Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apakah keunikan perkutut Jawa?

Fujiharu.com - Apa sih keunikan burung Perkutut Jawa sampai banyak orang yang memeliharanya? Apakah karena ada beberapa mitos perkutut yang mengatakan bahwa perkutut dipercaya sebagai pembawa keberuntungan?

Apakah keunikan perkutut Jawa?

Inilah beberapa karakter unik dari burung Perkutut Jawa

Burung Perkutut Jawa yang mempunyai penampilan unik dengan bentuk ramping dan paruh yang agak kehitaman membuat pecinta burung menyukai burung satu ini. Konon, pecinta burung Perkutut Jawa bisa mengetahui suara perkutut hanya dengan melihat bentuk perawakan dari burung Perkutut Jawa.

1. Gampang dipelihara

Burung Perkutut jawa (Geopelia striata) masuk dalam suku Columbidae, dari genus Geopelia.merupakan burung pemakan biji bijian, tapi bisa jadi di alam liarnya memakan serangga kecil juga.

Kita cukup menyiapkan biji bijian seperti padi atau makanan burung lain, maka Perkutut Jawa bisa terpelihara dengan baik karena tidak perlu perawatan yang ribet.

Baca juga: Burung Phoenix pada mata uang Jepang

2. Karakteristik badan burung unik

Burung Perkutut jawa tidak begitu besar dan panjang sekitar 20-25 cm. Ekor sedikit pendek jika dibandingkan keseluruhan badan. Kepala bulat dan pada bagian bulunya kebanyakan berwarna abu abu dengan punggung coklat kehitaman.

Perkutut jawa betina dan Jantan berbeda dari fisiknya 

Perkutut Jawa Betina

Paruh betina lebih pendek dan kecil, juga mempunyai mata yang terlihat sedikit sayu. Saat kawin biasanya akan mengibaskan ekor sehingga sedikit mengembang.

Perkutut Jawa Jantan

Untuk perawakan Perkutut Jawa Jantan kebalikan dari fisik betina. Perkutut jantan terlihat kuat dan lincah dari penampilannya. Wajah didominasi oleh warna putih.

Bentuk paruh jantan lebih tebal dan saat kawin biasanya ekornya mengembang dan sering mengangguk. Ini adalah ciri perkutut jantan saat birahi pada perkutut betina.

Keunikan Perkutut Katuranggan

Katuranggan adalah ilmu titen untuk mengetahui sifat dan waktu makhluk hidup berdasarkan ciri fisiknya.

Perkutut bukan hanya mempunyai suara yang merdu, tapi konon ada daya magis yang tidak bisa dicerna oleh science.

Perkutut katuranggan memiliki pengaruh tertentu kepada pemilik burung saat ikut kontes burung.

Hal yang menjadi semacam patokan tidak tertulis terhadap perkutut katuranggan adalah dilihat dari bentuk tubuh, warna bulu, paruh, kaki dan sifat saat kontes burung.

Orang terkadang bisa melihat perkutut katuranggan saat melihat langsung burung ketika kontes berlangsung.

Baca juga: Alasan sebenarnya memelihara perkutut ganjil

Salah satu perbedaan anatara perkutut jawa dan perkutut thailand (bangkok) adalah suara perkutut jawa relatif lebih kecil dan tipis.

Karena burung ini perlu sinar matahari langsung, banyak pemilik burung perkutut jawa membuat sangkar dan dicantolkan di tiang yang akan mereka kerek sepanjang 7 meter agar bisa terkena sinar matahari langsung.

Post a Comment for "Apakah keunikan perkutut Jawa?"