Breaking News

Metode

Hanabi Taikai di Takasaki

Hanabi Taikai di Takasaki

FUJIHARU – Finally, Summer is Coming! Ya, musim panas di Jepang biasanya ditandai dengan berbagai event Hanabi atau kembang api di hampir semua wilayah. Nah, sekarang saatnya¬† menikmati indahnya Hanabi di negeri Sakura di tahun 2016 di wilayah Takasaki, Gunma. Senangnya! Kali ini judulnya adalah Takasaki no hanabi Taikai 2016. …

Read More »

Tanabata Festival di Maebashi

Tanabata Festival di Maebashi

FUJIHARU – Festival Tanabata merupakan festival yang diadakan pada tanggal 7 Juli setiap tahun. Dan, tahun 2016 ini adalah tahun kedua aku merasakan festival ini. Ada banyak pernak pernik dan acara yang menghibur di daerah Maebashi yang biasanya sepi. Festival Tanabata merujuk pada story yang menceritakan dua insan yang bertemu …

Read More »

Suasana lebaran di Jepang

Suasana lebaran di Jepang

FUJIHARU – Entah harus dimulai dengan tangisan sedih atau bahagia. Suasana lebaran atau Idul Fitri yang selama ini aku rasakan adalah kehangatan keluarga dan berkumpul dengan sanak saudara. Inilah moment kita bisa bersama dan bener bener mengerti arti kehangatan keluarga. Canda, tawa, senyum menjadi hal yang sangat spesial. Anggota keluarga …

Read More »

Pengalaman ujian bahasa Jepang di Jepang

Pengalaman ujian bahasa Jepang di Jepang

FUJIHARU – Mumpung di Jepang, aku mau ikutan ujian Bahasa Jepang untuk orang asing, yang sering disebut dengan JLPT. Tahun 2016 ini adalah pertama kalinya aku ikut ujian di Jepang. Bayarnya berapa? Mahal. Hampir 600 ribu rupiah. Inilah pengalamanku ikut JLPT overseas. Data diri JLPT Apa itu JLPT? JLPT atau …

Read More »

Kenapa hujan di musim panas? Hanya di Jepang

Kenapa hujan di musim panas? Hanya di Jepang

FUJIHARU – What? Is tsuyu should be in summer time? Yes, indeed. Kan sekarang bulan Juni. Biasanya, bulan Juli, Agustus adalah musim panas. Tapi, bukan musim panas aja lho yang ada. Yes, ada Tsuyu, alias musim hujan di musim panas. Awalnya sih membingungkan. Kenapa di musim panas, ada hujan? Kalo …

Read More »

Ngabuburit di Jepang

Ngabuburit di Jepang

FUJIHARU – Puasa di Jepang itu rasanya gimana ya? Campur aduk. Ada seneng, juga sedihnya. Gimana nggak seneng, kapan lagi ada di negeri lain untuk belajar, nyari duit atau sekedar liburan? Enak kan, nah nggak enaknya ya karena sedih nggak bisa ngumpul bersama orang tua atau keluarga lainnya, Huks. Bagaimanapun, …

Read More »

Cara meminjam buku di perpustakaan Jepang

Cara meminjam buku di perpustakaan Jepang

FUJIHARU – Do you wanna know how to borrow book in Japan? Its so easy, just go to library near your house and ask them that you wanna be a member of this library. They gonna make you card. Im gonna translate it in to Indonesia. Baca buku pelajaran di …

Read More »

Pengalaman Puasa Pertama di Jepang

Pengalaman Puasa Pertama di Jepang

FUJIHARU – Sedih, satu kata ajaib yang bikin baper. Bagaimana nggak baper, puasa tidak bersama keluarga, tambahan lagi ada di negeri orang, Jepang. Ini adalah cerita pengalaman puasa pertama aku di Maebashi, Jepang yang jam puasanya cukup lama. Bulan puasa adalah bulan yang identik dengan kumpul keluarga. Hampir semua anggota …

Read More »

Khawatir tentang Masa Depan, Perlukah?

Khawatir tentang Masa Depan, Perlukah?

FUJIHARU – Malam ini terjadi obrolan yang cukup serius akan masa depan. Kamu akan kemana setelah ini? Iya, setelah belajar sekian tahun di Jepang? Apakah cita cita kamu terlaksana? Apakah hidupmu lebih baik? Apakah targetmu terkejar? Sudah bisa membahagiakan orang sekitarmu? Diusiamu yang segini nggak ingin berkeluarga? Semua pertanyaan bergelayut. …

Read More »

Kangen tempat part time job di Jepang

Kangen tempat part time job di Jepang

FUJIHARU – Meninggalkan tempat baito yang selama ini aku jalani di Jepang ternyata menyimpan banyak kenangan. Ya, jikalau kenangan ini biasa, maka tak mungkin sesedih dan sekangen ini. Padahal baru resign tanggal 15 Mei 2016 kemarin dari KZ, nama resto yang saat itu aku jalani. Kangen berat dengan tempat baito …

Read More »