Apakah Asuransi Syariah itu?

Apakah Asuransi Syariah itu?

LINK HASIL JLPT DOWNLOAD KAISHA NO KOTOBA
Silahkan Download Materi di atas!

FUJIHARU – Saat ini kita sering melihat asuransi syariah dan konvensional. Namun, apakah makna dari asuransi konvensional tersebut?

Apa yang dimaksud asuransi syariah? 

Asuransi syariah adalah jenis dari asuransi yang pelaksanaannya didasarkan kepada prinsip syariat Islam. Jadi tidak seperti konvensional yang umum.

Adanya jenis asuransi syariah ini memungkinkan nasabah yang beragama Islam untuk tetap bisa menggunakan asuransi tanpa perlu takut akan terkena riba dari proses asuransi.

Dalam asuransi jenis syariah ini, ada prinsip risk-sharing atau resiko bersama yang diterapkan dalam pengelolaanya. Prinsip syariah ini dilakukan dengan pembayaran uang kontribusi oleh peserta asuransi.

Kemudian, dana asuransi syariah tersebut akan dikelola oleh perusahaan asuransi dan dana akan digunakan apabila ada nasabah yang mengalami musibah selama pembayaran asuransi.

Hampir sama seperti asuransi konvensional, asuransi jenis syariah ini juga terbagi ke dalam beberapa jenis atau kategori produk asuransi, seperti asuransi jiwa syariah, asuransi kesehatan syariah, dan lain lain.

Baca Juga: Manfaat asuransi Syariah

Perbedaan asuransi syariah dan asuransi konvensional

Berikut ini adalah beberapa perbedaan asuransi syariah dan konvensional

Kontrak

Pada asuransi syariah ini menggunakan akad tabarru’ yang sesuai dengan cara syariat Islam, sementara pada asuransi yang konvensional menggunakan sistem transaksi antara penyerahan premi untuk mendapatkan pengalihan risikonya.

Kepemilikan dana asuransi

Dana para peserta dalam asuransi syariah jenis ini adalah milik bersama. Sedangkan di asuransi konvensional, dana menjadi milik perusahaan asuransi tersebut.

Prinsip kerja asuransi

Asuransi jenis syariah ini menerapkan prinsip pembagian risiko bersama, jadi risiko ditanggung oleh semua peserta asuransi. Lain halnya dengan asuransi konvensional yang risiko asuransi justru dialihkan total ke perusahaan asuransi.

Peran dari perusahaan asuransi

Dalam asuransi jenis syariah ini, peran perusahaan sebagai pengelola dana saja. Sementara pada asuransi konvensional, perusahaan asuransi menjadi pihak yang menyediakan jasanya.

Bagaimana Pengelolaan investasi

Asuransi jenis syariah ini mewajibkan dana kelolaan asuransi hanya diinvestasikan pada instrumen investasi yang halal saja. Pada asuransi konvensional, investasi bisa ditaruh di jenis manapun.

Pembagian keuntungan asuransi 

Keuntungan asuransi syariah dibagi bersama, sedangkan asuransi konvensional pada perusahaan asuransi saja.

Perlu diperhatikan karena banyak jenisnya, maka perhatikan syarat syarat pada asuransi, entah yang syariah atau konvensional.