Soda Kue untuk membersihkan kerak dan noda

Soda Kue untuk membersihkan kerak dan noda

Ini adalah pengalaman aku saat membersihkan lantai yang kotor. Bukan lantai biasa yang ada di Indonesia, tapi lantai yang terbuat dari kayu dan lapisan lain seperti karet. Saat itu aku berada di Jepang, tinggal di apartment yang sekatnya terbuat dari kayu.

Kondisi lantai pertama kali ditinggali

Ketika aku baru masuk apartment baru di wilayah Maebashi, Gunma Jepang, suasana apartment sangat bersih. Lantai yang tertutupi bahan mirip karet warna puitih terlihat kinclong, sampai berwarna kecoklatan dan kasar setelahnya.

Awalnya aku nggak memikirkan untuk dibersihkan. Dalam artian dibersihkan, tapi cukup dengan sapu atau dipel biasa. Ya meskipun hasilnya hanya membuang debu atau kurang bersih.

Suatu ketika, alat masak seperti teflon dan panci berkerak hebat. Hal ini tentu saja membahayakan kita saat memasak. Kenapa? Karena air di Jepang sepertinya tercampur dengan gas, soalnya ketika air menempel di bagian kerak teflon, biasanya ada semburan api sesaat jika kena api kompor gas. Lalu, jika mau mandipun, kita biasa menggunakan air hangat yang dihasilkan dari gas tersebut. Semakin banyak kita mandi dengan air hangat, maka semakin tinggi bayaran gas setiap bulannya.

Baca Juga  Ditolak Adsense Akibat Skandal "Jepang Ngent*t"

Ketika aku mencari cara meghilangkan kerak, aku menemukan bahan yang cocok untuk membersihkannya. Nama barang tersebut adalah soda kue. Bentuknya mirip dengan bubuk detergent, tapi berbeda. Nggak berbau harum seperti detergent. Justru bau nya plain.

Cara membersihkan panci dan teflon berkerakpun sangat gampang. Aku cukup membasahi kerak teflon, lalu menaburkan soda kue secukupnya di kerak tersebut. Tunggu beberapa saat, maka kerak akan terlepas dengan mudah. Selesai membersihkan teflon dan panci berkerak, aku ingin mencoba barang lain. Ternyata bajupun bisa dicuci dengan soda kue, lho. Aku memakainya untuk baju pabrik baito. Kita selesai digunakan, terasa banget bersih dan putihnya. Cuma aku nggak berani menggunakannya untuk baju biasa karena takut rusak.

Bagian atas kanan adalah bagian kotor lantai

Karena soda kue atau natrium bikarbonat masih banyak, aku iseng iseng membuat larutan soda kue dan air hangat di ember kecil. Setelahnya aku mengambil lap basah dan mulai menggunakan cairan tersebut ke lantai apartment. Kita semua kaget. Ternyata lantai mudah dibersihkan dan kembali kinclong seperti saat kita pertama kali baru datang.

Baca Juga  12 Tips Cepat Dapat Kerja sesuai Islam

Melihat manfaat soda kue pada lantai apartment, kita semua langsung kerja bakti malam itu juga untuk membersihkan seluruh lantai apartment. Alhamdulillah kini lantai lebih bersih dari sebelumnya dan kesat. Kita kembali merasakan kenyaman yang pernah kita rasakan ketika pas masuk apartment dulu.