Tips Marie Kondo merapikan rumah bersama si kecil

Tips Marie Kondo merapikan rumah bersama si kecil

Merapikan kamar atau rumah bersama si kecil bisa menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua dan anak. Ada yang beranggapan bahwa proses merapikan kamar bersama anak akan sangat memakan waktu karena mereka lebih condong mengganggu. Tapi benarkah begitu? Inilah beberapa tips dari Marie Kondo agar merapikan rumah menjadi hal yang menyenangkan.

4 Tips Marie Kondo dalam merapikan bersama si kecil

Seperti yang sering Marie Kondo ucapkan di setiap buku dan acara Netflix Tidying Up with Marie Kondo:”Spark Joy” adalah kunci agar merapikan barang menjadi hal yang menggembirakan.

Si kecil bisa diajari proses dalam merapikan rumah yang hommie. Jika ingin rumah yang hommie, maka harus di jaga. Salah satunya adalah dengan merapikan barang barang sesuai tempatnya agar tetap rapi. Tapi, bisakah anak anak mengikutinya?

1. Ceritakan pentingnya merapikan

Ajak anak kamu yang kecil ketika membersihkan kamar atau merapikan mainannya. Ketika kamu menceritakan perlu dan pentingnya merapikan agar rumah bersih, anakmu akan mengerti. Lakukan berkali kali agar menjadi kebiasaan di dalam rumah.

Baca Juga  Kangen tempat part time job di Jepang

Misalnya sehabis main, anak diingatkan untuk menaruh mainannya secara benar. Jika kamu melipat baju, ajak anakmu untuk ikut merapikan barang. Meskipun masih belum bisa, dia akan belajar pentingnya kerapian untuk kebersihan.

2. Buat proses merapikan menjadi menarik

Buatlah proses merapikan barang apapun semenarik mungkin. Anak kecil akan dengan senang hati bermain bersama ibunya. Kita bisa minta mereka menaruh barang sehabis bermain.

3. Beri rumah pada setiap barang

Selalu buatkan rumah atau tempat untuk barang barang anakmu. Jika punya tumpukan buku, maka buatkan tempatnya agar ketika dirapikan, buah hatimu akan tahu dimana meletakannya. Jika ada berbagai boneka, buatkan juga tempatnya. Tempat ini berguna untuk memberi rumah bagi mainan anak anak.

4. Mengenali ruang

Jika kamu telah membentuk si kecil dan juga tempatnya, maka kamu akan lebih tahu tentang ruangan tersebut. Dimana letak ruangan mainan si kecil, pokok, dll.

Tentu saja merapikan bersama si kecil tidak selalu berhasil. Tapi, selalu ajak mereka untuk merapikan barang sebagai ajang bermain bagi si kecil. Jika barang barang masih berantakan, tunggu si kecil terlelap dan kamu bisa membereskannya. Mungkin cuma membutuhkan waktu 10-15 menit untuk bisa diselesaikan dengan cepat.
Itulah 4 tips dari Marie Kondo yang bisa dipraktekkan dengan si buah hati saat kamu merapikan barang barang atau melipat baju.

Baca Juga  Review buku Rezeki Level 9 (2)