Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Buku bahasa Jepang terbaik untuk belajar

Fujiharu.com - Kali ini saya akan menunjukkan beberapa buku belajar bahasa Jepang yang akan membuat pelajaran bahasa Jepang Anda menjadi lebih baik dan menarik. Salah satu buku Jepang yang saya rekomendasikan adalah Shin Kanzen Master.

Buku bahasa Jepang terbaik untuk belajar

Buku bahasa Jepang yang direkomendasikan

Ketika kita belajar bahasa Jepang, salah satu hal yang perlu dan wajib selain memiliki guru handal yang dapat mengontrol atau membantu kita adalah buku teks bahasa Jepang.

Buku teks bahasa Jepang ini sebagai panduan yang akan menjadikan bahasa Jepang kita lebih baik dari hari ke hari ya.

Namun, buku teks bahasa Jepang mana yang bagus atau direkomendasikan untuk belajar bahasa Jepang?

Buku-buku yang direkomendasikan ini adalah buku yang sering digunakan oleh pembelajar bahasa Jepang di Indonesia dan dunia. Bahkan beberapa PTN dan PTS atau LPK bahasa Jepang menggunakannya agar mahasiswa dapat belajar dengan hasil yang maksimal.


Jenis-jenis buku bahasa Jepang di pasaran

Ada banyak jenis buku bahasa Jepang, mulai dari buku bahasa Jepang berupa buku teks, audio, shadowing book atau buku biasa yang sering digunakan untuk belajar agar lulus JLPT.

JLPT adalah tes bahasa Jepang bagi mereka yang belajar bahasa Jepang di seluruh dunia. Banyak yang menyebut JLPT sebagai tes bahasa Jepang, TOEFL Jepang atau noken.

Jenis buku bahasa Jepang yang paling mudah digunakan adalah buku bahasa Jepang pdf yang dapat disimpan di tablet, komputer, atau ponsel dan dapat dibaca di mana saja.

Informasi buku teks bahasa Jepang dapat didownload atau diunduh dari buku teks Jepang online atau di website seperti NHK dengan Easy Japanese atau Yasashii Nihongo.

Baca Juga: Download legal Easy Japanese NHK

Tingkatan dalam bahasa Jepang

Jika Anda masih belajar bahasa Jepang level pemula, maka buku-buku bahasa Jepang basic seperti buku bahasa Jepang kelas 10 (Sakura, Kira Kira nihongo, dll) sangat nyaman digunakan karena cocok untuk kebutuhan anak sekolah menengah yang ingin belajar bahasa Jepang. Isinya juga lebih santai.

Buat yang suka buku teks bahasa Jepang Sakura 1 pdf dan ingin mendownload buku bahasa Jepang bisa mendapatkannya disitus situs lain. 

Tetapi jika Anda menginginkan buku teks dalam bahasa Jepang yang lebih bagus dan hasilnya akan lebih baik, saya sarankan Shin Kanzen Master atau Minna no nihongo. Apa buku paket belajar bahasa Jepang terbaik lainnya ada? Ya, saya akan menulisnya nanti.

Jika Anda ingin menerima unduhan gratis buku teks bahasa Jepang, Anda juga dapat mengunjungi situs web NHK, Meguro Language School yang sering menyediakan bahan belajar bahasa Jepang gratis untuk JLPT N5 dan tingkat lanjutan.


Sediakan buku tulis Jepang

Apakah perlu menyediakan buku catatan tersendiri untuk menulis bahasa Jepang saat belajar bahasa Jepang? Jika Anda memiliki uang lebih, Anda bisa mendapatkan buku genkoyoushi di toko buku offline atau online. Jika Anda belum bisa, Anda juga dapat membeli buku seharga Rp 5.000 di toko fotokopi. Masih tidak bisa juga? Pakai buku biasa saja. Lagi pula, hanya untuk menulis latihan menulis hiragana, katakana atau kanji dalam sebuah kata atau kalimat.

Buku bahasa Jepang yang direkomendasikan adalah:

Beberapa buku bahasa Jepang yang akan saya sebutkan adalah buku asli cetakan Jepang, beberapa telah diterbitkan di Indonesia yang tentunya lebih murah. Sejauh yang saya tahu, buku-buku ini jarang terdaftar di deretan buku berbahasa asing di toko buku Gramedia. Namun, saya melihat banyak buku salinan N5 bahasa Jepang pdf beredar. Berhati-hatilah jika Anda pergi ke situs tertentu yang tidak tahu keamanannya. Bisa jadi laptop atau handphone kamu malah rusak karena virus.

Ada juga buku bahasa Jepang yang murah untuk dibeli, lho. Salah satunya adalah buku Jepang Minna no Nihongo shokyu 1 dan minna no nihongo shokyu 2 terbitan Indonesia. Harga per setnya sekitar 170 ribu.

Dengan mendapatkan buku-buku bagus untuk belajar bahasa Jepang, kita juga berpeluang untuk lulus JLPT.

