Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Etika Mencari Kerja pada Lembaga Kerja di Jepang

Fujiharu.com - Etika dalam mencari Kerja atau meminta dicarikan kerja di Jepang pada lembaga kerja cukup banyak lho. Tapi ingat, kita juga harus punya etika ketika akan meminta bantuan lembaga pencari kerja tersebut. Misalnya kita mengetahui suasana kerja di Jepang, budaya orang Jepang dalam bekerja, dll.

Etika Mencari Kerja pada Lembaga Kerja di Jepang

Jika kita mengetahui etos kerja orang Jepang, maka saat bekerja nanti kita tidak akan kaget dan kita akan semakin produktif dalam bekerja.

Artikel ini merupakan intisari dan juga pengalaman pribadi penulis daat meminta bantuan untuk dicarikan pekerjaan pada suatu lembaga di Jepang.

Etika bagi para pencari kerja

Jika kita akan meminta bantuan lembaga pencari kerja atau Jinzai Shoukai (employment Agency), kita juga harus mempunyai etika yang mencerminkan diri sendiri, Bahkan jika cerminan diri ini disalahgunakan atau tidak beretika, maka imbasnya adalah Indonesia. Iya, Indonesia. Ingat, meskipun kita hanya secuil manusia yang ada di Jepang, ada beban tidak terlihat yang kita panggul.

Selama pandemi berlangsung, banyak sekali pekerjaan yang goyah, tidak stabil. Bahkan ada juga yang bangkrut, sehingga tingkat pengangguran sudah dipastikan akan bertambah.

Meskipun bertambah, ada juga orang orang yang masih kurang bersyukur pada pekerjaan yang saat ini dia pegang. Beryukurlah karena masih punya pekerjaan untuk menopang ekonomimu.

Bagi yang belum bekerja, maka mereka akan gelisah dan berusaha mencari orang orang yang mempunyai kenalan disuatu tempat perusahaan agar bisa bekerja. Salah satu usaha yang ditempuh adalah lembaga pencari kerja Jinzai Shoukai. Jika di Indonesia, mungkin lebih mengenal dengan lembaga Selnajaya, Fuji Bijak, JAC, dll. Btw, aku pernah menggunakan jasa JAC juga lho. 

Bagi yang di Jepang, mereka begitu susah dalam mencari kerja dan berusaha meminta bantuan Jinzai Shoukai agar tidak kembali ke Indonesia.

Kemampuan JLPT N2 susah bekerja

Meskipun kita mempunyai kemampuan bahasa Jepang yang mumpuni seperti JLPT N2, mungkin masih agak susah karena saat ini segala hal masih goyah. Makanya banyak berdoa, sering cari informasi pekerjaan dan minta bantuan Jinzai Shoukai merupakan beberapa cara yang wajib dicoba.

Baca Juga: Download minna no nihongo 1 edisi 2 pdf

Jika akan minta bantuan Jinzai Shoukai, selalu ingat 3 faktor ini menurut tulisan yang ada di FB Arya :

1. Infokan ke lembaga pencaker (pencari kerja) bahwa kamu juga ikut lembaga lain atau daftar diperusahaan lain

Dengan menginformasikan hal ini, lembaga pencari kerja akan tahu bahwa kamu memang butuh pekerjaan dan sedang berusaha, makanya bukan hanya daftar di satu pencaker, tapi pencaker lain juga.

Memang terkesan tidak ekslusif, tapi lebih baik jujur karena aku yakin lembaga pencaker akan benar benar mencarikan kerja buatmu. Dan juga, jika kamu dapat pekerjaan dari tempat lain, usahakan untuk menginformasikan juga ke lembaga pencaker agar mereka juga tahu akan hal itu. 

2. Jangan plin-plan, kuatkan niat

Hal ini sering aku lihat. Ada beberapa yang mau kerja, tapi hanya karena alasan jauh, gaji yang kecil, dll, akhirnya menolak suatu pekerjaan. Halo!! Para pencaker dengan bersungguh sungguh mencarikan pekerjaan untukmu, lalu kamu dengan enaknya bilang tidak bisa dengan alasan pasangan, orang tua, gaji kecil dan jauh.

Baca Juga: Keuntungan bekerja di bagian Peternakan Jepang

Ingat, ketika dalam proses interview atau wawancara kerja, kamu akan berbicara terkait gaji, tempat tinggal, apakah orang tua menyetujui atau pasangan bersedia mengikuti dll, Jika kamu mengiyakan, artinya kamu telah ,engambil konsekunsei bahwa kamu akan ikut. Kamu akan kerja, tapi jika kamu menolak setelah ada kata penerimaan, please, jangan buang buang waktu orang lain dengan ke plinplannanmu itu.

3. Berbohong

Memang sih ketika kita punya aib, terus kita membukanya pada orang lain serasa dikuliti, tapi deegan berbohong, maka akan tercipta kebohongan lain yang akan merugikan diri sendiri dan juga merugikan orang lain. Bukan hanya waktu dan tenaga yang mereka curahkan untuk pekerjaan tersebut, tapi hak orang lain juga bisa saja kamu ambil dengan curang.

Ingat, waktu sangat berharga bagi siapapun, jangan sekali kali kamu memanfaatkan orang lain dengan curang. Jika kamu masih belum mengerti juga, bayangkan jika ada orang lain yang mencurangimu. Apakah kamu suka? Kamu ikhlas? Tidak, bukan?! Bahkan untuk memafkanpun butuh waktu.

Selalu ingat, kerja di Jepang memang susah, tapi ada hal manis jika kita berusaha dengan sekuat tenaga. Persiapkan diri sebaik mungkin.

Jadilah orang baik, maka hal baik akan selalu mengiringimu.

Fuji Haru
Fuji Haru Hi, semoga tulisan sederhana ini bisa membantu.

Post a Comment for "Etika Mencari Kerja pada Lembaga Kerja di Jepang"