jlpt

Pendaftaran JLPT Juli dan Desember di Indonesia

FUJIHARU – Pendaftaran JLPT akan datang lagi. Bagi kalian yang ingin mengukur kemampuan Bahasa Jepang kamu, bisa baca terus artikel ini ya. Daftar JLPT hampir sama caranya seperti dengan tahun sebelumnya, dengan daftar di emailnya. Cuma, ada beberapa hal yang memang cukup berbeda dengan Jepang. Beda apanya? Entahlah, aku pernah baca di status FB sesorang yang complain terkait pendaftaran ini. Katanya susahlah, nggak praktis dll. Tapi sekarang sudah lebih baik dengan adanya website JLPT Indonesia.

 

Apakah JLPT

JLPT adalah Japanese Language Proficiency Test atau tes TOEFL nya bahasa Jepang.

Bagi aku, ketidakpraktisan yang sekarang dialami temen yang posting di status FB itu hanyalah saran atau ide pembangun bagi tim JLPT untuk lebih baik lagi dalam membuat sistem yang ok, semoga setara dengan Jepang ya. Soalnya, pengalaman aku ikutan JLPT di Jepang, gampang banget caranya.

Tes JLPT (Kemampuan Bahasa Jepang ) di Indonesia

Baca Juga  Belajar 4 Onomatopoeia dalam bahasa Jepang

Biaya JLPT

Adapun biaya yang akan peserta bayar jika ikutan JLPT di Indonesia adalah sesuai dengan level pendaftarannya:

N1 :  Rp. 250.000
N2 :  Rp. 220.000
N3 :  Rp. 200.000
N4 :  Rp. 150.000
N5 :  Rp. 140.000

Baca Juga:

Kapan JLPT dilaksanakan?

Sebagai ancang ancang untuk pendaftaran disetiap tahunnya. JLPT dilaksanakan (kini) 2 kali dalam setahun. Yaitu tes yang diadakan dibulan Juli dan Desember. Kalian boleh daftar ikutan keduanya. Pendaftaran bisa melalui online, tempat kursus, universitasmu atau perhimpunan. Ingat, yang ada hubungannya dengan bahasa Jepang ya. Misal, masa iya kamu mau ikutan JLPT daftarnya daftar di Unpas yang nggak ada hubungannya dengan bahasa Jepang. Kalo ada sih nggak apa apa. Tapi, kamu harus mulai mempersiapkan pendaftarannya secermat mungkin. Biasanya dilaksanakan hanya dua minggu di bulan Agustus atau Maret. Aku juga kadang lupa jika mau ikutan.

Baca Juga  13 Best Japanese Movie Series
Pendaftaran JLPT 2019 di Indonesia
JLPT Timeline

Gimana, udah cukup jelas dengan biayanya kan? Bagi kalian yang akan ikut tes ini, sebaiknya gunakan waktunya dengan baik agar bisa lulus atau minimal bisa memaksimalkan waktu yang ada untuk membuat hasil yang sempurna. Soalnya sayang banget kan kalo udah daftar, lalu nggak ada upaya optimal agar bisa mendapat nilai bagus. Uang seratus ribu sekian itu bisa hasil kerja seharian lho. Sayang kan?

Bagi yang mau info lengkap atau mau masuk web resmi yang di Indonesia, bisa ke JLPT login dan JLPT result di https://jlptonline.or.id/

Disini kalian akan mengetahui bagaimana cara daftar dan lainnya. Semoga beruntung ya.