Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar Mode Manual pada Kamera HP

Fujiharu.com - Bagaimanakah cara menggunakan mode manual atau PRO pada kamera HP? Dengan mengetahui fungsi dan nama di kamera manual HP, maka hasil jepretan fotomu akan luarbiasa bagus.

Belajar Mode Manual pada Kamera HP

Setiap kali foto, aku selalu menggunakan mode otomatis, sehingga hasilnya cukup bagus. Definisi cukup bagus awalnya beneran bagus, tapi lama kelamaan aku jadi ingin mengenal lebih jauh model PRO atau manual yang ada di HP Samsung S9 Plus aku.

Kebutuhan akan belajar kamera manual di hape terjadi ketika aku akan mengambil foto saat musim gugur di Jepang. Saat musim gugur, cuaca cenderung mendung sehingga foto yang dihasilkan tidak begitu terang dan jelas.

Mode PRO atau manual pada kamera HP sangat dibutuhkan jika lingkungan yang ada di gambar tidak mendukung. Cuaca yang mendung, gelap, gambar bergerak pada objek akan mempengaruhi kualitas gambar.

Dengan mengetahui nama dan fungsinya, kamu bisa menghasilkan foto dengan mode manual yang lebih ciamik lagi.

Baca Juga: Cara Unlock Samsung 6 S Edge

Hampir Semua hape mempunyai mode manual

Di hampir semua HP saat ini, pasti ada mode manual atau PRO nya, hanya saja kamera yang setara atau hampir menyamai kualitas kamera mirrorless atau DSLR, pastinya hape dengan range yang tinggi. Meskipun begitu, jangan berkecil hati, karena jika kita kreatif, maka hasil jepretan foto pasti akan bagus juga.

Cara mengambil gambar dengan kamera HP

Ketika akan mengambil gambar, pastikan posisinya sesuai. Bisa dengan menempatkan objek di tengah layar, di pinggir atau bisa juga menambahkan properti agar hasil foto tidak biasa.

Baca Juga: Cara rekam layar di Samsung S9 Plus

Matikan mode otomatisasi

Terkadang mode otomatisasi mengganggu saat pemotretan dengan cuaca yang kurang mendukung.

Setting Kamera HP

Aturlah kamera hape di bagian manual agar hasil jepretan foto semakin bagus.

Istilah nama setting di mode manual kamera HP

Shutterspeed

Waktu terbukanya sensor dan cahaya yang terekam sensor kamera. Semakin lama sensor kamera masuk, maka akan semakin banyak cahaya yang masuk. Hasil foto akan semakin terang.

Jika menggunakan tripod, maka gunakan shutterspeed yang lambat maka akan terang dan bagus.

Jika akan mengambil gambar bergerak, maka gunakan ISO.

ISO

ISO adalah sensivitas sensor terhadap cahaya. Semakin tinggi ISO maka akan semakin terang dan noise semakin banyak. Digunakan agar hasil gambar semakin bagus dan sering digunakan ketika akan mengambil gambar yang bergerak atau mengambil gambar tanpa tripod.

Baca Juga: Apa yang harus dilakukan saat menemukan barang di Jepang?

Manual Fokus

Mengatur fokus ketika cahaya berkurang.

White Balance

Mengatur temperatur warna pada foto. Setting tinggi akan semakin warm atau kekuningan, ketika setting semakin rendah maka akan semakin calm atau biru.

Semoga dengan mengetahui settingan hape di mode manual PRO HP ini bisa membuat kamu semakin kreatif dalam memotret.

Selamat mencoba.

Post a Comment for "Belajar Mode Manual pada Kamera HP"