Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips lulus mengerjakan tes JLPT Pasti lulus

Fujiharu.com - Kamu pasti ingin lulus tes bahasa Jepang JLPT, bukan? Bagaimana caranya agar lulus dengan nilai yang baik? Ikuti tips lulus mengerjakan tes JLPT berikut ya.

Tips lulus mengerjakan tes JLPT Pasti lulus

Apa itu JLPT?

JLPT adalah Japanase Language Proficiency Test atau tes bahasa Jepang untuk mengetahui seberapa jauh kemampuan bahasa Jepangmu. Banyak yang menyebutnya TOEFL nya bahasa Inggris. 

Ada berapa level tes JLPT?

Tes JPLT ada 5 level secara keseluruhannya. Tes JLPT N5, JLPT N4, JLPT N3, JLPT N2 dan JLPT N1. Level terendah adalah JLPT N5. Biasanya banyak sekali pembelajar yang mengambil JLPT N5 karena baru belajar, makanya banyak yang mencari info bagaimana tips lulus N4, atau lulus JLPT N5.

Orang yang belajar bahasa dari nol biasanya lebih bersemangat karena baru saja belajar bahasa baru.

Baca Juga: Kursus bahasa Jepang sakura JLC

Biaya JLPT JLPT?

Biaya JLPT tergantung level yang alkan diambli, tapi biayanya sekitar Rp. 100.000 sampai Rp. 200.000. Lebih tepatnya adalah seperti berikut:

N1 :  Rp. 220.000
N2 :  Rp. 190.000
N3 :  Rp. 170.000
N4 :  Rp. 130.000
N5 :  Rp. 120.000

Kegunaan JLPT

Jika kamu akan bekerja di perusahaan Jepang, maka akan sangat membantu. Kamu akan semakin bagus dalam berkomunikasi, disayangi bos, bisa traveling dengan mudah dan gaji lebih besar dari yang lain.

Jika kamu ingin lulus JLPT, maka kamu harus punya strategi agar lulus dan persiapan jlpt nanti harus lebih matang. Seperti buku yang digunakan, habit yang digunakan agar terbiasa, tips choukai agar jelas, mengetahui jumlah soal jlpt, dll. Ingat, kita harus membekali diri dengan JLPT agar pas ujian bahasa Jepang nanti bisa lancar.

Baca Juga: Belajar bahasa Jepang dengan NHK News

Tips lulus mengerjakan tes JLPT adalah berikut:

1. Perluas vocabulary

Jika kita ingin lulus JLPT maka kosakata yang kita punyai tentang bahasa Jepang harus banyak. Semakin banyak kosakata yang diketahui, maka kesempatan lulus akan lebih besar.

2. Mengenal huruf katakana, hiragana dan kanji

Karena soal tes JLPT terdiri dari huruf hiragana, katakana dan kanji, maka kita perlu mempelajarinya dengan baik. Untuk hiragana dan katakana, kamu harus bisa 100% agar tidak terkendala dalam tes JLPT. Adapun untuk kanji tergantung dengan level belajarnya. Jika kita semakin tinggi dalam mengambil ujian jlpt, maka jumlah kanji yang harus dipelajari juga harus semakin banyak. Salah satu cara belajarnya adalah dengan membaca berita di koran, artikel, web, cerita pendek, novel, lagu, atau subtitle film.

Baca Juga: Belajar bahasa Jepang dari FILm Dragon Zakura

3. Mempelajari pola kalimat

Setelah kita mengetahui banyak kosakata, maka langkah selanjutnya adalah kata tersebut harus dirangkai agar mempunyai makna yang lebih baik. Semakin banyak berlatih merangkai kalimat dengan pola bahasanya, maka kita akan semakin cepat bisa dan lulus jlpt bukan sekedar angan angan.

Gunakan buku bahasa jepang yang bagus agar belajar semakin menyenangkan dan terprogram dengan baik. Buku Minna no nihongo adalah salah satu buku terbaik untuk belajar bahasa Jepang.

Baca Juga: Buku Minna no Nihongo

4. Latihan soal JLPT

Kamu harus sering sering latihan soal JLPT. Bisa berupa buku, di web atau juga soal soal tahun sebelumnya agar terbiasa dengan soal soal JLPT nanti.

Kecepatan dalam pengerjaan JLPT juga menentukan lho. Karena waktunya tidak banyak, kita harus sering berlatih agar tempo pengerjaan soal lebih pendek dan akurat.

Gunakan buku buku latihan seperti dari soumatome, kanzen master, dll.

Baca Juga: Rekomendasi buku belajar bahasa Jepang

Semoga dengan tips dan latihan tersebut, kita bisa lulus JLPT dengan hasil yang memuaskan. Amiin.

Fuji Haru
Fuji Haru Hi, semoga tulisan sederhana ini bisa membantu.

Post a Comment for "Tips lulus mengerjakan tes JLPT Pasti lulus"