Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Meskipun Muslim, kenapa tidak berpuasa?

Fujiharu.com - Saat aku browsing internet dekat sebuah warung, aku melihat begitu banyak laki laki yang masih muda dan tidak berpuasa. Mereka dengan mudahnya merokok, makan dan minum di depan umum saat bulan puasa atau ramadhan. Kenapa mereka tidak berpuasa, ya?

Meskipun Muslim, kenapa tidak berpuasa?

Jika bagimu kurang menarik, tidak perlu melanjutkan baca cerita ini. Ini hanya pikiranku saja kok. Hanya otakku dan perasaan ini yang mencoba untuk mencerna kenapa mereka tidak berpuasa saat ramadhan.

Baca Juga: Cara Cepat Dapat Kerja

Berpuasa dibulan Ramadhan

Ramadhan merupakan bulan penuh berkah karena Allah menjanjikan bulan ini seperti diskon pahala. Misal dibulan lain kita sholat dapat poin 100, maka di bulan puasa bisa mendapatkan 200, padahal melakukan hal baik yang sama. Makanya orang orang berlomba kebaikan.

Namun tidak semua orang berpikiran sama. Ada banyak orang yang menganggap biasa, bahkan sama. Hal ini bisa dilihat di jalanan. Kita bisa melihat banyak orang yang tidak berpuasa. 

"Kan bukan muslim?" Jikalau bukan muslim, aku memakluminya. Tapi bagaimanakah jika dia muslim yang telah dewasa? Aku pikir mereka muslim.

"Nyinyir mulu!" Tidak, aku hanya berusaha memahami mereka, kenapa sampai tidak berpuasa? Apakah ada pekerjaan berat didirinya? Apakah aku akan sama tidak berpuasanya jika seperti mereka?

Baca Juga: Perbedaan Singlet Putih GT Man Rider Hings

Padahal, menurutku dan juga beberapa buku yang pernah aku baca, selain puasa mendapatkan banyak pahala, puasa juga memberikan hal baik bagi mental dan juga fisik kita.

Hikmah puasa adalah:

1. Melatih disiplin waktu

Kita harus sahur dan buka tepat waktu. Malahan, kita sahur lebih pagi dan setelahnya kita bisa meraih rejeki lebih banyak waktu lagi karena dari pagi.

2. Keseimbangan hidup

Mungkin biasanya kita selalu lupa akan ibadah, tapi dengan adanya bulan puasa, kita diingatkan lagi untuk menyeimbangkan kehidupan akhirat dan dunia.

Baca Juga: Nonton Film Superhero Zack Snyder’s Justice League (2021)

3. Pererat silaturahmi

Buka bareng, sahur bareng, mencari takjil bareng merupakan salah satu cara agar lebih akrab lagi dengan orang sekitar. Jangan lupa, taraweh bersama juga jadi lebih mengenal orang sekitar.

4. Peduli sesama

Selama bulan puasa, akan ada banyak orang yang memberikan donasi, sedekah, dll. Ini adalah salah satu bentuk kepedualian terhadap sesama.

5. Melatih hidup sederhana

Dengan berpuasa, kita dilatih untuk hidup sederhana dan tidak boros.

Baca Juga: Album 'Fearless Taylor Version' Debut Album Terbesar Tahun Ini

6. Banyak bersyukur

Dengan berpuasa, kita semakin banyak bersyukur. Bagaimana kita masih bisa makan dengan enak, hidup nyaman, dll. Kita lebih menghargai hidup dengan lebih baik.

Hikmah puasa lainnya masih banyak kok. Tapi, kenapa masih tidak berpuasa ya? Lalu siapa saja yang boleh tidak berpuasa?

Sebelum lanjut ke siapa yang tidak boleh berpuasa, apa sih hukum berpuasa ramadhan ini? 

Hukum berpuasa di bulan ramadhan adalah wajib, artinya jika ditinggalkan maka akan berdosa, terkecuali bagi orang orang yang memang diperbolehkan tidak puasa.

Siapakah orang yang diperbolehkan tidak puasa?

Baca Juga: Taylor Swift Bersiap Rilis '1989'

Ada 4 golongan yang tidak boleh berpuasa di bulan Ramadhan:

1. Orang sakit

Jika dia akan sakit karena puasa, maka dia boleh tidak berpuasa. Puasanya bisa diganti dengan hari atau diganti dengan denda lainnya.

2. Perjalanan jauh

Siapapaun yang sedang dlam perjalanan jauh, maka dia boleh tidak berpuasa dan nantinya harus diganti sebanyak dia tidak berpuasa.

Baca Juga: Rosé BLACKPINK Global Ambassador Baru Tiffany & Co.

3. Orang tua atau lansia

Jika telah menjadi lansia, maka boleh untuk tidak berpuasa dan hanya perlu bayar fidyah sesuai hari tidak puasa.

4. Hamil atau menyusui

Jika dia bisa berpuasa, maka boleh berpuasa. Tapi jika dia tidak kuat atau khawatir terhadap bayinya, maka boleh untuk tidak berpuasa.

Dengan adanya kemudahan tersebut, sangat disayangkan jika orang orang yang aku lihat di warung tersebut tidak berpuasa. Mereka masih muda dan pekerjaannya pun tidak terlalu menguras tenaga.

Lalu, kenapa masih tidak berpuasa ya? Apakah non muslim? Kerja berat? Aku mencoba memikirkannya. Semoga aku tidak seperti itu dan selalu berpuasa. Semoga mereka juga segera cepat sadar jika wajib berpuasa dan banyak manfaat yang akan mereka dapatkan.

Btw, terkadang, didikan orang tua mereka sedari kecil juga mempengaruhi. Di keluargaku, jika ada yang tidak berpuasa, maka tidak akan ada makanan saat siang, sama saja dengan puasa, atau bahkan aku di sabet pake lidi. Hehehe.

Baca Juga: Anti Miskin dengan Surat Al Waqiah

Post a Comment for "Meskipun Muslim, kenapa tidak berpuasa?"