Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips lulus ujian bahasa Jepang JLPT

Fujiharu.com - Mau tahu bagaimana tips lulus ujian bahasa Jepang JLPT? Kamu bisa lulus bahasa Jepang JLPT yang kamu mau jika melakukan tips tips berikut ini.

Tips lulus ujian bahasa Jepang JLPT

Sebelum kita lanjut tips lulus ujian bahasa Jepang JLPT, kita akan jelaskan dulu sedikit info tentang JLPT. 

Tips ini akan sangat berguna sekali bagi yang akan ikut JLPT N5, JLPT N4 dan JLPT N3. Untuk JLPT N2 dan N1 mungkin hampir sama, tapi perlu extra tenaga dan pikiran karena akan jauh lebih susah.

Baca Juga: Cara daftar JLPT

Apa itu JLPT

JLPT merupakan singkatan Japanese Language Proficiency Test atau yang lebih dikenal dengan TOEFL nya bahasa Jepang. 

Tingkatan levelnya ada 5. Level tertinggi adalah JLPT N1 sampai JLPT N5.

Baca Juga: Apakah yang dimaksud JLPT

Kapan tes JLPT

Jlpt dilaksanakan setahun 2x di bulan Juli dan Desember. Namun karena Corona, mungkin beberapa tempat di Indonesia masih terkendala, atau bahkan dibatalkan.

Jika menanyakan kapan pendaftaran JLPT dibuka, maka silahkan sering sering buka website JLPT Indonesia.

Kegunaan JLPT

Kegunaan JLPT bisa dilihat dari tujuan orang yang ikut JLPT. Ada yang ikut karena ingin levelnya semakin bagus, bisa bekerja di perusaaann bonafid, bisa bekerja dengan lebih baik jika berkomunikasi dalam bahasa Jepang, dll.

Baca Juga: Gaji tinggi karena JLPT

Bagaimana tips lulus JLPT? 

Selain kamu harus sering latihan dengan soal soalnya, kamu juga harus mempersiapkan hal hal berikut ini agar pas JLPT nanti kamu lebih siap.

Pelajari basic bahasa Jepang

Dengan mempelajari basic bahasa Jepang, kita akan lebih kenal dan lebih memahami bahasa jepang dari kata, struktur, dan penggunaannya.

Grammar

Mau tidak mau, grammar akan sangat penting untuk dipelajari. Pelajari bagaimana struktur bahasa Jepang itu. Bagaimana digunakan sebagai kalimat. Jika dipelajari seperti ini, maka kesempatan kamu lulus JLPT akan tinggi.

Kanji dan Vocabulary

Tulis kata dan kanji yang akan dipelajari. Jika kamu merasa kesusahan atau lupa, tulis lagi sampai bisa. Dengan menulis kanji, maka kita juga belajar vocab dengan lebih banyak lagi.

Reading

Kamu harus sering sering baca cerita pendek, koran, majalah, artikel, atau kamu juga bisa baca lirik lagu kesukaanmu biar semakin menyenangkan untuk dipelajari. Kamu juga bisa menonton film Jepang dengan subtitle Jepang asli agar kamu lebih mengerti bahasa Jepang.

Baca Juga: Berapa gaji kerja di Jepang

Listening

Perbanyak menonton film, mendengarkan lagu, berita dan baca juga lirik lagu favorit dan nyanyikan. Bahasa Jepangmu akan semakin bagus. Ketika JLPT nanti, kamu telah terbiasa dengan suara bahasa Jepang.

Speaking

Meskipun tidak ada ujian speaking dalam JLPT, kamu akan semakin mengingat dengan baik jika praktek. Jika kamu punya teman native akan sangat menguntungkan. Tapi jika tidak ada, kamu bisa praktekkan dengan teman belajarmu atau membaca dengan suara lantang di buku paket atau catatanmu.

Rekomendasi buku belajar bahasa Jepang

Untuk belajar bahasa Jepang, aku merekomendasikan buku bahasa Jepang Minna no Nihongo yang bisa kamu beli secara online. Kamu bisa beli di tokopedia atau ecommerce lainnya. 

Untuk buku MNN atau Minna no nihongo satu setnya seharga 200rb an yang terdiri dari buku paket asli beserta cd dan juga buku terjemahan. 

Jika masih belum puas dan ingin belajar bahasa jepang untuk level yang lebih tinggi lagi, maka kamu bisa gunakan buku MNN 2.

Baca Juga: Rekomendasi buku bahasa Jepang

Latihan soal dan manage waktu

Karena ujian bahasa Jepang begitu singkat, kamu harus sering latihan dengan soal soal jlpt yang ada dan mengatur waktunya agar ritme atau tempo belajar dalam mengerjakan soal bisa lebih terkendali.

Baca Juga: Link Ujian Minna no nihongo

Buku pendukung belajar bahasa Jepang

Jika kamu ingin mendapatkan soal soal bahasa Jepang untuk JLPT, buku soumatome atau kanzen master adalah buku buku yang bagus untuk dipelajari. 

Buku buku karya gakushudo juga cukup bagus lho. 

Baca Juga: Kelebihan buku Minna no Nihongo

Bawa pensil, penghapus dan jam tangan

Agar kamu bisa mengerjakan jlpt dengan tenang dan nyaman, siapkan pensil 2b yang telah diserut dan siapkan lebih dari satu buah. Jangan lupa siapkan penghapus yang baik agar ketika salah, kamu bisa memperbaiknya dengan cepat tanpa merusak kertas jawaban JLPT.

Untuk jam tangan sendiri, kamu akan tahu berapa lama ujian akan dilaksanakan dan kamu akan selalu ingat untuk menghargai setiap detiknya agar mengerjakan jlpt semakin efisien dan baik.

Dengan memperhatikan tips tips di atas, kamu akan sukses dalam menghadapi ujian bahasa jepang JLPT nanti.

Baca Juga: Download buku Minna no nihongo

Post a Comment for "Tips lulus ujian bahasa Jepang JLPT"