Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Donor Darah di PMI Saat Berpuasa

Fujiharu.com - Bagaimanakah cara donor darah di PMI Palang Merah Indonesia saat berpuasa? Apakah masih bisa donor? Apakah donor darah membatalkan puasa? Apakah masih bisa donor darah saat pandemi? Wait, baca cerita aku saat donor darah di bulan puasa di PMI Bekasi ya.

Apakah Donor Darah Membatalkan Puasa?

Tidak membatalkan. Donor darah ini hampir mirip dengan yang suntik vaksin covid 19 ya. Meskipun dimasukkan ke dalam tubuh, tetap tidak membatalkan. Kecuali donor darahnya sekalian makan dan minum ya. Hehehe.

Apakah Donor Darah sakit?

Ya sakit lah, meskipun sakitnya itu kata orang seperti digigit semut. Aku tidak bisa bilang donor darah tidak sakit ya. Memang sakit kok, tapi sakitnya masih bisa kita tahan. Masa sakit hati kita mampu tahan, sedangkan donor darah tidak mampu? Hehehehe.

Baca Juga: Tata Cara Donor Darah Ke PMI

Apakah masih bisa donor saat musim pandemi covid 19?

Bisa kok. Tapi usahakan bahwa kamu sehat ya selama akan donor. Ingat, proses mendonorkan darah itu  mengambil cairan dalam tubuh, jadi pasti akan butuh penyesuaian dari tubuh juga. Efek donor bagi setiap orang beda ya. Ada yang biasa saja, pusing, tangan kebas, pingsan juga ada. Psst, itu dari wawancara singkat dengan bu dokter/ suster yang mengambil darahku.

Dan juga, ketika akan donor darah ditanya dulu kok tentang kesehatan kita. Jika tidak sehat maka tidak diperbolehkan untuk mendonorkan darahnya.

Dimana donor darahnya?

Kamu bisa datang ke PMI Palang Merah Indonesia terdekat. Karena aku ada di Bekasi, maka aku datang ke PMI daerah Cibitung. Bagi yang jauh dari PMI, coba hubungi rumah sakit terdekat untuk mengetahui cara mendonorkan darah.

Baca Juga: Apa sih isi Snack Donor Darah PMI

Tujuan Donor Darah

Bermacam macam tujuan orang mendonorkan darah. Ada yang ingin membantu saudara, untuk mendapatkan uang (mirip di TV, tapi aku belum pernah dibayar), sedekah darah, ingin berbuat baik, agar terhindar dari penyakit, dll. Jika kamu berdonor darah rutin, maka kamu akan lebih sehat kok. Manfaat donor darah banyak ya.

Cerita donor darah di bulan puasa

Saat ini aku sudah cukup rutin untuk mendonorkan darah di PMI yang ada di wilayah Bekasi. Setiap 3 bulan sekali aku usahakan untuk mendonorkan darahnya. Jika tidak salah sudah 3 kali berturut turut. 

Niat donor darah sebenarnya dari dulu, cuma karena dulu masih belum masuk syarat kualifikasi untuk jadi pendonor, seperti berat badan kurang, dll. maka tidak pernah donor darah.

Baca Juga: Cara donor darah di PMI Bekasi

Kini, setelah berat badan cukup seimbang dan masuk kualifikasi sehat sebagai pendonor, aku ingin mendonor, apalagi aku pernah merasakan hebatnya orang orang saat membantu ibu yang sedang sakit dan butuh darah.

Ibuku sakit dan kurang darah. Dia dirawat di RS. Saat itu aku baru tahu bahwa anak anaknya berbeda golongan darah dengan ibu. Anak anaknya mempunyai golongan darah yang sama dengan keluarga ayah (B), sedangkan ibu berdarah O yang lebih banyak dimiliki oleh keluarga ibu.

Namun saat itu lagi membutuhkan darah dengan cepat, aku langsung share iklan di facebook bahwa ibuku membutuhkan darah. Alhamdulillah teman teman online banyak yang membantu dan akhirnya ibuku mendapatkan darah. Kini ibuku telah sehat.

Semenjak itu, aku jadi bersemangat untuk mendonorkan darah karena aku yakin ketika aku membantu orang lain, maka orang lain juga akan digerakkan oleh Allah untuk membantuku atau keluargaku.

Baca Juga: Mencari donor darah golongan darah O

Di bulan puasa donor darah

Saat puasa ini aku juga melakukan donor darah. Caranya hampir sama dengan hari hari biasa. Biasanya sih PMI buka dari jam 8 pagi sampai 8 malam. 

Karena puasa, aku mendonorkannya setelah bukan puasa, setelah maghrib. Aku mendonorkan darah setelah maghrib karena aku pikir akan bisa mendapatkan energi dengan lebih baik. Aku bisa langsung makan dan minum setelah donor.

Lain halnya jika aku donor darah pada waktu pagi atau siang. Aku bisa jadi merasa pusing atau merasa kurang bugar. Masa iya aku harus buka puasa? Nggak kan?

Kalian juga bisa lihat ceritaku saat berdonor darah di PMI melalui video di ojichan story dengan judul "cara Donor Darah di PMI Saat Berpuasa".

Post a Comment for "Cara Donor Darah di PMI Saat Berpuasa"