8 Tips belajar bahasa Jepang bagi pemula - Fujiharu.com
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Tips belajar bahasa Jepang bagi pemula

Fujiharu.com - Apakah kamu pembelajar bahasa Jepang pemula? Bagaimana cara cepat belajar bahasa Jepang secara otodidak? Buku apa yang baik digunakan untuk belajar bahasa Jepang bagi beginner? Apakah nanti bisa berbicara bahasa Jepang sehari hari? Jika untuk bisnis bagaimana?


8 Tips belajar bahasa Jepang bagi pemula


Jika kamu mempunyai pikiran seperti itu, wajar kok, malah bagus karena dipikiran kamu ada hal-hal yang bisa membuatmu semakin semangat untuk menambah kemampuan diri agar berkembang lebih baik.

Belajar bahasa baru: Bahasa Jepang

Ada banyak bahasa yang bisa kamu pelajari tergantung dengan kebutuhan, keinginan atau karena ngetrend nya bahasa tersebut. Beberapa contoh yang bahasa yang cukup marak dipelajari di Indonesia adalah bahasa Arab, Bahasa Inggris, Bahasa Jepang, Bahasa Korea, Bahasa China, dan Bahasa Spanyol.

Bagi aku, karena saat SMA bahasa Jepang menarik, maka aku mempelajarinya. Lain lagi dengan bahasa Inggris yang banyak dipelajari oleh kita semua karena bahasa Inggris semacam bahasa standar kedua jika ingin sukses berkarir. Bahasa Korea banyak dipelajari karena invasi KPOP, Kdrama dan juga makanannya yang membuat siapapun saranghae pada bahasa Korea. Apalagi dengan oppa dan juga unni yang imut imut. Untuk bahasa China sendiri, banyak yang mempelajari bahasa tersebut karena China saat ini menjadi salah satu pemegang ekonomi terkuat di dunia, selain Amerika Serikat. 

Bagaimana dengan bahasa Spanyol? Musik latin juga telah menginvasi dunia musik. Makanya jangan salah jika kamu sering mendengar lagu berbahasa Spanyol yang mengalun dan bahkan hist dimana mana. Salah satu lagu Spanyol hits adalah Despacito. Lalu bahasa terakhir yang cukup banyak peminatnya adalah bahasa Arab. Agama Islam kini semakin mengukuhkan diri untuk menjadi agama terbesar, mengejar agama Kristen sebagai agama terbesar di dunia. Karena agama Islam identik dengan bahasa Arab, maka banyak juga yang belajar bahasa Arab agar lebih mengerti kitab suci Alquran dan bisa berkomunikasi baik dengan bahasa Arab.

Bahasa-bahasa tersebut memberikan nilai plus tersendiri bagi pembelajar manapun. 

Baca Juga: Berapa Gaji Interpreter Bahasa Jepang?

Kesulitan belajar bahasa Jepang bagi pemula

Bagi pembelajar pemula, belajar bahasa sangat mengasyikkan, tapi juga menakutkan. Kamu memasuki dunia baru yang sama sekali tidak kamu mengerti. Maka agar tidak begitu menakutkan, ada baiknya kamu juga mempunyai trik dan tips khusus agar belajar menyenangkan dan hasil belajar juga lebih maksimal.

Berikut ini adalah 8 Tips dan trik yang aku dapatkan dari Mori, seorang vlogger yang telah belajar bahasa Jepang (How I Learn and Study Japanese - Tips for Beginners When Studying Nihongo).



Isi tips yang dia cantumkan untuk pembelajar pemula sangat relevan bagi siapun yang sedang belajar bahasa Jepang. Bahkan tips ini juga berlaku bagi pembelajar tingkat lanjut. Dijamin tidak akan membosankan dan semakin menarik.

Sebelum lebih lanjut lagi ke tips dan trik dari Mori no seikatsu, ada baiknya pembelajar pemula belajar huruf bahasa Jepang yang terdiri dari Hiragana, Katakana dan Kanji.

Huruf huruf tersebut dipelajari dari Hiragana yang digunakan untuk segala hal, Katakana yang digunakan untuk kosakata asing dan Kanji, huruf yang mempunyai arti. Ketika kamu belajar huruf bahasa Jepang, maka kunci sukses belajar bahasa Jepang bagi pemula bisa didapatkan dengan lebih mudah.

Cara belajar huruf kana (hiragana dan katakna) bisa dipelajari melalui aplikasi, asosiasi, online atau juga menulis berulang kali dikertas. Cara terbaiknya sih menulisnya berulang ulang sampai bisa.

Baca Juga: Berapa Gaji Kerja di Jepang?

