Taylor Swift 'folklore' 4 minggu bertengger secara beruntun di Billboard Album 200 - Fujiharu.com
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Taylor Swift 'folklore' 4 minggu bertengger secara beruntun di Billboard Album 200

Fujiharu.com - Taylor Swift dengan surprise albumnya telah menggemparkan jagat musik dengan merilis Album 'folklore' yang sudah dipastikan langsung bertengger di nomor satu Bilboard Album 200 dengan capaian penjualan album diminggu pertama sebanyak lebih dari 800.000 keping album. Single pertama yang diusung folklore adalah cardigan.


Folklore merupakan album terbaru dari mantan penyanyi country Taylor Swift. Album sebelumnya (Lover) juga sukses dipasaran dengan penjualan tertinggi di minggu pertama sebanyak 800.000 keping lebih.

Album terbaik setelah 1989

Namun folklore terasa istimewa karena kritik yang berkembang sangat memuji album terbaru dari Taylor tersebut. Bahkan bisa dibilang hampir sama bagusnya dengan album terdahulu Taylor Swift saat resmi mengganti genre musik dari country ke pop: 1989.

Hal istimewa yang ada di folklore adalah daya surprise album, lirik lagu yang puitis, song writing jenius, produktif saat pandemi corona dan tentu saja isinya benar benar sebuah karya, bukan saja sebuah pembuktian Taylor terhadap kritik yang dia terima

Terkait kritik yang Taylor terima, ini berkaitan dengan album reputation yang jika menilik dari segi penjualan, sangat hebat karena di minggu pertamanya bisa menembus 1,2 juta, tapi jika melihat sebagai seni, ini merupakan album yang lebih banyak menjual sensasi yang beredar terkait perseteruan Taylor dan Kanye, beserta istrinya Kim Kardashian.

Baca Juga: Resmi: Album Taylor Swift 'Lover' terjual 867.000 kopi di minggu pertama

folklore mengusung genre alternatif

folklore sangat berbeda dengan album sebelumnya. Bahkan banyak yang mengira bahwa Taylor berpindah genre dari pop ke musik alternatif. 

Musik alternatif merupakan musik yang lebih kearah indi. Musik yang lebih asyik didengarkan jika sendirian, duduk memikirkan masa depan dengan secangkir kopi di teras rumah. Musiknya membuat adem suasana.

Penjualan folklore album

Surprise yang diberikan Taylor Swift sebenarnya sangat berbeda dengan surprise yang dilakukan Queen Bee dengan tanpa aba aba. Beyonce just dropped the album to the internet. They wild. Untuk Swift, 1 jam sebelumnya dia menginformasikan bahwa dia akan merilis sebuah album dan duniapun gempar.

folklore terjual 800 ribu keping di minggu pertama perilisan, lebih sedikit dibandingkan album Lover (2019). Meskipun lebih sedikit, hanya Taylor Swift yang bisa membuat rekor perilisan album tersebut terasa spesial. Hampir semua albumnya terjual 500.000 keping di minggu pertama perilisan. Dialah pemegeang pertama sebagai penyanyi yang menjual album terbanyak di 2019 dan 2020, meskipun hanya beberapa minggu.

Single cardigan juga melesat ke Hot 100 Billboard menuju puncak tanpa ada yang bisa mengejarnya. Bahkan menurut data Billboard, penjualan cardigan dengan chart no 2 perbedaanya hampir 2 kali lipat. Taylor Swift juga dinyatakan sebagai penyanyi pertama yang mempunyai album no 1 Billboard 200 dan single no satu di Hot 100 Billboard secara bersamaan. Bahkan Beyonce juga belum bisa membuat rekor seperti Taylor. Saat ini, belum ada seorangpun.

Baca Juga: Tour 'Lover' Taylor Swift telah diumumkan

Bertengger di posisi no 1 Billboard 200

Taylor Swift 'folklore' 4 minggu bertengger secara beruntun di Billboard Album 200

Sampai tanggal 26 Agustus 2020, album folklore bertengger diposisi pertama Billboard 200 selama 4 minggu berturut turut. Perolehan ini juga bukan hanya di US, tapi juga di Australia. Hanya sayang, folklore Taylor Swift hanya bertahan di minggu ketiga untuk chart UK.

Baca Juga: Download Lagu Taylor Swift - Beautiful Ghosts

Agar tetap bertahan di Billboard 200

Taylor Swift masih mencoba agar album folklore tetap digdaya dengan berbagai strategi yang dilakukan. Setelah sebelumnya melakukan surprise album, kini strategi baru telah dilakukan:

1. Mengeluarkan single cardigan dengan versi yang berbeda (asli)
2. Memberikan album dengan tandatangan di toko musik tradisional
3. Taylor Swift memberikan tematik song sesuai isi lagu di folklore. Saat ini telah dibagi menjadi The Escapism Chapter, The Sleepless Nights dan The salt box house
4. The Lakes (bonus track) baru dimunculkan di streaming music

Single folklore

Secara resmi, single yang telah meluncur adalah cardigan yang telah mencapai posisi satu Billboard 100, lalu dilanjutkan single Exile yang telah mencapai puncak di posisi 6 dan single ketiga adalah Betty yang dijadikan sebagai single country.

Baca Juga: 8 Playlist Lagu Natal Terbaik

Folklore merupakan anugrah yang diberikan Taylor kepada fans loyalnya. Banyak yang mengira bahwa Taylor akan merilis video klip baru untuk satu single Cruel Summer dari album Lover (2019), tapi mereka justru mendapatkan hadiah yang lebih besar.

Lalu, bagaiamana konser tahun depan ya? Apakah konser Lover dan folklore akan digabung? atau justru akan ada kejutan lain dari Taylor Swift?
Fuji Haru
Fuji Haru Hi, semoga tulisan sederhana ini bisa membantu.

Post a comment for "Taylor Swift 'folklore' 4 minggu bertengger secara beruntun di Billboard Album 200"