Cara donor darah di PMI Bekasi - Fujiharu.com
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara donor darah di PMI Bekasi

Fujiharu.com - Manfaat setelah donor darah di PMI Bekasi hari ini membuatku merasa bugar dan tidurpun lebih nyaman. Badan yang biasa aku rasakan tidak bergairah kini lebih enak. Bahkan lebih ringan. Yang terpenting, aku telah bersedekah dengan darahku dan semoga bisa berguna bagi orang yang membutuhkan darah.

Cara donor darah di PMI Bekasi

Niat untuk berdonor darah sebenarnya telah lama aku lakukan. Awalnya badanku sering merasa tidak nyaman atau sakit. Daripada aku bekam yang hanya membuang darah kotor, aku lebih baik mendonorkan darahku di Palang Merah Indonesia (PMI) karena akan digunakan bagi orang lain. Bekam juga bagus kok, kan dianjurkan rosulullah. Hehehe.

PMI yang ada disekitar kostan saat di Karawang sangat dekat, tapi karena malas dan ada keperluan juga, akhirnya tidak pernah kesampaian untuk mendonorkan darah.

Ketika aku ada niatan untuk menggunakan seamless wifi id di Telkom corner (pemburu gratisan internet), aku sekalian ke PMI terdekat di daerah Cibitung, Bekasi.

Baca Juga: Mencari donor darah golongan darah O

Jam kerja PMI

Jika kamu ingin mendonorkan darah, kamu bisa datang ke PMI terdekat di kotamu yang biasanya akan buka dari hari Senin - Sabtu mulai pukul 08.00 - 20.00. Jadi, tidak ada alasan jika PMI tutup ya.

Bagaimanakah cara donor di PMI?

Cara donor darah di PMI Bekasi

Kita cukup datang ke PMI terdekat untuk mendonorkan darah kita. Tapi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mendonorkan darah ya.

Syarat donor darah

Syarat donor darah sebenarnya gampang kok. Kamu berusia 17 tahun keatas, berat lebih dari 45 kg, tidak ada penyakit dan tidak sedang hamil. Kamu bisa membacanya di syarat mendonorkan darah.

Manfaat donor darah


Manfaat atau efek yang akan kita rasakan jika mendonorkan darah selain bagus untuk kesehatan adalah kita akan mendapatkan pahala mengalir terus, soalnya darah yang kita bagikan akan digunakan oleh orang lain. Benar bukan?

Bayangkan kebaikan yang akan terus kita terima kedepannya. Asyik, bukan? Ayo, jangan ragu untuk berdonor.

Jika menyangkut kesehatan, pastinya tubuh bugar. Soalnya aku sering merasakannya. Ketika badan tidak terasa bergairah, maka setelah berdonor darah, badan lelah serasa hilang. Bahkan ketika tidur juga sangat nyenyak. 

Hanya saja, tangan yang telah digunakan untuk disuntik agak terasa linu. Kata dokternya sih wajar, tapi hanya saat itu saja. Setelahnya kembali seperti sediakala.

Bagi yang membutuhkan darah dari PMI

Cara donor darah di PMI Bekasi

Jika membutuhkan darah, kamu juga bisa datang ke PMI terdekat untuk meminta darah, atau membawa serta pendonor ke PMI yang nantinya akan dibantu oleh petugas medis saat mendonorkan darah.

Jika mendonor secara sukarela, maka darah yang akan didistribusikan bisa kemanapun, tapi jika kamu mendonorkan darahnya untuk seseorang, maka darah itu akan langsung diserahkan pada yang berhak tersebut. Untuk masalah biaya, silahkan tanyakan ke PMI terdekat. Mungkin akan bayar, tapi bukan karena untuk membeli darahnya, tapi untuk biaya pengelolaan darah tersebut.

Bagi yang mendonorkan darah, kita juga akan mendapatkan bingkisan dan juga kartu donor darah gratis dari PMI. Soalnya jika minta keterangan surat golongan darah, sepertinya bayar.

Bingkisan yang akan diterima berbeda beda. Untuk bingkisan hari ini, aku mendapatkan sekantong makanan dan minuman. 

1. Minuman botol 330 ml

2.  Yakult sebotol

3. Mie ABC cup

4. Wafer

5. Minuman kacang hijau

Pengalaman donor darah di PMI Bekasi

Aku langsung ke PMI bekasi di daerah Cibitung dan mengutarakan pada petugas jaga bahwa ingin donor. Nanti akan ada pertanyaan seperti apakah pernah mendonorkan? Dimana mendonornya? Punya kartu donornya? Dll. Silahkan jawab jujur ya.

Pertanyaan lain juga diutarakan seperti apakah bertato, hamil, menstruasi, sukarela, dll. Silahkan jawab secara benar.

Karena kartu donor aku lupa disimpan dimana, aku dianggap pendonor baru dan diminta mengisi formulir yang isinya mengatakan bahwa kita sehat, tidak ada keluhan jantung atau paru, dll.

Tekanan darah dites

Cara donor darah di PMI Bekasi

Kita akan diperiksa terlebih dahulu apakah tekanan darah kita normal atau tidak. Bahkan, kita juga diminta makan min 3 jam sebelum donor dan tidur cukup minimal 5 jam malam sebelumnya.

Alhamdulillah kata dokter tekanan darahku normal. Ini penting lho, soalnya ada teman aku yang akan mendonorkan darahnya, saat dites, ternyata darahnya naik, maka dia gagal mendonorkan darahnya.

Selesai diperiksa tekanan darahnya, aku dites darahnya dengan menusukkan jarum ke ujung jari. Agak kaget, tapi tidak begitu sakit, kok. Lalu hasil darah akan digunakan untuk mengecek golongan darah.

Golongan darah aku adalah B, bahkan keluarga ayah hampir semuanya B. Kadang berfikir, semoga bukan golongan darah bangsat. Hehehehe, soalnya jika aku baca dibeberapa buku, karakter golongan darah B itu katanya kurang menyenangkan. Hahahaha. Tidak percaya sih, cuma bagi yang percaya, bikin illfeel. 

"Halo seseorang yang ada di Jepang saat ini!" (smirk).

Lalu aku akan masuk ruangan yang nyaman dan dingin. Kita akan berbaring dan rebahan. Lalu seorang petugas medis akan mengambil darah kita. Saat menunggu, kita bisa menggunakan hape dengan wifi gratis yang telah disediakan PMI Bekasi. Tapi dilarang untuk mengambil foto, suara atau video.

Baca Juga: Pengalaman mengikuti Al Waqiah 30 hari challenge

Proses donor darah dari awal sampai akhir tidak lebih dari 30 menit. Sangat cepat. Hanya saja, pas keluar dari dalam ruangan PMI, aku kebingungan untuk keluarnya. Jalan keluarnya serasa labirin di film Maze Runner. Hahahahaha.

Alhamdulillah aku telah berdonor darah. Aku juga diminta datang untuk kembali mendonorkan darah 3 bulan kedepan (disecarik kertas). Pengalaman berdonor darah ini juga sebagai rasa berterima kasih aku karena ketika ibuku membutuhkan darah O, lalu mencari di PMI tidak ada dan banyak teman teman yang bersedia untuk membantu. Terimakasih ya Allah dan teman teman semua.

Ayo, bagikan darahmu ke sesama!

Post a comment for "Cara donor darah di PMI Bekasi"