Apakah bengkel ahass mahal? Tidak, sesuai kok - Fujiharu.com
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apakah bengkel ahass mahal? Tidak, sesuai kok

Fujiharu.com - Apakah bengkel ahass terkenal mahal? Mungkin iya, tapi servicenya sesuai kok. Bahkan, aku sama sekali tidak pernah bosan untuk service berkala di bengkel resmi HONDA ini. Apakah hasilnya bisa disejajarkan dengan Planet Ban yang terkenal dengan jargon service 39 rb?

Apakah bengkel ahass mahal? Tidak, sesuai kok
reflector semakin bagus

Beberapa bulan terakhir ini aku selalu service di AHASS. AHASS merupakan Astra Honda Authorized Service Station atau lebih gampangnya adalah bengkel resmi Honda. Bukan beberapa bulan ini, tapi selalu service di bengkel resmi Honda. Aku selalu melakukan cek rutin, paling lama biasanya 6 bulan sekali. Jika paling cepat biasanya 2 bulan sekali jika memang ada kerusakan yang memang harus diperbaiki. Selebihnya aku mendatangi bengkel resmi Honda karena service rutin ganti oli, dll.

Baca Juga: Biaya service motor Honda Vario di AHASS

Untuk service kali ini, aku juga menghabiskan dana yang tidak sedikit dengan bayar service AHASS sekitar Rp. 755.000. Bukan angka yang sedikit mengingat situasi dan kondisi keuangan saat ini akibat covid 19. Tapi dengan jumlah uang yang aku keluarkan, ternyata hasilnya bisa membuat hidupku lebih nyaman.

Kerusakan motor Vario

Apakah bengkel ahass mahal? Tidak, sesuai kok

Motor varioku telah mengalami kerusakan dengan starter yang sering mati atau tidak jalan, makanya aku sering menggunakan sela jika akan berangkat kerja atau ke suatu tempat. Dengan sela, sebenarnya tidak masalah karena langsung nyala juga, tapi paling males jika harus menaikkan standar tengah dulu yang terkadang cukup berat. Makanya aku ingin starter dibetulin. Berhubung kerjaan dan uang juga lagi sakit, maka keinginan itu aku urungkan.

Setelah aku mendapatkan rejeki lebih, aku langsung memperbaiki motor vario ku. Berharap segera diperbaiki dan kerjaan semakin lancar. Tahu sendiri jika buru buru, lalu starter susah dinyalan maka buat aku uringan. Kerjaan jadinya ikutan kendor juga.

Kerusakan yang aku rasakan untuk Vario 2013 ini juga terkait lampu depan yang sering sekali mati. Semenjak aku ganti lampu lebih terang di bengkel jalanan, ternyata membuat soket lampu rusak karena terlalu panas yang membuat komponen lain uga ikutan rusak. Bahkan beberapa tempat telah meleleh.

Setelah insiden itu, aku jarang sekali melakukan pergantian di bengkel jalanan, mungkin karena saat itu mendapatkan hal yang kurang enak, makanya aku tidak melakukan service di bengkel pinggir jalan. 

Awal bayar sih murah, tapi setelah rusak, justru kerusakan lain ikut memperparah, bahkan semakin parah. Buktinya adalah dengan aku harus mengganti reflektor yang seharga hampir 400 ribu. Padahal ketika aku mengganti lampu depannya, aku cuma bayar sekitar 15.000. Parah banget, bukan?

Tapi yang salah aku juga sih. Aku saat itu minta ke montirnya agar lampu depan Varioku lebih terang dan mereka menyarankan menggunakan lampu LED. Nah, inilah salah aku dan juga mereka. Aku mengiyakan dan mereka tidak memberitahukan apa efek buruk jika mengganti dengan lampu LED.

Bagi motor yang dari pabrikannya dibuatkan lampu LED, maka sah sah saja ketika mengantinya dengan LED juga, tapi bagi motor Vario 2013 aku, hal itu bukan hal yang bagus. Kenapa? Karena akan membakar bagian dalam motor ketika panas. Tidak cocok.

