Bagaimana agar blog tidak dihapus Google

Fujiharu.com – Beberapa bulan lalu blog aku dihapus google karena melanggar ketentuan, katanya. Saat itu aku menerima email yang isinya “your blog has been removed“.

Bagaimana agar blog tidak dihapus Google
Blog telah muncul kembali

Saat membaca email itu, deg aku sangat kaget dan deg degan. Blog yang aku besarkan dari dulu sampai sekarang harus dihapus. Kenapa bisa? Apakah aku melakukan kesalahan?

Aku memikirkan berbagai kemungkinan aku membuat kesalahan. Tapi saat aku memikirkannya, aku merasa tidak membuat konten yang aneh.

Ketika blog aku dihapus, saat itu lagi rame berita kantor di Jakarta yang terbakar. Kebetulan kantor yang terbakar itu ada hubungannya dengan rumahweb yang aku gunakan untuk beli domain blog.

Baca Juga: Agar pengunjung blog banyak

Menggunakan Blogger

Aku menggunakan platform blogger untuk membuat artikel dan mengisinya. Tujuan dulu membuat blog adalah sebagai semacam buku harian aku. Agar kelak aku bisa membaca apa saja yang aku tuangkan dalam blog.

Selengkapnya:  Pengalaman migrasi dari blogger ke wordpress

Blog yang aku gunakan juga bisa digunakan sebagai materi belajar bahasa Jepang yang biasa aku ajarkan ke murid.

Ketika blog aku dihapus, sontan saja aku tidak bisa mengaksesnya. Aku sangat sedih sekali. Perjuanganku selama ini ternyata langsung hilang dalam sekejap.

Baca Juga: Syarat mendaftarkan blog agar diterima Adsense

Disarankan menggunakan wordpress

Bagaimana agar blog tidak dihapus Google
Saat blog di hapus

Ketika blogger aku dihapus, banyak yang menyarankan bahwa aku lebih baik menggunakan wordpress karena bisa lebih aman daripada google yang dengan seenaknya menghapus isi blog kita tanpa pemberitahuan lebih lanjut.

Tapi karena aku tidak begitu mengerti dengan wordpress, aku juga bingung ketika aku harus pindah platform. Bagimana cara yang bisa aku lakukan agar bisa pindah ke wordpress. Banyak yang menyarankan juga mulai baru di wordpress, tapi aku agak males untuk memulai dari awal lagi.

Cara yang aku lakukan agar blog tidak dihapus

Di email yang terkirim, ada informasi bahwa bisa saja bot yang menghapus isi blog, maka aku disarankan untuk mengajukan claim. Aku langsung mengajukan claim. Claim yang pertama masih gagal. Baru yang kedua kalinya aku bisa mengclaim dan akhirnya blog aku kembali lagi.

Selengkapnya:  Popular Articles in Blog

“Your blog title has been reinstated”

Seneng banget pas baca blog itu. Akhirnya aku bisa mengakses lagi isi blog aku dengan aman. Langsung aku copy semua isi blog agar jika terjadi sesuatu lagi, aku telah mempunyai backup isi blog.

Baca Juga: Cara backup isi blog di blogger

Waktu yang dibutuhkan untuk pengajuan blog

Saat aku mengajukan blog agar tidak dihapus, kurang lebih membutuhkan waktu setiap minggu untuk disetujui atau ditolaknya. Karena aku mengajukan 2 kali, maka sekitar 2 minggu.

Alhamdulillah akhirnya blog bisa dibuka kembali dan adsense bisa mengalir lagi.

Kesalahan akibat di remove oleh blogger Google

Aku sih yakin bahwa blogku dihapus karena aku menulis artikel yang judulnya bombastis terkait dengan isi film Drisyam 2 yang judulnya seperti “pembunhn”, makanya langsung di delete. Kini judulnya diganti.

Ingat ya, jangan sampai menuliskan kata yang sensitif karena bisa saja akan dihapus oleh google.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *