Radium Girls, Film Perlawanan Melawan Perusahaan Besar - Fujiharu.com
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Radium Girls, Film Perlawanan Melawan Perusahaan Besar

Fujiharu.com - Film Radium Girls bercerita tentang pekerja perempuan yang bekerja di perusahaan pembuatan jam dengan radium. Mereka baru mengetahui bahwa radium yang berbahaya tidak diberitahukan oleh perusahaan dengan baik, sehingga kematian demi kematian terus terjadi.

Film Radium Girls merupakan film tahun 2018 yang ditujukan untuk film Tribeca dan akan dirilis di bioskop pada April 2020, tapi karena korona menerjang dunia, maka film hanya dirilis di beberapa bioskop dan juga kanal streaming.

Baca Juga: Film Love and Monsters, petualangan after apocalypse

Film yang bercerita tentang pekerja perempuan yang terkontaminasi bahan berbahaya radium cukup apik digambarkan dengan setting sekitar 1920 an. 

Perlawanan yang dilakukan oleh 4 orang perempuan bersama lembaga perlindungan membuatnya menjadi buah bibir dunia. Hal ini karena perempuan tersebut merupakan mantan pekerja di American Radium yang kini membelot dan melawan perusahaan besar tersebut.

Perlawanan dilakukan tidak mudah karena harus melalui berbahai tahap yang sangat melelahkan. Uang yang semakin menipis, hutang yang membengkak, orang terdekat yang semakin sakit, pandangan negatif, dimusuhi orang orang menjadi hal yang cukup apik diperlihatkan sepanjang film.

Acting yang ada dalam Film Radium Girls juga patut di acungin jempol. beberapa bintang muda yang sedang bersinar juga ikut meramaikan. 

Baca Juga: Film The Empty Man, Film Horor yang Plot twistnya tak terduga

Sepanjang filmpun hampir tidak ada adegan dewasa yang biasanya sering diperlihatkan di film film Hollywood. Filmnya pure tentang penggambaran pekerja wanita yang melawan Perusahaaan besar American Radium.

Cast Film Radium Girls

Cast yang aku kenal dalam Film Radium Girls adalah Joey King yang bersinar lewat film Netflix Kissing Booth sebagai pemeran utama dan Abby Queen yang berperan sebagai kakaknya.

Rating Film Radium Girls

Saking bagusnya film ini, Rotten Tomatoes memberikan penilaian 76% dan IMDB 5.8 dari 10. 

Memang sih jika merujuk pada film yang menghibur, film ini tidak sesuai, tapi jika menilai dari segi penggambaran film tentang seseorang yang melakukan perjuangan melawan perusahaan besar, filmnya sangat mengena sekali.

Plot Film Radium Girls

Bessie merupakan pekerja wanita yang membuat jarum jam agar berkilau dengan menggunakan radium. Cara bekerjanya adalah kuas kecil dicelupkan pada radium dan agar bentuknya lancip, maka dimasukkan dimulut agar ujung kuas rapi. Mereka menggambar atau menuliskan angka pada jarum jam agar berkilau ketika gelap (mirip Flourescent)

Baca Juga: The Devil All The Time Film Tom Holland yang Kurang Menarik

Namun Bessie tidak seperti orang lain. Dia cukup cuek dengan pekerjaannya, makanya sering ditegur oleh sang pemimpin, Mr Leech.

Suatu ketika, Joshepine, kakak Bessie merasakan sakit yang luar biasa. Giginya juga tanggal beberapa. Dia benar benar sakit.

Bessie yang mengetahui kakaknya sakit, meminta petinggi American Radium untuk mencarikan dokter dan mengeceknya. 

Ketika dicek, Josephine dinyatakan oleh dokter terkena penyakit kelamin sipilis. Bessie dan juga Josephine yang mengetahui hal itu tidak percaya karena mereka tahu sendiri Josephine tidak suka laki laki dan belum pernah berhubungan badan.

Namun karena seorang dokter yang menginfokannya, dia mengiyakan. Sampai suatu ketika, Bessie mencari second opinion dan bertemu pada semacam lembaga semacam konsumen yang menyatakan bahwa itu adalah akibat dari radium yang telah masuk pada tubuh Josephine.

Besie dan Josephine tidak percaya. Namun dengan bukti bukti yang ada, akhirnya dengan berat hati mereka mempercayai bahwa radium berbahaya bagi manusia.

Satu cara yang cukup ekstrim adalah dengan membongkar makam kakaknya yang bernama Mary. Mary meninggal setelah beberapa tahun bekerja di tempat radium juga.

Saat dicek, tubuh Mary mengandung radium yang sangat banyak dan terbongkarlah informasi penting. Radium berbahaya untuk manusia.

Bessie dan Josephine dicek secara seksama. Mereka ternyata terkena radium dalam tubuhnya. Hanya saja, Bessie masih bisa sehat karena kadar radium dalam tubuhnya tidak sebanyak kakaknya.

Protes ke Perusahaan Besar American Radium

Mulailah mereka mencari bala bantuan untuk melawan American Radium agar menghentikan semua produksinya.

Baca Juga: Film Netflix Space Force Membosankan

Bessie harus berhadapan dengan teman temannya yang menganggapnya jahat, bahkan gila karena bekerja di American Radium merupakan satu jalan agar tidak miskin.

Bessie dengan gigih mencari bala bantuan dengan mencari pengacara handal, bahkan menarik simpati publik dengan data data yang ditunjukkan.

Namun, pasti ada yang menentang. American Radium berkali kali menawarkan "tutup mulut" agar Bessie tidak perlu membuat masalah ini besar.

Bessie tidak mau menyerah meskipun keadaan ekonomi dan juga kesehatan kakaknya semakin memburuk. Dia ingin keadilan ditegakkan.

Namun tawaran besar dari perusahaan kepada para pekerja tersebut sempat terbungkam ketika merawat ditawari 10.000 USD sebagai uang damai. 

Apakah permasalahan selesai dengan uang damai tersebut?

Saksikan film Radium Girls.

Post a comment for "Radium Girls, Film Perlawanan Melawan Perusahaan Besar"