1. Buat schedule untuk belajar

8 Tips belajar bahasa Jepang bagi pemula

Buat schedule belajar agar kamu bisa konsisten belajar bahasa Jepang dan mencapai target yang diinginkan. Memang cukup susah untuk konsisten, tapi dengan melihat schedule yang telah ditulis dan terpampang, kamu tetap dijalur yang tetap agar sukses belajar bahasa Jepang.

Schedule belajar bisa dibagi menjadi menonton video bahasa Jepang, membaca buku dan mempraktekkan kanji.

Jangan lupa juga, buat note atau catatan untuk belajar bahasa Jepang. Misal kamu baru belajar sesuatu atau kamu telah bisa sesuatu, maka catatlah agar kamu mengetahui seberapa berkembang kemampuanmu.

2. Coba cara lain untuk belajar

Setiap orang mempunyai cara belajar yang beda. Ada yang suka baca buku, nonton anime, mendengarkan musik atau bahkan langsung praktek. 

Ubah kebiasaan belajarmu dengan cara yang lain. Hal ini akan membuat hasil pembelajaran bahasa Jepang semakin unik dan menghasilkan kualitas yang baik lagi dalam belajar.

Buku yang biasa digunakan untuk belajar bahasa Jepang adalah buku Minna no nihongo. Buku bahasa Jepang ini sering digunakan di tempat kursus, perkuliahan bahkan sekolah bahasa Jepang.

Baca Juga: Download Minna no Nihongo 2nd edition pdf

Kamu bisa juga mencari kamus online Shirabe jisho untuk belajar bahasa Jepangnya. 

Aplikasi lainnya adalah Duolinggo. Kamu bisa check bahasa Jepangmu secara tulisan dan juga mendengarkannya secara langsung. 

Bagi yang level lebih tinggi, bisa coba aplikasi TODAI. Isinya berupa soal JLPT dan juga berita berita pendek dalam bahasa Jepang.

Silahkan coba juga Mytest yang berisi tes tes bahasa Jepang yang lebih mendalam.

3. Tulis, tulis dan tulis

Semakin sering kamu menulis bahasa Jepang, maka akan semakin cepat kamu bisa. Cara ini juga bagus dalam menghapal Kanji yang mempunyai jumlah ribuan huruf.

Tulis juga kesimpulan ketika kamu telah belajar bahasa Jepang agar selalu teringat. Usahakan membaca data data tadi pada pagi hari agar selalu ingat Kanji.

Baca Juga: Daftar Materi Bahasa Jepang

4. Baca, baca dan baca

Jika kamu suka baca komik atau manga, maka membaca bahasa Jepang akan sangat menarik. 

Silahkan coba buka website crunchy nihongo. Isinya tentang cerita cerita dalam bahasa Jepang. Jangan lupa juga ditulis, dan dibaca agar bisa.

5. Menonton anime, seri atau film Jepang

Ada banyak anime atau film seri Jepang yang berkualitas untuk ditonton. Inuyasha, Cardcaptor Sakura, Naruto, Conan bisa menjadi film yang dijadikan media belajar bahasa Jepang sehari hari.

Salah satu cara mudah agar familiar dengan bahasa Jepang adalah menonton anime karena sangat mudah didapatkan. Bisa menonton TV atau mencarinya di internet.

Tontonlah film tersebut dengan bahasa asli yang ada subtitlenya, bukan film yang telah didubbing.

Lalu, tirukan intonasi atau ucapan yang ada dalam film sewajar dan senormal mungkin seperti orang Jepang asli.

6. Mendengarkan lagu berbahasa Jepang

Jika kamu suka musik, mendengarkan lagu berbahasa Jepang juga mengasyikkan lho. 

Kamu bisa mendengarkan dari grup band, solois, atau girlband baru besutan JYP yang baru rilis: Niziu yang berjudul make you happy. Dijamin kamu akan happy dan tanpa sengaja bisa bahasa Jepang dengan baik.

7. Mencari inspirasi

Tanyakan pada dirimu sendiri, kenapa belajar bahasa Jepang? Banyak alasan untuk menjawabnya. Bisa jadi ingin tinggal di Jepang, bisa menonton anime tanpa subtitle, dll.

Selalu ingat ketika belajar bahasa Jepang, "itulah tujuanmu."

Baca Juga: Download buku bahasa Jepang Irodori versi bahasa Indonesia

8. Praktek

Ini kunci paling penting dalam belajar apapun. Selalu praktekkan materi atau pembelajaran baru agar bisa berguna.

Dengan mempraktekkan 8 tips di atas, insya allah bahasa Jepangmu akan semakin baik lagi. Kamupun tidak akan lagi menjadi pembelajar pemula, tapi pembelajar tingkat lanjut atau level bisnis.

Semoga sukses ya.
Fuji Haru
Fuji Haru Hi, semoga tulisan sederhana ini bisa membantu.

Post a comment for "8 Tips belajar bahasa Jepang bagi pemula "