5 S dalam Bahasa Indonesia Artinya Apa? - Fujiharu.com
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 S dalam Bahasa Indonesia Artinya Apa?

Fujiharu.com - 5S artinya apa sih? Apakah dalam bahasa Indonesia atau bahasa Jepang ada padanan katanya? Ada, aku akan menginformasikannya.

5 S dalam Bahasa Indonesia Artinya Apa?

Bagi yang akan bekerja atau telah bekerja di pabrik atau perusahaan Jepang, pasti mengenal istilah 5S yang sering diucapkan.

Apakah arti dari 5S tersebut? Haruskah kita menghapalkannya agar diterima di perusahaan Jepang? Tidak perlu juga sih, tapi kita diminta tahu dan paham apa itu 5S agar bisa menjadikan kita sosok yang terampil saat bekerja di perusahaan Jepang.

Baca Juga: Berapa Gaji Interpreter Bahasa Jepang?

Gaji besar di perusahaan Jepang

Bagi kamu yang tertarik bekerja di perusahaan Jepang untuk lulusan SMA atau SMK, perusahaan Jepang merupakan perusahaan yang kebanyakan memberikan bonus dan gaji menarik dibandingkan perusahaan lain seperti perusahaan China, Korea atau Thailand. Kenapa bisa begitu? 

Dari observasi yang aku lihat, perusahaan Jepang sering membuat alat alat elektronik atau komponen kendaraan yang sangat laku di Indonesia dan mungkin karena itulah karyawannya juga cukup makmur. Semoga saja ya. Ini bukan berarti perusahaan selain Jepang tidak bergaji besar ya. 

Beberapa bulan yang lalu, aku tanpa sengaja melihat surat perjanjian kerja untuk anak baru yang akan masuk perusahaan Jepang di daerah MM2100 dan gaji pertama dia sebagai lulusan SMA SMK adalah 5 juta keatas. Wow, padahal baru masuk perusahaan, tapi lumayan besar. Bayangkan jika kamu memiliki kemampuan lain atau ijazah S1? Pasti akan lebih tinggi dari 5 juta.

Baca Juga: Berapa Gaji Kerja di Jepang?

Bagaimana cara masuk perusahaan Jepang?

Ada banyak cara sih, bisa melalui email, kirim langsung ata lihat pengumuman rekrutmen. Paling mudah sih, kekuatan saudara atau orang dalam. Tapi aku nggak punya. Hahahaha.

Apapun caranya, semoga dengan masuk dengan baik, maka hasilnya juga akan baik.

Alangkah baiknya jika masuk perusahaan Jepang, kita tahu culturenya seperti apa. Salah satu culture yang perlu diketahui adalah mengetahui apa it 5S.

Baca Juga: Agar Gaji Bisa Naik, harus KKN?

5 S dalam bahasa Jepang

Dalam bahasa Jepang, 5 S merujuk pada Seiri, Seiton, Seisou, Seiketsu, Shitsuke. Jangan salah, 5S juga ada artinya juga biar kita lebih mengerti tentang 5S.

Seiri adalah Ringkas

Ringkas sesuatu agar lebih praktis dan lebih efisien. Misalnya waktu produksi lama, maka bagaimana cara meringkaskan waktunya tanpa mengurangi kualitas produksi. Ini namanya ringkas.

Seiton adalah gampang diambil

Bisa jadi sesuatu itu ringkas, tapi apakah mudah diambil? Buat sesuatu seringkas mungkin, tapi juga mudah diambil.

Seisou adalah bersih secara standar

Standar kebersihan seseorang berbeda beda. Misalnya ada kertas satu jatuh bisa jadi masih bersih bagi sebagian pandangan orang lain, tapi bisa juga berbeda dan itu terlihat kotor. Buatlah standar bersih yang semua orang mempunyai pandangan yang sama.

Seiketsu adalah merawat

Jika telah melakukan Seiri, Seiton, Seisou, kini saatnya kamu merawat hal hal bagus yang telah dilakukan agar semakin bagus dan menjadi budaya positif.

Baca Juga: Gaji freelance guru bahasa Jepang

Shitsuke adalah disiplin agar menjadi kebiasaan

Insya allah, jika menerapkan 4 hal seperti Seiri, seiton, seisou, seiketsu, maka akan menjadi kebiasaan positif dan juga disiplin yang disebut shitsuke.

Semoga dengan mengetahui budaya 5S perusahaan, maka kita akan menjadi karyawan yang terampil. Amin.

Post a Comment for "5 S dalam Bahasa Indonesia Artinya Apa?"