Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengajar Bahasa Jepang di Perusahaan

Fujiharu.com - Inilah pengalaman aku saat mengajarkan bahasa Jepang di perusahaan Jepang di Indonesia saat Pandemi Covid 19. Selama mengajar bahasa Jepang, kita juga jaga jarak dan pastinya kita lebih aman, karena kita terisolasi dari dunia luar kurang lebih selama belajar di kelas.

Mengajar Bahasa Jepang di Perusahaan

Belajar Bahasa Jepang di Perusahaan tentang apa saja sih?

Kita belajar banyak hal, soalnya target yang diberikan adalah mereka bisa percakapan atau kemampuannya selevel JLPT N4. Apakah nanti bisa percakapan bahasa Jepang tentang hobi? Bahasa Jepang perkenalan? Bahasa Jepang bisnis? Percakapan saat di restoran? Dengan pacar mungkin? Atau percakapan bahasa Jepang tentang liburan? Pokoknya semua dijelasin dan diajarkan. Insya Allah bisa.

Pengalaman pribadi mengajar bahasa Jepang di perusahaan

Karyawan yang belajar bahasa Jepang denganku adalah dari perusahaan Jepang yang membuat berbagai macam alat terkait kendaraan bermotor. Perusahaannya sangat besar dan terkenal.

Apakah gaji mereka besar juga? Hahahah silahkan tanya sendiri. Tapi karena mereka bekerja di perusahaan Jepang dan cukup lama, kayaknya gaji mereka gede kali ya. Hihihihi.

Baca Juga: Berapa Gaji Interpreter Bahasa Jepang?

Berapa lama mengajar bahasa Jepang di perusahaan?

Durasi yang aku ajarkan selama sehari adalah 8 jam dari 07.30 sampai 17.00 dengan istirahat, dll ya.

Aku mengajar bahasa Jepang di kelas dari senin sampai jumat selama seminggu. Terus menerus mengajar sampai kurang lebih 3 bulan.

Aku mengajar bahasa Jepang di perusahaan dari awal September sampai Desember awal 2020.

Kemampuan karyawan saat belajar

3 dari 5 Murid yang aku ajari benar benar 0, artinya mereka hanya tahu sekilas, omongan Jepang, tapi tidak tahu. Untuk 2 orang, pernah belajar bahasa Jepang beberapa tahun silam.

Karena ada yang belum dan sudah belajar bahasa Jepang, aku samaratakan kemampuan mereka nol besar agar pembelajaran lebih mudah.

Perkembangan belajar bahasa Jepang

Karena durasi belajar yang lama dan intens, karyawan juga cukup stress lho, soalnya yang namanya belajar bahasa Jepang pasti menguras energi dan pikiran. Malahan, lebih capek belajar daripada bekerja.

Untuk minggu awal sampai sebulan, yang namanya struggle pasti ada. Bahkan setiap hari kamis atau jumat mereka seolah hang. Mereka tiba tiba banyak lupa kosakata, padahal sebelumnya ingat.

Mungkin akumulasi dari belajar gila gilaan diawal minggu, sehingga ketika akhir minggu, semua pada terpental. Heheh

Tapi alhamdulillah, setelah memasuki bulan kedua, semua menjadi lebih baik. Bahkan aku lebih ringan dalam mengajarkan bahasa Jepang karena mereka telah mengenal hiragana, katakana, bahkan beberapa kanji.

Baca Juga: Berapa Gaji Kerja di Jepang?

Gaji mengajar bahasa Jepang apakah besar?

Terkait gaji seorang pengajar bahasa Jepang, aku pikir berbedabeda. Cuma bagiku, aku merasa sangat cukup sekali ketika mengajar bahasa Jepang di perusahaan. 

Ah basi, sebutin angka dong, biar jelas berapa nominal gaji pengajar bahasa Jepang?

Jika aku menyebutkan gaji pengajar bahasa Jepang di perusahaan, nanti kamu kaget. Bilangnya kecil banget gajinya. Jika besar, pasti bilang tidak mungkin gaji seorang pengajar sebesar itu. Ayo, ngaku?

Intinya aku mendapatkan gaji sebagai pengajar bahasa Jepang cukup, ya lumayan untuk bayar kostan setiap bulannya selama setahun. Plus, bisa sodakoh, beli hape baru dan beli berlian. Hahahaha. Percaya nggak?

Untuk pembelian terakhir jangan percaya ya. Hihihi intinya aku bersyukur berkat doa orang sekitar dan baca al waqiah. Soalnya setelah baca surat al waqiah, rejeki benar benar dimudahkan. Amin.

Baca Juga: Corona virus vocabulary dalam bahasa Jepang

Belajar bahasa Jepang selama pandemi covid 19

Selama covid 19, aku ada kekhawatiran apakah beberapa karyawan akan dipulangkan, atau perusahaan ditutup sementara. Tapi alhamdulillah meskipun corona masih merebak, kita jarang kontak dengan orang lain, jadi sedikit lebih aman. Pembelajaran tetap dilaksanakan.