Tema Betsu

Saya jarang menemukan buku Tema Betsu di Indonesia, tetapi di Jepang dan sekolah bahasa di Jepang banyak menggunakannya karena buku dalam bahasa jepang ini sangat bagus untuk belajar bahasa Jepang.

Level dasar sampai lanjutan Tema Betsu ada banyak dan komplit.

Dalam buku belajar bahasa Jepang Tema Betsu, banyak hal yang ditemukan atau dipelajari. Kita tidak hanya belajar bahasa Jepang secara umum, tetapi hal detail yang terkait dengan studi geografi, masyarakat, budaya, dan segala sesuatu tentang Jepang memiliki topik yang cukup rinci.

Minna no Nihongo (MNN)

Jenis buku Minna no nihongo yang beredar di pasaran sangat banyak. Dari buku bahasa Jepang paket, buku kanji, buku terjemahan, dll. Harga aslinya lumayan mahal sekitar 2000 yen kalau beli di Jepang atau toko buku Kinokuniya.

Buat yang mau versi ekonomis tapi asli Jepang, bisa beli buku Minna no nihongo 1 dan 2 terbitan Indonesia. Isinya sama persis.

Harga satu set buku bahasa Jepang Minna no nihongo sekitar Rp.170 ribu untuk Shokyu 1; untuk shokyu 2 sedikit mahal. Buku bahasa Jepang Minna no nihongo edisi terbaru ada gambar batiknya. Dan saya sarankan Anda membeli buku Jepang edisi terbaru, bukan edisi MNN yang lama. Mengapa? Karena kontennya lebih bagus dan up to date.

FYI, buku bahasa Jepang MNN lama ada gambar topeng.

Buku Minna no nihongo banyak digunakan di kursus bahasa Jepang, universitas negeri dan swasta. LPK bahasa Jepang di Indonesia juga pakai lho.

Shin Kanzen Master

Buku bahasa Jepang Shin Kanzen Master sangat bagus untuk belajar bahasa Jepang karena berisi pelajaran yang menarik. Bahkan isi buku terkadang sesuai dengan kondisi alam, atau bab yang lebih detail, misalnya tentang mata, tentang liburan, sifat manusia, dll.

Buku bahasa Jepang Shin Kanzen Master benar-benar menyenangkan. Saya juga sering mempelajari buku bahasa Jepang Shin Kanzen Master ketika saya sedang belajar bahasa Jepang. Buku belajar bahasa Jepang ini disusun dengan sangat baik dan sangat bagus untuk mengasah 4 keterampilan bahasa Jepang: mendengarkan, berbicara, menulis, dan membaca.

Gakushudo

Gakushudo sangat terkenal dengan buku-buku bahasa Jepang atau apapun yang berhubungan dengan Jepang. Kamus yang saya suka adalah kamus kecil merah bahasa Jepang-Indonesia atau sebaliknya yang praktis. Kamus bahasa Jepang Gakushudo cukup lengkap untuk ukuran kamus bahasa Jepang saat ini.

Namun bagi anda yang tidak suka membawa buku, anda bisa mendownload aplikasi kamus bahasa jepang seperti takoboto yang bisa dijadikan kamus lengkap.

Mengenai buku bahasa Jepang untuk JLPT, Gakushudo juga sering menerbitkan buku latihan yang tentunya sangat bagus bagi pembelajar bahasa Jepang yang ingin mengikuti tes bahasa Jepang JLPT dari level terendah JLPT N5, JLPT N4, JLPT N3 dan JLPT N2. Untuk level tertinggi JLPT N1, rasanya saya belum pernah melihat bukunya.

Untuk harga buku bahasa Jepang Gakushudo cukup terjangkau karena bukunya terbitan Indonesia.

Nihongo Soumatome

Buku Nihongo Soumatome adalah buku Jepang sempurna untuk JLPT. Anda dapat belajar dari berbagai hal: Bunpo (grammar), Mojigoi (vocab), Dokkai (reading) dan Choukai (listening). Ukuran buku soumatome juga ada yang kecil dan besar. lBuku Somatome jenisnya lengkap.

Saya merekomendasikan buku latihan JLPT berukuran kecil karena dapat mengajarkan Anda untuk menyelesaikan soal bahasa Jepang sehingga Anda dapat lebih mengenal ujian JLPT Jepang nantinya.

Ada banyak level buku bahasa Jepang yang ditawarkan Somatome, lho. Dari level JLPT N5 dan level 4 digabungkan sampai ke JLPT level N1 sudah ada. Untuk harga, karena dari Jepang asli, masih cukup mahal. Tapi, coba cari versi pdf-nya, siapa tahu ada.


Itulah beberapa rekomendasi buku bahasa Jepang yang menurut saya sangat bagus jika digunakan untuk belajar bahasa Jepang. Buku mana yang bagus untuk dipelajari?

Post a Comment for "Buku bahasa Jepang terbaik untuk belajar"