Kenapa Minyak Zaitun bagus untuk tubuh?

Kenapa Minyak Zaitun bagus untuk tubuh?

Buah zaitun merupakan buah mediterania yang sangat terkenal. Bahkan ratu ratu zaman dulu menggunakan khasiat buah zaitun untuk kecantikan mereka. Lalu, apakah berguna juga untuk wajah? Pasti berguna. bagi yang tinggal di lokasi 4 musim, apalagi di musim dingin, kulit akan kering dan kasar. Dengan zaitun, kulit jadi lembab.

Ketika di Indonesia, aku kurang begitu aware pada kesehatan badan, apalagi muka. Aku hanya perlu mandi minimal 2 hari sekali dan cuci muka dengan sabun muka. Dengan perawatan seperti itu udah cukup bagiku.

Tapi, semua itu berubah ketika aku harus tinggal di Jepang. Musim yang sering berubah setiap 4 bulan sekali membuatku harus berfikir ulang. Merawat badan dan muka bukan lagi sekedar rutinitas biasa, tapi di Jepang, aku harus melakukannya karena memang untuk kesehatan. Mungkin jika masih di Indonesia, merawat muka dan badan masuk kategori perawatan, tapi di Jepang, itu merupakan hal lumrah untuk menjaga kesehatan. Kok bisa?
Perombakan pola pikir aku terapkan ketika aku baru saja tiba di Jepang. Saat itu udah memasuki musim gugur. Suhunya cukup dingin, tapi masih sejuk jika melakukan kegiatan diluar ruangan. Beberapa senior yang ada di Jepang selalu menggunakan lotion Nivea Creme yang berbentuk kaleng bulat pipih. Awalnya aku menertawakan ketika mereka memakai itu. Bukannya apa apa, bagi aku, duitnya bisa ditabung dan sepertinya nggak perlu amat sampai perawatan seperti itu. Dan, ketika seminggu di Jepang, kejadian mengerikan terjadi.

Baca Juga  Lembaga Pencari Kerja di Indonesia Part 1

Bibir Berdarah

Ketika aku ke sekolah, aku merasakan bibir yang selalu sakit. Ketika aku sentuh dengan lidah, ada rasa seperti besi dan juga aneh. Ketika bertemu teman, mereka bilang bahwa bibirku berdarah. Kulihat dicermin dan memang benar. Setiap lipatan di bibir ada darah, bahkan yang berupa darah segar dan kering juga ada. Aku kaget karena takut aku terkena penyakit terntentu. Ketika itu teman langsung menyarankan untuk membeli lipbalm, sejenis pelembab bibir.

Solusi dengan Lipbalm

Sepulang sekolah aku langsung beli pelembab bibir Nivea Men. Awalnya agak aneh, karena jika termakan bagaimana ya? Tapi setelahnya justru cuek. Setiap habis mandi atau ketika dirasa bibir kering, aku langsung mengoleskan lipbalm agar tetap lembab. Dan teman teman nggak ada yang complaint atau mengejek. Meraeka sadar bahwa itu untuk kesehatan, bukan untuk kecantikan atau gaya gayaan.

Setelah kejadian itu, aku selalu memakai lipbalm selama di Jepang. Apalagi musim dingin. Jika musim dingin tiba, maka aku harus siap siap lebih sering mengoleskannya karena cenderung lebih kering.

Wajah gatal dan sakit

Bukan hanya bibir yang kering, muka juga kering. Awalnya aku merasa sakit dan gatal di wilayah muka, padahal aku mandi dengan air dan sabun seperti biasa. Aku awalnya mencurigai handuk yang aku cuci pertiga hari sekali, tapi ketika diganti perharipun, tetap saja gatal dan sakit. Muka terasa kering dan seperti ada bekas sabun.

Baca Juga  Beberapa Fakta tentang Jepang yang Menarik

Karena terus terusan muncul seperti sabun kering di muka, maka aku membeli lotion agar tangan dan kaki juga tetap lembab. Harga lotion ukuran kecil 200 ml an sekitar 50 ribu, cukup mahal jika dibandingkan dengan di Indonesia. Tapi karena aku juga menggunakannya hanya untuk bagian luar tubuh yang gampang terkena udara langsung, aku pikir nggak masalah.

Untuk muka kering dan gatal yang aku rasakan, aku langsung cari di Internet. Ada begitu banyak produk yang harus aku gunakan. Karena aku juga harus hemat, maka aku harus mencari alat yang mudah didapatkan dan berkhasiat agar rasa gatal dan sakit pada muka bisa disembuhkan.

Zaitun mudah didapat, hemat dan berkhasiat

Alat yang murah dan gampang didapatkan adalah minyak zaitun. Minyak zaitun sangat berguna bukan hanya untuk muka, tapi juga badan. Aku menggunakan minyak zaitun tersebut setiap selesai mandi. Jika pagi hari, aku akan mengaplikasikan minyak zaitun sedikit, karena aku juga nggak mau mukaku terlihat berminyak, yang penting tidak terlihat kering. Jika selesai beraktifitas, aku baru memakai minyak zaitun dengan lebih banyak. Malah mukaku terlihat berminyak sekali. Tapi nggak apa apa karena khasiatnya langsung terasa untuk muka.

Selama aku memakai minyak zaitun di musim dingin, rasa gatal dan juga sakit bisa dihindari. Bahkan jerawat juga jarang sekali muncul. Jika muncul, aku segera mengoleskan minyak zitun dan esok harinya akan kempes. Jika dioleskan dengan minyak zaitun juga membuat jerawat nggak sakit karena minyak zaitun mengandung beberapa vitamin dan juga zat lain yang bagus untuk muka. Jika diminumpun, bagus buat kesehatan.

Baca Juga  Manfaat BNI mobile banking

Pemakaian zaitun rutin aku lakukan saat di Jepang. Disamping harganya hemat dan bisa awet sampai setahun lebih, aku juga bisa menabung sisa duitnya.

Ketika di Indonesia, aku juga memakai zaitun, tapi nggak terlalu sering karena disamping Indonesia terlalu panas, aku juga males ketika terlihat berminyak. Aku biasanya akan menggunakan minyak zaitun ketika akan tidur.
Beberapa manfaat yang aku rasakan selama memakai minyak zaitun adalah berikut:

1. Melembabkan muka dan bibir
2. Jerawat cepat sembuh
3. Menghindari jerawat
4. Muka menjadi bersih
5. Bekas jerawat memudar
6. Muka bersinar

Untuk pemakaian sendiri, kamu bisa memvariasikan minyak zaitun dengan buah pepaya, lemon, madu atau zat bahan alami lainnya. Untuk aku sendiri, karena nggak mau ribet, aku cukup mengambil minyak zaitun di tangan, lalu menempelkannya di muka. Aku biarkan beberapa menit, lalu mulai memijit seluruh wajah sampai dirasa cukup. Setelahnya aku akan membasuh dengan air hangat. Seringnya sih aku cuma mengoleskan ke muka, lalu mendiamkanya sampai pagi. Paginya mandi seperti biasa dengan cuci muka. Setelahnya muka jadi bersih.