3 Hal Sistem Pendidikan Jepang

3 Hal Sistem Pendidikan Jepang Patut Dijadikan Contoh

FUJIHARU – Penerapan pendidikan Jepang berpengaruh dan andil penting menuju terbentuknya negara maju. Pemerintah Jepang sangat memerhatikan pendidikan untuk rakyat melalui program yang bagus dan terarah. Sistem pendidikan jepang patut dijadikan contoh negara lain. Salah satu Pendidikan terbaik di dunia.

3 Hal Sistem Pendidikan Jepang Patut Dijadikan Contoh

Sistem pembelajaran Jepang ada festival budaya bernama Bunkasai. Diadakan mulai dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Diselenggarakan pada saat hari jadi sekolah bersangkutan. Tujuan dari festival Binkasai ialah media pembelajaran untuk memberikan kesempatan pada para siswa untuk menampilkan kemampuan dalam berkreatifitas.

Struktur Sistem Pendidikan Jepang

Lembaga pengelola pendidikan, yaitu Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, dan Swasta. Empat tingkatan dibangun sistem pendidikan Jepang, yaitu sistem administrasi pusat, sistem administrasi prefectural (Provinsi dan Kabupaten). Sistem administrasi municipal (Kabupaten dan Kecamatan). Sistem administrasi sekolah.

Struktur pendidikan Jepang terdiri atas taman kanak-kanak sebagi level pendidikan dasar. 6 tahun sekolah dasar (Shogakko), 3 tahun sekolah menengah pertama (Chugakko). Sekolah menengah atas 3 tahun (Koutougakkou), dan 4 tahun atau lebih jenjang perguruan tinggi (Daigaku).

Baca Juga  Salju di Jepang bulan November

Baca Juga: Gunma Prefectural Goverment (kenchou)

3 Hal Sistem Pendidikan Jepang Patut Dicontoh

Orang-orang Jepang dikenal sebagai pekerja keras di segala bidang, disiplin, pintar, sopan, dan penuh semangat. Perlu diketahui bahwa salah satu faktor yang berperan penting adalah sistem pendidikan Jepang yang diterapkan. Hasilnya mampu mencetak generasi muda cekatan dan cerdas di segala bidang. Berikut sistem pendidikan di Jepang yang patut dicontoh :

Tidak Membawa Kendaraan Ke Sekolah

Pendidikan Jepang menerapkan disiplin dan melatih etos kerja keras kepada siswa dengan melarang mengendarai motor atau mobil ke sekolah. Siswa hanya diperbolehkan jalan kaki, naik sepeda, dan memakai kendaraan umum (bus dan kereta). Hal itu menjadikan lebih hemat dan untuk mengurangi polusi.

Utamakan Norma dan Etika Sebelum Ilmu Pengetahuan

Sistem pendidikan Jepang menekankan 3 tahun pertama pendidikan dasar paling utama dengan mengembangkan norma dan karakter siswa. Diajarkan pentingnya nilai-nilai kehidupan dasar, seperti hormat kepada orang lain. Bersikap lemah lembut terhadap hewan dan menghargai alam. Diajarkan untuk menghargai seni dan sikap nasionalisme.

Baca Juga  Kegunaan aplikasi psiphone pro

Baca Juga: Sepeda Jepangku dirantai karena melanggar aturan

Tidak Ada Petugas Kebersihan Sekolah

Sekolah-sekolah di Jepang tidak ada petugas kebersihan. Ada jadwal pembagian tugas membersihkan. Secara tidak langsung melatih siswa menjaga kebersihan, saling tolong menolong, dan bekerja sama. Contohnya siswa membersikan ruang kelas, toilet, dan lorong kelas.

Pendidikan merupakan pilar utama pada suatu negara. Negara dengan pendidikan yang bagus akan berpengaruh pada kemajuan ekonomi maupun lainnya. Melalui sistem pendidikan Jepang yang baik membuat Jepang menjadi negara termaju di Asia. Terkenal disiplin dengan etos kerja tinggi dan bersemangat.

AZ