Jika kita service di AHASS, maka kebaikan dan keuntungan yang akan aku terima juga diinfokan. 

Keuntungan service di AHASS

Salah satu hal yang aku sukai saat service di AHASS adalah:

1. Orangnya ramah

Aku belum pernah bertemu orang orang AHASS yang mukanya jutek. Mungkin karena mereka ada afiliasi dengan perusahaan Jepang yang terkenal dengan jasa yang bagus, maka bengkel resmi juga mempunyai SDM yang ramah. 

Muka mereka yang letih dan juga capek berusaha tidak ditunjukkan ke customer, sehingga customerpun senang.

Baca Juga: Pengalaman Service Motor di Honda AHASS Bekasi, Menyebalkan!

2. SDM Handal

Setiap ada kesalahan apapun, kayaknya selalu diatasi dengan mudah. Aku bahkan belum pernah datang kembali untuk service ulang ketika baru selesai diservice. Biasanya sih ada waktu seminggu jik ada hal yang kurang enak pasca reparasi, maka kita bisa datang untuk konsultasi. Tapi, aku tidak pernah melakukannya karena service mereka selalu bagus.

3. Harga terjangkau

Aku bilang harganya terjangkau, karena memang tidak murah dan tidak mahal. Kita bisa membandingkan harga yang ada di AHASS dan bengkel pinggir jalan tidak berbeda jauh. Ya, aku sih lebih sepakat harganya lebih mahal sedikit dari bengkel pinggir jalan.

4. Kualitas OK

Ini nih yang buat aku suka bengkel resmi Honda. Barang yang mereka sediakan kualitasnya ok, soalnya resmi kali ya. Aku tidak pernah khawatir bahwa barang yang aku terima palsu atau imitasi karena berada langsung di naungan AHASS.

5. Entertaining

Iya, ada TV, rungan dingin ber AC, internet gratis, dll. Gimana tidak asyik tuh? Jadi meskipun menunggu lama untuk memperbaiki motor kita, ada kegiatan lain yang bisa kita habiskan agar tidak bosan.

Perbaikan Rp. 755.000 buat apa?

Hari ini aku ke service di daerah Bekasi yang sering aku datangi jika ingin melakukan service. Awalnya sih aku mau ke planet ban yang memeliki jargon service 39 ribu yang murah. Dari iklan dan juga beberapa review, sepertinya cukup bagus, tapi karena aku belum pernah datang, aku masih agak ragu.

Bukannya sok atau bagaimana, tapi ketika kita service 39 ribu, apa saja yang bisa kita dapatkan? Apakah motor kita semakin bagus? Atau justru biasa saja dan kita justru membuang uang 39.000 secara sia sia.

Beberapa reviewer mengatakan juga bahwa oli yang digunakan di Planet Ban kurang bagus. Aku sih mungkin ingin mencoba dan merasakan sendiri apakah service yang dihadirkan Planet ban bagus atau tidak. 

Perbaikan yang aku lakukan hari sabtu 10 Oktober 2020 ini meliputi:

1. Pergantian reflektor

2. Ganti Aki

3. Soket

4. Lampu depan

Dengan pergantian tersebut dan biaya pasanga 40.000, total semua biaya yang aku keluarkan untuk service AHASS kali ini sekitar Rp. 755.000.

Setelah service dari AHASS, aku juga mendapatkan beberapa saran dari petugas AHASS bahwa lampu depan pinggir yang rusak akan lebih baik jika di ganti. Saat itu persediaan lampu depan pinggir kosong, jadi AHASS tidak bisa menyediakannya. 

Komplit bukan service yang diberikan oleh Honda? Semoga tidak ada lagi kerusakan yang berarti kedepannya karena jika harus ganti perbulannya 700an sekian, bisa bisa dompetku semakin kempes. Hehehe.

Btw, bagi kamu yang ingin rejekinya semakin lancar, bisa baca artikel tentang Kehebatan baca Istigfar dan Challenge Al Waqiah ya.

Post a comment for "Apakah bengkel ahass mahal? Tidak, sesuai kok"