Manfaat Asuransi Syariah apa?

Manfaat Asuransi Syariah apa?

DOWNLOAD PUEBI
Silahkan Download Materi di atas!

FUJIHARU – Bagi yang takut riba, bisa menggunakan asuransi syariah karena pengelolaan dana keuangan yang dilakukan sesuai syariat islam. Pastinya pengguna asuransi syariah akan lebih aman dan nyaman.

Biasanya tujuan asuransi syariah untuk tolong menolong dan bukan berorientasi pada profit semata. Juga, aturannya tidak memberatkan bagi pserta asuransi.

Lalu, apakah manfaat asuransi Syariah?

Manfaat asuransi syariah

Bagi yang menginginkan asuransi berdasarkan syariat Islam, maka asuransi syariah sangat direkomendasikan dalam berasuransi.

1. No riba

Beberapa sumber mengatakan bahwa asuransi konvensional masih menggunakan riba dalam pengelolaan keuangannya.

Nah, inilah keunggulan utama dari asuransi syariah dibandingkan asuransi biasa atau konvensional.

Biasanya dana berupa dana gotong royong dari anggotanya, bukan dari klaim uang. Jadi, ketika terjadi sesuatu dengan anggota asuransi, maka dana para peserta yang terkumpul bisa digunakan untuk sesama peserta.

Baca Juga  Produk Asuransi Syariah di Indonesia

Baca Juga: Manfaat asuransi biasa

2. Prinsip tolong-menolong

Di Asuransi biasa atau konvensional, para nasabah membayar premi kepada perusahaan asuransi agar bisa mendapatkan ganti rugi jika terjadi risiko yang diasuransikan.

Konsep ini disebut dengan risk-transfer atau pengalihan risiko. Artinya, risiko yang semula milik nasabah kini ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Sementara itu, risiko pada asuransi syariah adalah risk-sharing, di mana setiap peserta membayarkan uang kontribusi.

3. Premi tidak hangus

Asuransi pada umumnya akan hangus dananya ketika dalam masa tertentu tidak ada klaim. Berbeda dengan asuransi syariah yang dananya tetap ada. Bahkan mengembalikan dana asuransi.

4. Bisa double claim

Manfaat lain asuransi syariah adalah double claim, yang mana jika kamu sakit ditanggung BPJS maka bisa mengajukan claim ke asuransi kesehatan syariah.

Tapi, pastikan dulu ke broker asuransi apakah bisa atau tidaknya karena jenis asuransi juga banyak fitur fitur yang berbeda.

5. Transparan

Keunggulan yang enak digunakan dari asuransi syariah adalah karena transparan.

Baca Juga  10 Cara mendapatkan uang dan passive income secara online

6. Tidak ada sanksi bila telat bayar

Pernah mendengar dong jika kita telat bayar, maka akan ada penalti atau sangsi yang didapatkan dari nasabah asuransi. Tapi, dengan asuransi syariah, hal ini bisa diminimalisir.

7. Pengelolaan berdasarkan syariat Islam

Karena berdasarkan syariat islam, maka pengelolaan dana asuransi juga untuk hal hal yang baik. dana tidak akan digunakan pada hal hal yang dilarang agama seperti produsen judi, alkohol, dll yang tidak sesuai dengan syariat ajaran agama islam.

8. Pembagian keuntungan secara adil

Karena berdasarkan syariah islam, maka keuntungan asuransi syariah akan dibagikan secara adil kepada para peserta asuransi yang ikut.