Perbedaan Sastra Inggris dan Pendidikan Bahasa Inggris Yang Harus Diketahui - Fujiharu.com
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan Sastra Inggris dan Pendidikan Bahasa Inggris Yang Harus Diketahui

Fujiharu.com - Bahasa inggris merupakan salah satu bahasa internasional. Yang pastinya bahas ini dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Orang awam biasanya akan bingung untuk membedakan antara jurusan sastra inggris dan bahasa inggris. Memang keduanya seringkali dianggap serupa, padahal ada beberapa perbedaaan yang menonjol.

Perbedaan Satra Inggris dan Pendidikan Bahasa Inggris Yang Harus Diketahui

Mulai dari namanya saja sudah berbeda. Memang keduanya sama-sama di bidang bahasa inggris. Dan pastinya cara belajarnya juga tidak seratus mirip. Jika lebih menyukai kebudayaan dan kesusastraan, maka bidang sastra yang lebih cocok. Namun jika menginginkan belajar bahasa inggris secara umum, jurusan pendidikan bahasa inggris yang bisa dipilih. Agar lebih jelas akan diuraikan perbedaan anatar keduanya.

Perbedaan Sastra Inggris dan Pendidikan Bahasa Inggris Yang Harus Diketahui

Sama-sama mempelajari bahasa inggris itulah persamaan dari sastra inggris dan pendidikan bahasa inggris. Namun keduanya juga memiliki perbedaaan meskipun ada yang mengatakan bahwa keduanya sama, padahal tidak sepenuhnya benar. Agar lebih jelas, berikut akan diuraikan perbedaan sastra inggris dan pendidikan bahasa inggris.

Baca Juga: 3 Trik ampuh untuk meningkatkan kosakata bahasa Inggris ala Kampung Inggris LC

Mata kuliah

Jika ingin mendalami budaya dan karya sastra inggris dengan diksi puitis bisa mendalami jurusan sastra inggris. Meskipun di dalamnya terdapat beberapa pembelajaran materi dasar bahasa inggris. Misalnya grammar, listening, dan writing. Selain itu, akan sering belajar menganalisis seni sastra seperti film, drama, puisi, sampai novel. Namun, ilmu yang utama dipelajari adalah tata bahasa, literature inggris, dan penerjemahan.

Untuk pendidikan bahasa inggris akan mendalami cara belajar mengajar bahasa inggris. Pada awalnya mungkin difokuskan pada materi dasar, selanjutnya adalah kurikulum pengajaran, cara mengajar bahasa inggris yang baik, dan materi yang akan diajarkan kepada murid. Itulah perbedaan sastra inggris dan pendidikan bahasa inggris di bidang mata kuliahnya.

Tujuan Jurusan

Tentu ada alasan kenapa kedua jurusan tersebut terpisah. Kalau jurusan pendidikan bahasa inggris bertujuan untuk menciptakan pengajar bahasa inggris yang berkualitas. Sedangkan jurusan sastra inggris bertujuan untuk menciptakan sarjana yang mampu menguasai estetika sastra baik lisan maupun tulisan. Jurusan ini lebih komplek untuk mempelajari bahasa inggris.

Baca Juga: Apa Saja Alasan Harus Belajar Bahasa Inggris

Gelar Setelah Lulusan

Perbedaan sastra inggris dan pendidikan bahasa inggris selanjutnya adalah gelar yang didapatkan. Untuk pendidikan bahasa inggris, gelar yang akan didaptkan adalah S.Pd. sedangkan untuk sastra inggris akan mendapatkan gelas S.S atau sarjana sastra. Jika penamaan tersebut penting untuk digunakan, maka pilihlah jurusan yang sesuai dengan keinginan.

Itulah 3 perbedaan sastra inggris dan pendidikan bahasa inggris yang bisa diketahui. Selanjutnya terserah untuk memilih yang mana, karena keduanya memiliki prospek bagus untuk mencari pekerjaan. Apalagi bahasa inggris sudah menjadi bahasa internasional. Semoga penjelasan di atas bisa bermanfaat dan membantu untuk memutuskan jurusan yang terbaik yang bisa dipilih.

AZ

Post a Comment for "Perbedaan Sastra Inggris dan Pendidikan Bahasa Inggris Yang Harus Diketahui"