Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sistem Pembelajaran Di Jepang Sebagai Negara Maju Yang Harus Kita Tiru

Fujiharu.com - Pendidikan memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Jepang sebagai negara maju juga sangat memperhatikan kualitas pendidikan. Sistem pembelajaran disana mendapat dukungan penuh dari pemerintah. Seperti halnya di Indonesia, Jepang juga menerapkan sistem wajib belajar 9 tahun loh.

Sistem Pembelajaran Di Jepang Sebagai Negara Maju Yang Harus Kita Tiru

Meski begitu sistem pendidikan kedua negara cukup berbeda, hal ini dapat dilihat dari kurikulum yang diterapkan. Pada tingkatan dasar, Jepang lebih menekankan pada norma kehidupan dan sopan santun untuk membentuk karakter para pelajar. Sistem pembelajaran di Jepang juga lebih berfokus pada sistem yang lebih enjoy dengan cara yang menyenangkan yaitu belajar sambil bermain.

Baca Juga: Traveling to Ikaho Onsen

Tujuan yang ingin dicapai pendidikan Jepang dengan sistem pembelajaran tersebut adalah:

  1. Mengembangkan kepribadian pada setiap individu secara utuh.
  2. Berusaha keras untuk mengembangkan sumber daya manusia yang berkualitas baik pikiran maupun jasmaninya.
  3. Mengajarkan kepada siswa agar senantiasa memelihara keadilan juga kebenaran.
  4. Selalu menjaga keharmonisan dan menghargai lingkungan sosial.
  5. Siswa juga dituntut untuk menghargai waktu, disiplin, dan memiliki etos kerja.
  6. Mengembangkan sikap bertanggung jawab terhadap setiap tugas yang diberikan kepada siswa sesuai dengan tingkat pendidikannya.
  7. Memupuk semangat independen sejak dini untuk membangun negara dan menjaga perdamaian dunia.

Jepang memperlakukan kegiatan belajar di luar atau outdoor secara berkala. Mereka akan mengunjungi tempat bersejarah, lahan pertanian, dan perkebunan untuk belajar memetik teh, jeruk serta menggali umbi-umbian, bahkan sampai belajar menanam padi di sawah. Siswa juga secara berkelompok akan diajarkan cara menumpang kereta atau densha yang bertujuan untuk melatih kemandirian.

Selain itu pembelajaran mereka juga diselingi dengan kegiatan wawancara yang melibatkan berbagai narasumber, lalu menjadi bahan yang akan dipresentasikan di depan kelas. Sistem pembelajaran di Jepang ini juga sangat melibatkan interaksi guru dengan pelajar yang harus ikut mendukung untuk mencapai tujuan yang sama.

Baca Juga: Agar Gaji Bisa Naik, harus KKN?

Sehingga dengan loyalitas dari para pengajar dan tingkat kedisiplinan pelajar tersebutlah yang akhirnya dapat menciptakan banyak sumber daya manusia berkualitas dan mampu membawa kesuksesan bagi Jepang hingga tercatat sebagai negara dengan kualitas dan sistem pendidikan terbaik se-Asia, sungguh prestasi yang mengagumkan.

Sekian ulasan mengenai sistem pembelajaran di Jepang yang bisa di contoh untuk pendidikan yang lebih baik lagi. Dengan peningkatan tersebut, otomatis sumber daya manusia yang berkualitas pun bisa semakin merata di seluruh Indonesia.

SW

Post a Comment for "Sistem Pembelajaran Di Jepang Sebagai Negara Maju Yang Harus Kita Tiru"