Breaking News
Daftar Jenis Program Beasiswa MEXT 2022, Siapapun bisa ikut!

Daftar Jenis Program Beasiswa MEXT 2022, Siapapun bisa ikut!

FUJIHARU – Program atau jenis beasiswa MEXT 2022 untuk pelajar Indonesia yang akan belajar ke Jepang cukup banyak. Saking banyaknya jenis beasiswa, kamu harus perhatikan definisi beasiswa MEXT tersebut dan juga syarat pendaftaran beasiswanya agar kamu sukses belajar di Jepang.

MEXT singkatan dari apa?

MEXT adalah singkatan dari Ministry of Education, Culture, Sports, Science and Technology atau jika diartikan kedalam bahasa Indonesia adalah Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Olah Raga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jepang. Beasiswa Mext juga sering disebut beasiswa Monbukagakusho atau Monkasho.

Setiap tahun, MEXT telah memberikan beasiswa kepada pelajar SMA/ SMK dan juga orang orang terbaik di Indonesia untuk belajar di negeri Jepang.

Mext Scholarship memberikan bantuan biaya hidup dan biaya studi tanpa ikatan dinas.

Berapakah jumlah biaya hidup (beasiswa) yang akan diberikan?

Setiap bulan bervariasi tergantung jenis beasiswa yang diambil, tapi kurang lebih sekitar 117.000 yen setiap bulannya. Jumlah tunjangan setiap bulan tersebut bisa untuk menopang hidup dan belajarmu di Jepang dengan cukup kok.

Baca Juga  Tips produktif menulis blog ala Mastimon

Baca Juga: Soal dan pembahasan soal beasiswa MEXT

Apakah beasiswa Monbukagakusho hanya beasiswa anak SMA/ SMK?

Jenis beasiswa MEXT ada banyak, jadi bukan hanya anak sma yang baru lulus saja yang bisa mendapatkannya. Mahasiswa S1 atau yang akan melanjutkan S2 juga bisa lho.

Bahkan, untuk beasiswa guru berupa teacher training juga ada. Cuma perhatikan baik baik kapan pendaftaran MEXT akan dibukanya ya.

Bagi yang mau belajar bahasa Jepang, bisa gunakan buku Minna no nihongo.

Program Beasiswa MEXT

Program Research Students (S2/S3)

MEXT Scholarship menawarkan beasiswa ini bagi yang ingin belajar di universitas pascasarjana di Jepang yang nantinya sebagai research students (mahasiswa peneliti).

Research students merupakan mahasiswa peneliti (non-reguler) di bawah bimbingan profesor yang ada di Jepang untuk melakukan penelitian di bidang keahlian masing-masing. Tujuannya adalah untuk mempersiapkan mahasiswa asing supaya punya standar dan juga kualitas kemampuan penelitian yang bagus untuk melanjutkan studinya di jenjang master/doctor.

Program Undergraduate (GAKUBU)

Mext Scholarship menawarkan beasiswa belajar bagi lulusan sekolah formal tingkat SMA/SMK dan sederajat untuk melanjutkan pendidikan jenjang S-1 di universitas negeri di Jepang. Ingat, bukan hanya SMA ya, tapi SMA/SMK Sederajat.

Baca Juga  Segera Daftar Beasiswa MEXT 2022 ke Jepang, SMA dan SMK bisa ikutan!

Program Specialized Training College (Senshu)

MEXT Scholarship menawarkan beasiswa ke Jepang bagi lulusan SMA/SMK dan sederajat agar melanjutkan pendidikan ke Specialized Training College (Senshu Gakko).

Specialized Training College yakni sekolah kejuruan setingkat level diploma. Lulusan ini diharapkan bisa mendukung berbagai macam industri yang mempunyai potensi berkembang tinggi di pasar dunia nantinya. Setelah lulus dari college, siswa juga dapat melanjutkan ke jenjang Undergraduate (S-1) sebagai mahasiswa tahun ketiga. Periode penerimaan beasiswa bisa diperpanjang tergantung prestasi selama di college dan hasil seleksi juga.

Program College of Technology (KOSEN)

MEXT Scholarship menawarkan beasiswa  ke Jepang bagi lulusan SMA/SMK dan sederajat untuk lanjut ke pendidikan di College of Technology (Koto Senmon Gakkou).

College of Technology yakni sekolah yang fokus pada teknik yang sebagian besar terdiri dari eksperimen dan juga latihan-latihan praktik. Lulusan Kosen diharapkan dapat menjadi ahli teknik (insinyur).

Program Teacher Training (Non-Degree)

MEXT Scholarship menawarkan program beasiswa yang dirancang khusus bagi guru untuk meningkatkan kualitas pengajaran sesuai dengan bidangnya.

Baca Juga  Mitos burung Perkutut, mengundang malapetaka

Penerima beasiswa nantinya akan belajar di universitas Jepang, juga mendapatkan pelatihan cara mengajar, pembuatan rencana belajar-mengajar yang efektif, serta hal-hal lain yang dapat meningkatkan kualitas dan kemampuan guru.

Bagi yang ingin mengetahui kapan daftar beasiswa MEXT dimulai, silahkan klik link berikut ini.

BEASISWA MONBUKAGAKUSHO TELAH DIBUKA

Syarat Pendaftaran Beasiswa MEXT 2022

Syarat bagi pelamar beasiswa Monbukagakusho karena berbeda beda, silahkan klik link berikut agar lebih jelas dalam pendaftaran program beasiswa yang akan dipilih nantinya.

SILAHKAN KLIK DI SINI