ditempat tersebut. Hahaha. Harusnya jika tidak bisa melayani lagi, bilangnya harus lebih cepat. Nah aku datang dan menunggu dan antri selama 4 jam lebih, tidak bisa dilayani.

Ya namanya juga hubungan ya. Ada bagus dan tidaknya, tapi aku tetap datang setelah dikecewakan juga. Soalnya aku sudah terbiasa datang disitu. Masalah harga juga sebenarnya sama sih, tapi aku lebih nyaman saja di bengkel AHASS tersebut.

Tempat menunggu juga asyik dan nyaman. Kita bisa pilih mau yang ber AC dengan TV atau tanpa AC dengan TV. Ada snack gratis dan juga minuman gratis yang disediakan.

Aku sarankan bawa hape yang diisi dengan bacaan atau film, soalnya bisa jadi penghibur saat suntuk menunggu.

Baca Juga: Biaya service motor Honda Vario di AHASS

Lalu benarkah service di AHASS mahal?

Benarkah service di AHASS mahal?
Pixabay

Balik lagi aku tanya. Seberapa berat kamu akan servis? Jika servis ringan, maka akan hemat kok. Bahkan di bengkel AHASS, kita bisa tanya terlebih dahulu.

Ini yang aku suka dari karyawan atau montir AHASS. Jika ada pergantian, mereka akan menawarkan apakah dipasang atau tidak. Misal kita tidak mau pasang sesuatu, maka mereka juga tidak masalah. Kita serasa punya mekanik sendiri karena bisa langsung konsultasi saat itu juga.

Seperti har ini. Aku service Honda Vario 2013 aku yang menghabiskan biaya Rp. 715.500. Mahal banget ya. Tapi sepadan kok.

Rincian biaya servis di bengkel resmi AHASS:

1. Biaya pelayanan Rp. 165.000 

Penggantian belt drive; servis paket lengkap perawatan; penggantian ban depan

2. Barang yang dibeli Rp. 550.500

Belt drive kit; face drive; cairan injeksi; face comp movable drive; bulb winker; oli MPX; ban depan

Hasil Servis di bengkel resmi AHASS

Keselurahn barang itu memang sangat mahal, tapi sesuai sih, soalnya perbedaan ketika sebelum diservice dan sesudahnya sangat terasa sekali.

Keluhan kerusakan motor Vario

Inilah beberapa keluhan yang aku berikan kepada montir dan juga petugas yang mencatat hal hal yang akan diperbaiki.

1. Service lengkap
2. Rem belakang perbaiki karena kurang pakem remnya
3. Lampu depan kadang mati dan hidup
4. Lampu belakang mati
5. Motor bersuara kasar dan bergetar keras ketika jalan pertama
6. Ban depan ganti karena sudah botak
7. Susah starting

Kurang lebih itulah keluhan yang aku berikan. Setelah dicek dan dibongkar, ternyata ada banyak yang rusak. Entah namanya apa, tapi bentuknya bulat dan keras, katany sudah botak, maka aku ganti. Lalu servis injeksi. Karena sebelumnya sepertinya aku belum pernah melakukannya, maka aku lakukan.

Biaya mahal yang aku bayarmasih terjangkau sih, karena setelah digunakan, ternyata motor kembali nyaman. Suara jadi adem dan starter jadi cepat.

Baca Juga: Pengalaman Service Motor di Honda AHASS Bekasi, Menyebalkan!

Simulasi harga

Sebelum ada pergantian, biasanya montir akan memanggil kita dan memberikan penjelasan mana yang perlu diganti dan tidak. Jika kita menolak, tidak masalah kok. 

Lalu simulasi biaya juga akan diberikan. Misal terlalu mahal servis yang diberikan, maka kamu bisa pilih bagian mana saja yang perlu dieliminasi.

Saran

Bahkan, ada saran juga lho di bagian bawah kwitansi. Kita diminta datang lagi ketika Km telah lebih dari 56.000 km.

Masih bilang AHASS mahal? Sesuai kok. Barang yang ada di AHASS asli dan sudah pasti awet, jadi kita puas memakainya.

Baca Juga: Cara Menambal Ban Tubeless; 5 Menit Selesai

Bagi yang ingin ganti di bengkel bengkel pinggir jalan dan bukan bengkel resmi, atau di bengkel biasa, itu juga bisa kok. Sesuaikan saja budgetmu. Aku juga jika kepepet dan tidak ada duit, maka menggunakan bengkel tersebut. Biasanya sih harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan bengkel biasa, tapi kita tetap waspada ya barangnya asli atau bukan. Soalnya aku pernah menggunakan lampu palsu untuk lampu sorot depan Vario dan akhirnya terbakar. Aku harus menggantinya sepaket dan harganya sekitar 350 ribu lebih. Sampai saat ini aku masih belum beli.

Ya harus kerja terlebih dahulu agar dapat uang lebih ya. Bagi yang ingin kerja di Jepang, bisa baca baca ini agar dapat penghasilan sendiri.

Itulah pengalamanku menggunakan jasa bengkel resmi HONDA AHASS di Bekasi. Semoga informasi ini membantumu ya.
Fuji Haru
Fuji Haru Hi, semoga tulisan sederhana ini bisa membantu.

Post a comment for "Benarkah service di AHASS mahal?"