Segera Daftar Beasiswa MEXT 2022 ke Jepang, SMA da SMK bisa ikutan!

Segera Daftar Beasiswa MEXT 2022 ke Jepang, SMA dan SMK bisa ikutan!

FUJIHARU – Beasiswa ke Jepang gratis untuk siswa SMA dan SMK dari MEXT 2022 telah dibuka. Bahkan bukan hanya anak SMA dan SMK, bagi yang akan sekolah s2 ke Jepang gratis bisa mendaftar di MEXT 2022. Apakah Jerome Polin mendapatkan beasiswa MEXT juga?

Apakah yang dimaksud beasiswa MEXT?

MEXT adalah kepanjangan dari Ministry of Education, Culture, Sports, Science and Technology atau dalam bahasa Indonesianya adalah Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Olah Raga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jepang yang hampir setiap tahunnya memberikan beasiswa kepada para pencari beasiswa untuk belajar di negeri Sakura, Jepang.

Beasiswa MEXT  juga dikenal dengan Beasiswa Monbukagakusho atau Beasiswa Monkasho.

Ribuan pelajar melanjutkan sekolah dengan beasiswa Monbukagakusho

Banyak pelajar Indonesia yang saat ini telah dan tengah melanjutkan pendidikannya di Jepang dengan bantuan finansial dari MEXT. Bantuan beasiswa MEXT meliputi biaya studi dan biaya hidup, juga tanpa ikatan dinas.

Baca Juga  Cara Membangun Blog Dari Awal Sampai Dapat Google Adsense Menurut Mastimon

Untuk pendaftaran beasiswa MEXT, biasanya pendaftaran dilakukan di Kedutaan Besar Jepang di Indonesia dan Konsulat di Surabaya, Medan, Denpasar dan Makasar setiap tahunnya.

Salah satu mahasiswa berprestasi Indonesia yang melanjutkan pendidikan di Jepang dan sukses menjadi seorang youtuber juga adalah Jerome Polin yang menurut beberapa sumber, bukan mendapatkan beasiswa dari MEXT Scholarship, tapi dari beasiswa Mitsui Bussan.

Apakah syarat beasiswa MEXT harus bisa bahasa Jepang?

Bagi yang bingung apakah MEXT Scholarship mewajibkan pelamar beasiswa bisa berbahasa Jepang terlebih dahulu, maka jawabannya adalah TIDAK. Siapapun bisa mendaftar asalkan sesuai dengan syarat program yang akan diambil nantinya.

Baca Juga: Buku belajar bahasa Jepang komplit, Minna no nihongo

Program Beasiswa MEXT untuk siapa?

Program beasiswa Monbukagakusho ditawarkan kepada siswa Indonesia dengan penyeleksian dan tujuan program yang akan diikuti nantinya.

Baca Juga: Soal dan pembahasan beasiswa MEXT

Jenis Beasiswa ke Jepang dengan MEXT

  1. Program Research Student bagi lulusan perguruan tinggi
  2. Undergraduate
  3. College of Technology dan Professional Training College bagi lulusan SMA
  4. Japanese Studies bagi mahasiswa program studi Jepang
  5. Teacher Training bagi guru
Baca Juga  Soal Monbukagakusho atau MEXT Scholarship

Karena beberapa program harus sesuai dengan persyaratan dan jenis beasiswa yang akan dipilihnya, silahkan klik link berikut untuk mengetahui jenis program beasiswa ke Jepang dan syarat pendaftaran beasiswa monbukagakusho.

SILAHKAN KLIK DI SINI