Hobi Aneh Mencuci Baju Selama di Jepang

Fujiharu.com – Hobi adalah suatu kegiatan yang disukai, bisa jadi menghasilkan uang, atau justru menghamburkan uang. Tapi, terkait hobi ini, rasanya tidak ada yang namanya kerugian, soalnya dilakukan dengan senang hati. Misalnya hobi traveling. Meskipun udah tahu akan menghamburkan uang, tapi tetap saja dilakukan bukan? Soalnya udah suka banget. Malah, …

Read More »

Kebiasaan Naik Sepeda di Jepang

Fujiharu.com – Apa yang kamu pikirkan jika ada seorang pria atau wanita yang rapi, berjas dan naik sepeda? Aneh? Atau orang tersebut kurang mampu dari segi finansial? Haha Banyak pikiran yang akan bergelayut terkait hal itu. Tapi, jika kita melihatnya dari sudut pandang orang Indonesia, mungkin aneh dan terkesan dipaksakan. …

Read More »

Aku Terkena Penyakit TBC

Fujiharu.com – Kebayang nggak sih kamu dibilangin temen bahwa aku terkena TBC? Kaget awalnya sih, tapi omongan dia bisa jadi benar. Soalnya batukku nggak sembuh sembuh lebih dari 3 minggu! Kejadian ini aku alami ketika ngumpul ama temen temen kuliah dan kita makan di kawasan Ciwalk. Saat itu temanku juga …

Read More »

Sakit Hati Obatnya Apa? Balas Dendam?

Fujiharu.com – Ngomogin di blog tentang masalah pribadi itu serasa terlalu sensitif dan nggak profesional banget ya dalam mengatur hati. Tapi, bodo amat ah. Sesekali pikiranku yang jelek juga perlu dikeluarkan biar hilang dan bertebaran, terus aku nggak perlu ingat lagi kata tersebut. Atau, tebaran pikiran itu justru berhamburan dan …

Read More »

Keuntungan Dicarikan Kerja JAC: Menyumbang Satu Pohon

Fujiharu.com – Kesannya promosi banget ya. Hehehe tapi insya Allah aku nggak muluk muluk kok. Sesuai yang aku rasakan terhadap lembaga pencari kerja JAC ini.Awalnya sih aku nggak begitu memusingkan nanti gimana gimananya. Aku hanya mau kerja dan minta dicariin oleh mereka. Titik, itu saja. Tapi, ternyata ada plus plus …

Read More »

Menua di Jepang Memuda di Indonesia

Fujiharu.com – Selama di Indonesia dan Jepang, aku tanpa sengaja meriset kehidupanku, ingat tanpa sample bla bla bla. Intinya, ini pengamatanku ya. Bener tidaknya nggak tahu, hanya sekedar sharing. Hidup di Jepang itu cepat tua nya. Beneran? Iya, hidup di Jepang cepat menua, hidup di Indonesia memuda. Atau…malah terbalik? Kenapa …

Read More »

Aplikasi Google Play Kereta di Jepang dan Indonesia

Fujiharu.com – Aplikasi apa sih yang pas kita gunakan saat naik kereta di Jepang dan Indonesia? Aplikasinya tentu saja Hyperdia dan KRL Access. Dua apikasi sakti itu bisa kita gunakan di masing masing negara. Bukannya aplikasi lain juga ada? Ada, cuma aku belum tahu kualitasnya seperti apa. Selama di Indonesia …

Read More »

Review: Adnow yang Duitnya Sedikit

Fujiharu.com – ADNOW duitnya sedikit. Ya, itulah yang pertama kali aku bahas ketika berhubungan dengan Adnow. Pada saat pertama daftar, aku begitu menggebu gebu dalam memasang iklan Adnow, tapi seiring berjalannya waktu, aku merasa iklan yang ditampilkan sedikit aneh dan menjijikkan. Entah ada gambar GIF yang kurang asyik dilihat. Lalu …

Read More »

Kamus Istilah Teknik Bahasa Jepang

Kamus Istilah Teknik Bahasa Jepang

FUJIHARU – Apakah kamu pernah jadi interpreter atau translator bagi perusahaan manufacture atau umum? Kalo pernah, selamat, karena kamu telah berkembang dan semakin tahu bagaimana cara untuk menerjemahkan, baik berupa data maupun berupa ucapan yang keluar. Nah, meskipun kita semakin berkembang dan berpengalaman, kita juga tidak terlepas dari hal yang …

Read More »

Pendaftaran JLPT Juli dan Desember di Indonesia

jlpt

FUJIHARU – Pendaftaran JLPT akan datang lagi. Bagi kalian yang ingin mengukur kemampuan Bahasa Jepang kamu, bisa baca terus artikel ini ya. Daftar JLPT hampir sama caranya seperti dengan tahun sebelumnya, dengan daftar di emailnya. Cuma, ada beberapa hal yang memang cukup berbeda dengan Jepang. Beda apanya? Entahlah, aku pernah …

Read More »