Meskipun begitu, kita tetap jaga jarak, sering cuci tangan, pake handsanitizer, menggunakan masker, dll. Intinya untuk meminimalkan berbagai hal, kita juga menggunakan standar protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah.

Baca Juga: Download Minna no Nihongo 2nd edition pdf

Buku yang digunakan selama belajar bahasa Jepang apa saja?

Buku pegangan yang aku gunakan selama mengajar bahasa Jepang adalah Minna no nihonggo edisi kedua dari seri satu dan 2 shokyu.

Buku MNN sangat penting untuk pembelajar awal bahasa Jepang karena bukunya cukup komplit dan banyak contoh percakapan juga.

Buku lain yang digunakan adalah kartu kanji N5 produk Sakura JLC dan juga Kanji N4 Sakura. Kartu kanji tersebut bagus, karena pas aku lihat, isinya hampir sama dengan buku Nihongo Challenge yang tersohor itu.

Buku bahasa Jepang yang digunakan dalam paket belajar bahasa Jepang adalah buku latihan JLPT N5 dan JLPT N4. Bahkan ada juga beberapa buku tes bahasa Jepang Jtest, semacam JLPT, tapi kayaknya lebih susah dari JLPT.

Baca Juga: Kursus Bahasa Jepang di Bekasi Sakura JLC

Memulai belajar bahasa Jepang bagi pemula

Bulan Pertama

Bulan awal merupakan saat yang paling menentukan dan juga menyusahkan. Kenapa? Karena berbagai pembiasaan baru harus dilakukan. Mereka yang baisanya tidak berpikir, hanya bekerja, kini harus menguras otak untuk menghapalkan kosakata baru, huruf hiragana, huruf katakana dan ritme belajar yang panjang.

Meskipun sangat struggle bagi kita semua, alhamdulillah bisa terlampaui dengan baik, hasilnya aku sangat bangga pada mereka, meskipun hasilnya pasti berbeda pula. Apakah target kemampuan JLPT N4 mereka bisa didapatkan? Ada yang bisa ada yang tidak. Kemampuan setiap orang berbeda, meskipun treatment yang digunakan sama, bahkan berbagai metode dicoba agar hasilnya sama. Tapi manusia punya kecenderungan sendiri. Tapi aku salut pada usaha mereka dalam belajar bahasa Jepang

Baca Juga: Nihongo Challenge Kanji N5 pdf free download

Bulan Kedua

Bulan kedua lebih terasa ringan karena mereka telah bisa huruf hiragana dan katakana. Bahkan beberapa kanji dari N5 dan N4 telah aku berikan. Selanjutnya adalah hanya latihan kanji setiap hari diawal pertemuan atau akhir pertemuan.

Pembelajaran hiragana dan katakana

Untuk pembelajaran hiragana dan katakana, aku menunjukkan kartu ke mereka dan membuat asosiasi agar mereka ingat.

Untuk kanji sendiri, aku menggunakan cerita atau kalimatnya. Dan yang paing penting adalah sering diulang.

Pembelajaran huruf hiragana atau katakana sangat menyenangkan karena mereka bisa berkompetisi dengan teman atau mengalahkan waktu sendiri.

Baca Juga: Nihongo Challenge Kanji N4 pdf free download

Bulan ketiga

Bulan ketiga ada fase tertentu karena mereka sudah mengetahui sebagian besar bahasa Jepang di level JLPT N5 dan JLPT N4. Susahnya JLPT ternyata membuat mereka semakin semangat, tapi disisi lain juga meresa kerepotan karena ada semacam beban juga kali ya.

Selesai program

Target mereka adalah lolos JLPT N4, tapi karena ujiian JLPT tahun 2020 tidak ada JLPT, maka mereka menggunakan tes bahasa Jepang Jtest yang agak susah dibandingakn JLPT.

Kenapa Jtest lebih susah daripada JLPT? Soalnya Jtest lebih komplek soal materinya dan bahkan ada soal isian dengan kosakata, bukan hanya memilih 1,2,3, atau 4.

Tapi semoga dengan bekal yang telah dipelajari selama ini, mereka semakin mengerti dan bisa belajar mandiri jika ada beberapa hal yang tidak dimengerti.

Karyawan teladan

Karyawan yang diikutkan dalam kelas bahasa Jepang aku merupakan karyawan karyawan teladan yang berprestasi dibidangnya. Untuk posisi sendiri bermacam macam. Tapi jika melihat mereka, saat ini sepertinya diproyeksikan menjadi the next leader.

Bahkan, beberapa diantaranya pernah dan sering dikirim keluar negeri untuk berbagai perlombaan atau mengecek mesin baru. Keren ya, aku saja belum pernah dikirim perusahaan ke Jepang. Hehehe.

Baca Juga: Suka duka tinggal di Jepang

Minasan, kurang lebihnya aku mengajar mohon dimaafkan. Semoga ilmu yang kita pelajari bareng bareng bisa bermanfaat untuk semuanya. Amin.

Fuji Haru
Fuji Haru Hi, semoga tulisan sederhana ini bisa membantu.

Post a Comment for "Mengajar Bahasa Jepang di Perusahaan"